Gonjang Ganjing Ivermectin, Ini Lho Cara Pemakaian dan Larangannya…
Sumber: Kumparan.com

Health / 14 July 2021

Kalangan Sendiri

Gonjang Ganjing Ivermectin, Ini Lho Cara Pemakaian dan Larangannya…

Lori Official Writer
3539

Ini adalah pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh masyarakat Indonesia. Jadi seperti dikutip dari Covid19criticalcare.com, disampaikan bahwa profilaksis Ivermectin tidak menganggu kemanjuran atau respon imun terhadap vaksin.

Meskipun belum ada data yang akurat untuk menjawab pertanyaan ini, namun Ivermectin dianggap tidak berdampak selama dikonsumsi selama dua minggu setelah vaksinasi dosis kedua.

Bagi mereka yang memiliki metabolisme yang lemah dan memerlukan profilaksis tingkat tinggi, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi Ivermectin hingga minggu kedua setelah vaksinasi dosis kedua.

Jadi bisa disimpulkan bahwa mengkonsumsi Ivermectin selama proses vaksinasi tidak akan mempengaruhi pembentukan antibodi dalam tubuh.

 

Ivermectin Tidak Boleh Dikonsumsi Anak

Meskipun ivermectin baik digunakan sebagai pengobatan maupun pencegahan, namun fungsi ini hanya maksimal bekerja bagi orang dewasa.  

Sementara obat ini dilarang untuk dikonsumsi anak-anak. 

“Jadi untuk pencegahan (Ivermectin pada anak) tentu tidak sama sekali. Bagaimana untuk pengobatan? Untuk anak janganlah coba-coba,” terang Ketua Satgas Covid-19 dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI ) Yogi Prawira lewat diskusi online bertajuk Gonjang Ganjing Ivermectin, Apa Pendapat IDAI?

Yogi menegaskan jika anak yang positif Covid-19 bisa sembuh hanya dengan isoman dan memberikan vitamin secukupnya. Jadi tidak perlu diberikan berbagai macam obat.

“Enggak perlu dikasih obat macam-macam. Enggak usah dikasih susu beruang, dikasih vitamin C setiap 3 jam. Jadi itu enggak perlu. Cukup isolasi mandiri,” ungkapnya.

Dia juga mengingatkan supaya pemberian obat-obatan kepada anak sesuai dengan resep dokter.

“Jangan memberikan obat macam-macam tanpa resep dokter apalagi pada anak. Jadi obat-obatan kita sebaiknya berkiblat pada BPOM, Kemenkes karena semua sudah dipikirkan dengan matang,” jelasnya.

Nah, buat kalian yang sudah vaksinasi dosis satu ataupun dua gak perlu kuatir ya. Kalau saat ini kalian memang sedang mengkonsumsi Ivermectin gunakanlah sesuai dengan resep dokter. Tapi yang terpenting untuk kita perhatikan selama masa-masa pandemi ini adalah tetap jaga pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi dan berolahraga serta patuhi protokol kesehatan yang ada dan tetap di rumah selama tidak ada keperluan untuk keluar.

Dan bagi kalian yang belum vaksinasi, yuk segera dapatkan vaksinasi gratis yang disediakan pemerintah di daerah kalian masing-masing. Jangan sia-siakan kesempatan ini. 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami