Gonjang Ganjing Ivermectin, Ini Lho Cara Pemakaian dan Larangannya…
Sumber: Kumparan.com

Health / 14 July 2021

Kalangan Sendiri

Gonjang Ganjing Ivermectin, Ini Lho Cara Pemakaian dan Larangannya…

Lori Official Writer
3543

Ivermectin merupakan jenis obat berkandungan anti parasit yang sudah digunakan selama kurang lebih 30 tahun sebagai obat cacing. 

Belakangan ini obat tersebut justru jadi bahan perdebatan publik setelah BPOM memasukkan Ivermectin sebagai salah satu obat penyembuhan bagi pasien covid-19.

Namun di sisi lain, banyak pihak yang masih menimbang efektivitas dan juga efek samping yang bisa disebabkan obat tersebut karena ivermectin termasuk obat keras yang penggunaannya tidak sembarangan.

Meskipun para ahli tengah melakukan uji klinik terkait efektivitas Ivermectin dalam penyembuhan pasien Covid-19, BPOM masih tetap mengizinkan peredaran obat tersebut, namun dengan catatan telah meningkatkan status Ivermectin sebagai obat Emergency Use Authorization (EUA). Dengan itu pembelian obat ini harus sesuai dengan resep dokter. Akses obat ini sendiri bisa didapatkan oleh pasien bergejala ringan yang melakukan isoman setelah konsultasi dengan telemedicine yang sudah dipersiapkan oleh pemerintah.

 

Efektivitas Ivermectin 

Gojang ganjing terkait pengobatan pasien Covid-19 dengan Ivermectin di Indonesia memang masih terus berlangsung. 

Dikutip dari Covid19criticalcare.com, ada beragam informasi yang disampaikan terkait efektivitas Ivermectin. Di sana disampaikan bahwa obat ini terbukti bisa berfungsi sebagai pencegah dan pengobatan terhadap Covid-19.

Ivermectin sendiri merupakan obat yang sudah lama ada. Sejak 40 tahun silam efektivitas obat ini sudah diakui berdampak bagi kesehatan global sebagai obat untuk berbagai jenis penyakit parasit di berbagai benua.

Kandungan Ivermectin bersifat anti-virus dan anti-inflamasi yang menurut penelitian, salah satu kandungan ini mampu mengikat lonjakan protein dalam tubuh sehingga virus sulit masuk kedalam sel tubuh.

 

Baca Juga: Puji Tuhan! Sekarang Pasien Isoman Dapat Obat Gratis Via Telemedicine, Begini Caranya

 

Ivermectin dan Vaksin

Seperti hasil penelitian, Ivermectin bisa digunakan sebagai obat pencegahan terhadap virus karena sifatnya anti-virus. 

Lalu apakah Ivermectin tidak merusak efektivitas vaksin jika dikonsumsi setelah mendapatkan vaksinasi? 

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami