Beragam Pertanyaan Orangtua Soal Pengasuhan Anak Dijawab di Sini, Apa Saja Itu?
Sumber: Freepik.com

Relationship / 12 October 2023

Kalangan Sendiri

Beragam Pertanyaan Orangtua Soal Pengasuhan Anak Dijawab di Sini, Apa Saja Itu?

Lori Official Writer
8302

1# Saya mau tanya. Saya ada 3 anak. Anak pertama saya sekarang umur 5 tahun. Anak ini lebih suka ngambek dan marah-marah. Baiknya kita harus bersikap tegas atau lembut?

 

Penjelasan:

Anak adalah makhluk yang sangat ekspresif. Saat kakak, adik atau temannya menambil mainan miliknya, memukul atau menganggunya, anak akan mulai marah dengan berteriak dan menangis keras.

Selalu ada sebab dibalik anak yang marah, berteriak atau menangis. Jika anak melakukannya cukup sering, cobalah mengamati penyebab dari hal itu. Kadang, anak juga bisa merasa jengkel jika tidak mendapatkan perhatian dari orangtua atau merasa diperlakukan dengan tidak adil.

Hindari memarahi anak yang sedang marah atau menangis. Karena itu hanya akan jadi teladan yang buruk bagi anak. Jangan biarkan anak meniru cara Anda mendiamkan anak dengan memarahi atau kembali berteriak.

Seperti dikutip dari The Asian Parent, cara terbaik yang bisa dilakukan orangtua untuk menghadapi anak yang suka marah adalah:

1. Peluk atau kendalikan anak. Rangkul anak. Lalu bujuk dia untuk tenang dengan perkataan yang lemah lembut. Sekeras apapun anak akan segera tenang saat mereka mendapatkan perhatian yang lembut dari orangtua.

2. Ajarkan tindakan yang benar dengan tegas bukan marah. Sikap tegas dan marah jelas dua hal yang berbeda. Saat anak marah, orangtua tidak perlu marah, tetap tegas menyampaikan jika tindakan marah tanpa alasan bukanlah hal yang disukai orangtua. Hal ini tentunya tidak akan bisa dipahami anak jika dikatakan hanya sekali saja. Jadi sampaikanlah berulang-ulang hingga perilakunya perlahan-lahan berubah. 

Butuh kesabaran ekstra? Tentu saja!

3. Ajarkan anak mengelola emosinya dengan tepat. Misalnya, saat mereka diganggu adik atau teman, ajarkan anak untuk mengkomunikasikannya kepada orangtua. 

Orangtua juga bisa meminta anak untuk menarik napas dalam sehingga mereka bisa kembali tenang. 

Silahkan tonton tayangan ini.

 

Baca Juga: Film Pendek Ini Bisa Bantu Atasi Anak Saat Marah. Ditonton Yuk Parents!

 

2# Bagaimana cara menghadapi anak perempuan usia 14 tahun yang introvert (tertutup) dan kurang terbuka dalam menceritakan perasaannya?

 

Penjelasan: 

Bukan hanya remaja perempuan, tapi ada banyak juga remaja laki-laki yang punya sikap tertutup. Jika Anda merasa kesulitan terkoneksi dengan remaja introvert Anda, cobalah melakukan hal ini.

Jika anak tiba-tiba berubah introvert dalam waktu-waktu dekat ini, orangtua patut menggali informasi tentang apa yang sedang dia hadapi. Apakah anak sedang menghadapi satu masalah atau beban pikiran? Tapi jika anak memang sudah introvert sejak lama, cobalah untuk membangun kembali kedekatan dengannya.

Ada banyak faktor yang membuat anak berubah jadi tertutup. Salah satu yang paling berpengaruh adalah lingkungan. Di rumah, misalnya, apakah orangtua banyak menghabiskan waktu lebih dekat dengan anak? Misalnya, ngobrol saat makan malam bersama atau saat waktu santai. Menghabiskan waktu berdua dengan anak atau sekadar bercerita. 

 

Baca Juga: 7 Cara Bangun Komunikasi Yang Dekat Dengan Anak. Terutama Anak Introvert!

 

Penting sekali bagi orangtua untuk punya waktu berdua dengan anak. Posisikan diri sebagai sahabat dan juga pendengar yang baik. Dengan itu anak akan terdorong untuk membagikan semua hal yang dia lalui, termasuk beragam persoalan seputar dunia remajanya.

Selain itu, kenalilah lebih dekat seputar dunia remaja saat ini supaya obrolan kalian bisa nyambung dan anak merasa nyaman.

 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12345Tampilkan Semua

Ikuti Kami