Peringatan! Anak-anak Juga Haus Dengan Hal-hal Spiritual

Peringatan! Anak-anak Juga Haus Dengan Hal-hal Spiritual

Puji Astuti Official Writer
4173

Ingat dengan kehebohan beberapa tahun lalu di Amerika dan beberapa negara Amerika Latin dibuat heboh dengan menyebarnya gerakan Charlie Charlie Challenge melalui beberapa situs sosial media seperti Twitter, Vine dan YouTube? Yang menarik adalah banyak anak-anak mulai dari usia sekolah dasar yang mempraktekkan permainan yang berhubungan dengan roh atau hantu ini. Jika dilihat sekilas, permainan ini setipe dengan permainan jelangkung yang dikenal di Indonesia.

Ketertarikan anak-anak dengan dunia spiritual bukanlah hal yang baru, beberapa tahun lalu saat J.K Rowling  merilis novel Harry Potter yang kemudian diangkat ke layar lebar, bukan hanya orang dewasa yang tergila-gila dengan novel dan film tersebut, banyak anak-anak yang menyukainya hingga taraf akhirnya mereka ingin tahu lebih lagi tentang dunia sihir.

Rasa ingin tahu yang besar

Salah satu yang membuat hal-hal spiritual menjadi menarik bagi anak-anak adalah misteri dibalik hal tersebut. Sebagai anak-anak, hal yang wajar dimiliki mereka adalah rasa ingin tahu yang besar. Jadi jika ada sesuatu yang mengusik rasa ingin tahu itu, mereka akan mengejarnya hingga rasa ingin tahu itu terpuaskan, bahkan seringkali karena dilarang malah mereka mencari tahu secara sembunyi-sembunyi.

Sebagai orangtua, sebaiknya mengenalkan anak-anak dengan Tuhan sedini mungkin bahkan semenjak mereka masih dalam kandungan. Ajarkan mereka tentang Tuhan dan hal-hal spiritual yang merupakan kebenaran seperti yang tertulis dan diajarkan Alkitab. Tuhan memerintahkan kepada bangsa Israel seperti ini:

Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun. ~ Ulangan 6:6-7

Konteks ayat di atas adalah agar Israel mengajarkan kepada anak-anak mereka tentang Taurat Tuhan, dalam hal ini Taurat Tuhan bukan hanya berbicara tentang sepuluh hukum Allah, namun juga tentang bagaimana Tuhan membawa umat Israel keluar dari Mesir dan hukum-hukum yang Tuhan berikan kepada bangsa Israel saat menduduki Tanah Kanaan. Tuhan ingin agar generasi bangsa Israel yang lahir kemudian tetap mengenal kedasyatan dan keajaiban Tuhan dan tidak terperdaya oleh dewa-dewa penduduk Kanaan. Hal yang sama juga berlaku di masa kini, jangan sampai anak-anak tidak mengenal Tuhan yang disembah oleh orangtuanya.

 

BACA JUGA: Lepas dan Merdeka Dari Belenggu Okultisme

 

Mengenalkan kedasyatan dan keajaiban Tuhan

Tentunya mengenalkan anak-anak kepada Tuhan dan kuasa Tuhan haruslah menggunakan bahasa dan pengertian anak-anak. Kita tidak bisa menggunakan bahasa orang dewasa atau bahkan bahasa Alkitabiah dengan pengurain akademisnya.

Salah satu cara yang sederhana namun sangat berdampak adalah dengan cara mendongeng. Bukankah kita masih ingat dongeng yang diceritakan oleh orangtua saat kita kecil, atau dongeng yang diangkat menjadi sebuah film kartun? Ya, dongeng dalam hal ini adalah tehnik bercerita, bukan membuat kebenaran yang ada di Alkitab menjadi sebuah khayalan.

Buatlah anak-anak tertarik kepada kisah Tuhan menciptakan langit dan bumi dengan keajaiban Firman-Nya, atau bagaimana Tuhan memberikan urapan kepada Musa sehingga ia bisa melakukan hal-hal ajaib di Mesir. Selain itu saat ini sudah banyak alat yang bisa digunakan seperti Alkitab bergambar, komik Alkitab, hingga film kartun atau animasi cerita Alkitab, salah satunya adalah Superbook, Anda bisa mendapatkan film Superbook disini.

Mengenalkan kuasa Allah yang nyata

Bukan hanya kisah di masa lalu yang tertulis di Alkitab, orangtua juga harus mengenalkan kepada anak bahwa kuasa Tuhan juga masih nyata hingga saat ini. Tuhan masih bekerja di antara manusia melalui kehadiran-Nya, Roh Kudus dan juga para malaikat-Nya. Caranya adalah membawa mereka untuk mengalaminya melalui kuasa doa dan memperkatakan Firman Tuhan. Tentunya sebelum Anda mengajarkan kepada anak-anak Anda, orangtua harus terlebih dahulu mengalami dan menghidupinya. Jadi jangan mengajarkan sesuatu yang Anda sekedar tahu secara teori saja.

Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu. ~ Markus 11:24

Ajarkan bahwa kuasa Tuhan lebih besar dari semua kuasa yang ada di dunia ini

Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia. ~ 1 Yohanes 4:4

Banyak anak begitu terpukau saat melihat sesuatu yang berhubungan dengan dunia spiritual seperti sihir dan hantu. Mereka memandang hal itu sebagai sesuatu yang ajaib. Untuk itu penting untuk mengenalkan dan menunjukkan bahwa kuasa Tuhan lebih ajaib dan lebih dasyat dari segala sesuatu yang ada di dalam dunia ini.

Hari-hari ini, orangtua harus berlomba dengan media untuk memuridkan anak-anak mereka. Jika Anda kalah cepat, maka anak-anak akan dimuridkan oleh televisi, film, game hingga sosial media.

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami