Nikmati Tahun-tahun Hidupmu Selagi Ada Waktu

Nikmati Tahun-tahun Hidupmu Selagi Ada Waktu

Lori Official Writer
      1104

Pengkhotbah 11: 8

Oleh sebab itu jikalau orang panjang umurnya, biarlah ia bersukacita di dalamnya, tetapi hendaklah ia ingat akan hari-hari yang gelap, karena banyak jumlahnya. Segala sesuatu yang datang adalah kesia-siaan.

 

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 8; Matius 8; 2 Raja-Raja 7-8

Dua puluh enam tahun yang lalu saya mengantar istri saya ke ruang gawat darurat. Selama delapan jam berikutnya kami bermain backgammon sambil menunggu kondisinya membaik. 

Rasa sakitnya jadi tak tertahankan. Lalu mereka memberinya obat. Sedikit membant, tapi tidak menyembuhkan rasa sakit itu sepenuhnya. Orangtua saya tinggal di Atlantic City. Sementara mertua saya ada di Charlotte. Jadi sebagai pasangan muda, kami menghadapi momen ini bersama untuk pertama kalinya berhadapan dengan hidup dan mati tanpa teman dekat atau keluarga.

Saya lupa persis apa yang saya kenakan saat itu. Kemeja bahan mungkin. Saya ingat saat itu saya mengenakan ikat kepala putih dengan tulisan ‘Pelatih’ berwarna biru. Saya pikir saya adalah pelatih yang baik karena malam itu istri saya akan melahirkan bayi laki-laki pertama kami.

Perayaan ulang tahun adalah masalah besar dalam keluarga kami. Tidak semeriah Natal, tapi hampir semeriah itu. Ulang tahun menandakan permulaan hidup kita dan kesan apa yang akan kita tinggalkan kepada orang lain. Di keluarga kami, saat ulang tahun, tidak ada yang berkontribusi lebih gigih seperti sepupu saya Ricky.

Kotak ulang tahun ‘Sepupu Ricky’ yang khas berisi CD campuran penuh dengan lagu-lagu lama, flm DVD yang sesuai selera, mainan dari toko Dollar dan permennya. Banyak sekali permen. Kadang permen itu sudah meleleh saat kotak tersebut sampai. Tapi coklat dalam kondisi apapun tetap baik.

Dulu, saya pernah mendapat peluit plastik yang digunakan untuk mengusir beruang dan membantu saya supaya tidak tersesat di pegunungan Black. DVD barat yang jadul, beberapa salinan film Jaws, CD dengan musik dari Creedence Clearwater Revival, Beach Boys, dan sebagainya. 

Pengkhotbah mengingatkan kita untuk menikmati setiap tahun-tahun hidup kita, bukan hanya tahun-tahun awal saat orang-orang membuat keributan tentang kita. Terlalu sering kita, orang dewasa mengabaikan ulang tahun dan hari-hari lainnya dan berpura-pura kalau itu bukanlah masalah besar. 

 

Baca Juga: 

Nikmatilah Hidup Ini

Hidup Cuma Sekali, Nikmatin Aja….

 

Saya berharap setiap keluarga punya sepupu seperti Ricky. Saya berharap saya peduli tentang orang-orang seperti Ricky. Tak satupun dari kita yang tahu berapa tahun kita bisa bersama-sama dengan orang-orang tersebut. Tapi menurut saya, menyisihkan satu hari dan 365 hari yang ada untuk mengapresiasi seseorang yang kita kasihi akan sangat bermakna bagi mereka.

Pemazmur menulis, “…dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya.” (Mazmur139: 16)

Saat Anda merayakan ulang tahun. Nikmatilah aroma manis dari potongan rumput segar di lapangan bola dan bercengkeramanlah di taman dengan orang-orang terkasih Anda. Rasakan dan lihatlah bahwa Tuhan itu baik hari ini dan setiap hari.

Jika ada seorang teman atau anggota keluargamu yang berulang tahun, berikanlah permen dan koleksi lagu-lagu yang mereka suka. Biaya kirim mungkin akan lebih mahal dari hadiahnya, tapi tidak apa-apa. Pemberianmu jauh lebih berarti bagi mereka.

Jadi hari ini, nikmatilah hari-hari Anda karena kita tidak tahu kapan waktunya akan melakukan hal demikian. Anda juga perlu membuat orang lain menikmati hidup mereka dengan pemberian Anda.

 

 

Hak cipta Eddie Jones, disadur dari CBN.

Ikuti Kami