5 Alat yang Wajib Tersedia Saat Isolasi Mandiri! Nomor 4 Paling Penting!

5 Alat yang Wajib Tersedia Saat Isolasi Mandiri! Nomor 4 Paling Penting!

Claudia Jessica Official Writer
682

Di tengah melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia saat ini, banyak orang yang terinfeksi melakukan isolasi mandiri di rumah lantaran fasilitas kesehatan telah dipenuhi oleh pasien-pasien lainnya.

Namun, isolasi mandiri tidak dapat dilakukan asal saja. Asal pisah ruangan, asal pisah alat makan, atau sebagainya. Untuk melakukan isolasi mandiri, para pasien juga harus dilengkapi dengan obat-obatan dan alat-alat yang mendukung untuk memantau keadaan pasien. Untuk itu, jawaban membantu merangkum alat-alat yang dibutuhkan di rumah saat melakukan isolasi mandiri.

1. Termometer

Demam adalah salah satu gejala yang paling umum bagi pasien yang terinfeksi Covid-19. Jika suhu semakin tinggi, bisa menjadi tanda kondisi pasien memburuk. Terutama jika demam tak kunjung membaik, dapat menyebabkan badan menjadi lemas, hingga sulit bergerak.

Suhu tubuh normal berada di kisaran 36,3 sampai 37,7 derajat celcius. Jika suhu lebih tinggi dari suhu normal, pasien Covid-19 wajib waspada.

Termometer sendiri memiliki dua jenis, yaitu thermometer digital dan thermometer tembak. Perbedaannya terletak pada cara pemakaiannya. Termometer digital digunakan dengan cara dijepit di ketiak atau dimasukkan ke dalam mulut, sedangkan termometer tembak menggunakan sensor inframerah, Anda cukup menghadapkan termometer ke dahi atau tangan, lalu suhu tubuh akan terlihat di alat tersebut.

BACA JUGA: Terharu! Pasien Ini Minta Dibacakan Alkitab Menjelang Kepergiannya

2. Masker dan disinfektan

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan kedua benda ini. Mungkin Anda juga sudah tahu bahwa pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri, harus memakai masker. Selain itu, disinfektan digunakan untuk menyemprot barang-barang yang berada di ruangan isolasi agar tetap higenis.

Adapun barang yang wajib disemprot dengan disinfektan adalah peralatan makan yang akan diberikan kepada anggota keluarga untuk dibersihkan. Perabotan yang sering digunakan bersama seperti meja, kursi, atau gagang pintu. Tujuannya adalah untuk mencegah penularan terhadap anggota keluarga yang tinggal bersama, dan menjaga barang-barang tetap higenis.

 

Baca halaman selanjutnya -->

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami