Ibu Positif Covid-19? Begini Panduan Aman Memberikan ASI Kepada Bayi

Ibu Positif Covid-19? Begini Panduan Aman Memberikan ASI Kepada Bayi

Lori Official Writer
403

Sebagian ibu menyusui mungkin akan merasa bingung saat dinyatakan positif Covid-19. Sementara mereka masih harus memberikan ASI kepada bayinya yang masih berusia di bawah 1 tahun. 

Dalam kondisi ini, setiap ibu yang dinyatakan positif tak lagi perlu kuatir. Karena berdasarkan publikasi resmi dari Kementerian Kesehatan RI, tidak ada larangan bagi ibu untuk menyusui anaknya meski dinyatakan positif Covid-19. 

Namun untuk memberikan ASI kepada bayi, ibu perlu memperhatikan beberapa langkah ini agar menyusui tetap aman bagi bayi. 

 

Ibu Positif Tanpa Gejala

Ibu yang secara fisik sehat dan tidak menunjukkan gejala apa pun bisa menyusui bayi secara langsung dengan mematuhi protokol kesehatan.

Adapun yang bisa dilakukan oleh ibu adalah:

- Tetap memakai masker

- Mencuci tangan selama 20 detik sebelum dan sesudah memberikan ASI

- Membersihkan permukaan benda yang dipegang

- Membersihkan area payudara sebelum memberikan ASI eksklusif kepada bayi

 

Ibu Positif yang Bergejala

Ibu dengan kondisi baik bergejala ringan hingga sedang bisa tetap memberikan ASI dengan cara diperah (dipompa). Tetap pastikan kebersihan saat memerah ASI. Gunakan juga wadah bertutup rapat untuk menyimpan ASI perah. 

Beberapa langkah yang perlu diperhatikan saat memerah ASI:

- Lakukan sterilisasi alat-alat yang digunakan setelah dipakai.

- Bersihkan permukaan botol ASI sebelum disimpan.

- Simpan ASI dan alat pompa ASI dengan benar/sesuai prosedur.

Setelah ASI dipompa, minta bantuan orang lain untuk memberikannya kepada bayi. Tentunya dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

 

Baca Juga: Frustrasi Jumlah ASI Sedikit?Coba 6 Cara Tingkatkan ASI Perah Ini Moms

 

Pentingnya ASI untuk Bayi di Masa Pandemi

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI, ASI merupakan sumber nutrisi dan energi yang penting bagi bayi usia 6-24 bulan. ASI memenuhi lebih dari setengah kebutuhan energi pada anak usia 6-12 bulan dan sepertiga dari kebutuhan energi pada anak usia 12-24 bulan.

Lalu amankah ASI dari ibu positif Covid-19 jika diberikan kepada anak?

Menurut World Health Organization atau WHO, penularan virus Covid-19 melalui ASI kepada anak masih belum ditemukan hasilnya secara ilmiah.

Namun sejauh ini, belum ada bukti penularan virus Covid-19 secara langsung dari ibu ke anak melalui ASI. Sebaliknya, efek perlindungan ASI justru dinilai kuat bisa melawan infeksi penyakit melalui peningkatan daya tahan tubuh anak lewat ASI eksklusif.

 

Baca Juga: Pekan Menyusui Sedunia 2020: Dari Manfaat Sampai Cara Aman Stok ASI Eksklusif di Rumah

 

Jadi selama isoman, pastikan supaya ibu tetap menjaga produksi ASI dengan mengkonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup dan tidak stress.

Minta juga dukungan dari rekan atau kerabat terdekat supaya proses menyusui kepada bayi tetap berjalan dengan baik selama masa pemulihan.

 

Apakah kamu butuh dukungan doa? Hubungi SAHABAT 24 kami melalui kontak Whatsapp 0822 1500 2424 atau klik link doa ini https://bit.ly/yjInginDidoakan.

 

Sumber : Kemenkes
Halaman :
1

Ikuti Kami