5 Efek Long Covid Ini Umum Dialami Saat Terpapar Covid-19, Begini Cara Penanganannya…
Sumber: News Medical

Health / 30 June 2021

Kalangan Sendiri

5 Efek Long Covid Ini Umum Dialami Saat Terpapar Covid-19, Begini Cara Penanganannya…

Lori Official Writer
3871

3. Rambut Rontok

Menurut sebuah survey ilmiah dari Natalie Lambert, Ph.D dari University School of Medicine and Survivor Corps, Amerik Serikat, seperempat pasien penderita Covid-19 ternyata mengalam rambut rontok pasca sembuh.

Namun kondisi ini rupanya bisa disebabkan oleh demam dan stress yang dialami oleh penderita. 

Penanganan:

Cara terbaik untuk mengatasi kerontokan rambut pasca Covid-19 adalah dengan tetap mengelola perasaan negatif, termasuk stress dan kecemasan. 

4. Gangguan Ingatan atau Brain Fog

Gangguan ingatan atau brain fog bisa terjadi dalam waktu lama, bahkan saat pengidap telah dinyatakan sembuh dari COVID-19.

Efek ini bisa muncul dengan gejala yang menyertainya seperti sakit kepala, sulit berkonsentrasi, merasa kebingungan dan mental yang terganggu.

Penanganan:

Para ahli menyarankan pasien yang mengalami efek ini dengan menjaga ketenangan mental, tidur cukup, tidak memikirkan hal-hal yang berat dan mencukupi kebutuhan air.

 

Baca Juga: Kabar Baik Buat Anda yang Mau Vaksinasi Covid-19 Tapi Masih Belum Kebagian Sampai Sekarang

 

5. Gangguan Kesadaran atau Halu Delirium

Banyak juga penderita Covid-19 yang mengalami gangguan kesadaran yang disertai dengan perasaan halusinasi hingga rasa takut yang berlebihan saat sedang tidur.

Penanganan:

Selain bisa berkonsultasi dengan dokter, efek ini juga bisa diatasi dengan kembali mengelola pikiran. Salah satunya menghindari pikiran yang berat dan bisa juga dengan mendengarkan musik yang lembut.

Jika kamu mengalami salah satu dari efek di atas, percayalah bahwa kondisimu akan kembali normal seiring waktu. Tentu saja dengan melakukan proses penanganan di atas akan lebih mempercepat pemulihanmu.

Jadi jangan takut dan kuatir berlebihan ya.

Sumber : Jawaban
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami