Tidak Perlu Berpura-pura Menjadi Orang Lain, Tuhan Tetap Mengasihimu

Tidak Perlu Berpura-pura Menjadi Orang Lain, Tuhan Tetap Mengasihimu

Claudia Jessica Official Writer
      774

Yohanes 8:12

Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: “Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.”

 

Bacaan Alkitab setahun: Amsal 26; Filipi 3; 2 Tawarikh 10-11

Ketika Yesus berkata, “Aku adalah terang dunia”, Dia sedang mendefinisikan tentang diri-Nya sendiri. Dia berkata, “Saya tahu siapa saya.”

Di dalam Alkitab, Yesus sering mengatakan “Aku” – dan memberikan deskripsi tentang diri-Nya. Dia menggambarkan diri-Nya sebagai pintu, roti hidup, jalan kebenaran, kebangkita, dan hidup. Dia berulang kali mendefinisikan diri-Nya sendiri. Yesus tahu siapa Dia. Hasilnya, Dia tidak pernah berada di bawah tekanan dunia.

Yesus memahami dengan baik identitas-Nya sebagai Putra Allah. Memahami identitas Anda sangat penting bagi Anda.

Ketika Anda tidak memahami identitas diri Anda, Anda akan ditekan untuk menyesuaikan diri dengan cetakan yang dibentuk oleh orang lain. Mereka akan mencoba untuk membuat Anda menjadi apa yang mereka pikirkan tentang Anda, bukan tentang yang Tuhan ciptakan untuk Anda.

Stres berasal dari mencoba menjadi seseorang yang bukan diri Anda. Ketika Anda takut dan menjatuhkan jati diri Anda dengan tidak sengaja, orang-orang akan membuat gambar diri Anda menurut yang mereka pandang.

Cara untuk mengimbangi tekanan dari luar adalah dengan memiliki rasa kepuasan dari dalam diri tentang identitas yang Tuhan berikan untuk Anda. Anda menemukan siapa Anda dengan mengetahui siapa Anda.

Alkitab mengatakan Anda diciptakan oleh Tuhan. Anda sangat dicintai oleh-Nya. Anda diterima apa adanya. Dia bahkan memiliki rencana atas hidup Anda. Ketika Anda memahami hal ini, Anda akan mendapatkan diri Anda bebas untuk melayani orang lain.

Yesus selalu melakukan hal-hal yang mengejutkan semua orang karena dia bebas. Dia tidak merasakan tekanan untuk memenuhi harapan orang. Dia memilih untuk melayani orang lain, terlepas dari bagaimanapun caranya.

Dia membasuh kaki murid-muridNya, suatu hal yang saat itu membuat mereka tidak merasa nyaman satu sama lain. Yesus selalu melayani dengan gagah. Dia tahu siapa Dia yang dulu dan Dia yang sekarang.

Apakah Anda ingin hidup dalam kebebasan seperti yang Yesus lakukan?

Temukan keamanan dalam mengetahui bahwa Anda adalah anak Allah yang sangat dikasihi dan diterima bagaimana adanya. Tidak perlu berpura-pura menjadi orang lain.

 

Hak cipta oleh Pastor Rick Warren. Disadurkan dari crosswalk.com.

 

BACA JUGA: 4 Definisi Kasih Menurut Pengertian yang Tuhan buat Sendiri

Ikuti Kami