#FaktaAlkitab: Kemenangan Tercerdik Bangssa Israel Melawan Kota Ai dalam Alkitab

#FaktaAlkitab: Kemenangan Tercerdik Bangssa Israel Melawan Kota Ai dalam Alkitab

Claudia Jessica Official Writer
374

Israel baru saja memperoleh kemenangan yang gilang-gemilang dengan didudukinya kota Yerikho yang merupakan kota dengan tembok yang super kokoh, dan kemudian roboh serta hancur karena pertolongan Tuhan. Kota selanjutnya yang ada di depan mereka dan harus ditaklukan adalah kota Ai. Lalu seperti apa nasib Israel saat bertempur dengan kota Ai?

Kota Ai

Yosua pasal 8 berisi sebuah peperangan antara pasukan Israel di bawah pimpinan Yosua dan pasukan Kota Ai yang dipimpin oleh Raja Ai, yang terjadi pada tahun 1400-an Sebelum Masehi.

Ai adalah Kota kerajaan orang Kanaan yang disebut pertama kali dalam Kejadian 12:8. Letak Ai begitu strategis, dan menjadi tujuan bangsa Israel berikutnya untuk masuk Kanaan. Ai adalah kota yang lebih kecil dari Yerikho. Jumlah penduduknya pun sedikit.

Sama seperti peperangan melawan Yerikho, mengalahkan Ai penting untuk bisa menguasai seluruh tanah Kanaan. Meskipun kota Ai kecil, namun sangat penting bagi Israel untuk menguasainya karena Ai akan memberi Israel kendali atas jalan utama yang membentang sepanjang pegunungan dari utara ke selatan sepanjang dataran tinggi yang menjadi bagian utama tanah Kanaan.

Serangan pertama ke Kota Ai

Yosua pasal 7 menceritakan pertempuran pertama orang Israel dengan orang Ai. Dalam pertempuran tersebut, Israel mengalami kekalahan. Pasukan Israel lari tunggang langgang dikejar orang Ai, dan menyebabkan tiga puluh enam orang Israel yang tewas (Yosua 7:5). Rupanya kekalahan tersebut tidak lain disebabkan oleh perbuatan dosa seseorang yang bernama Akhan.

Dalam peperangan sebelumnya Ketika Israel melawan Yerikho, Akhan menjarah "jubah yang indah, buatan Sinear, dan dua ratus syikal perak dan sebatang emas yang lima puluh syikal beratnya,” (Yos. 7:21). Hal ini bertentangan dengan perintah Yosua dari Allah, yang berbunyi, “Tetapi kamu ini, jagalah dirimu terhadap barang-barang yang dikhususkan untuk dimusnahkan, supaya jangan kamu mengambil sesuatu dari barang-barang yang dikhususkan itu setelah mengkhususkannya dan dengan demikian membawa kemusnahan atas perkemahan orang Israel dan mencelakakannya,” (Yos. 6:20).

Ada pepatah, “Karena nila setitik, rusak susu sebelanga.” yang melakukan ketidaksetiaan hanya satu orang saja, yaitu Akhan, namun yang menanggung akibatnya adalah seluruh orang Israel, bahkan ada korban jiwa sebanyak 36 orang. Mungkin Akhan menyangka bahwa perbuatannya tidak akan diketahui siapapun, dan tidak akan berakibat apapun. Namun Tuhan mengetahui segalanya.

BACA JUGA: #FaktaAlkitab: Nyaris Punah! Kaum Yahudi Selamat dari Pembunuhan Massal Karena Tokoh Ini

 

Serangan kedua - Strategi Cerdik

 

Baca halaman selanjutnya -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami