Waspadai HOAX  Virus Corona, Yuk Tangkal Ketakutan Dengan Iman dan Kebenaran Firman Ini
Sumber: freepik

News / 24 June 2021

Kalangan Sendiri

Waspadai HOAX Virus Corona, Yuk Tangkal Ketakutan Dengan Iman dan Kebenaran Firman Ini

Puji Astuti Official Writer
5916

Berita tentang perkembangan virus corona terus bermunculan, namun tidak sedikit yang tersebar di social media dan pesan singkat adalah berita bohong atau hoax  yang membuat orang menjadi panik dan ketakutan.

Pihak pemerintah sendiri memastikan bahwa hingga saat ini di Indonesia belum ada kasus penularan virus corona, bahkan setelah ratusan  orang Indonesia yang di Wuhan di evakuasi dan menjalani  karantina di Natuna.

Dampak berita hoax tentang virus corona

1# Menimbulkan kepanikan

Ya, berita yang tidak benar jika dipercaya bisa menimbulkan kepanikan yang berdampak fatal. Sebagai contoh adalah yang terjadi di Los Angeles, Amerika. Penghuni sebuah komplek apartemen mengalami kepanikan total, menurut seorang saksi mata semua penghuni berebut keluar dari bangunan apartemen dan mencari masker.

"Semua orang mengalami kepanikan total," demikian ungkap Frank Zhu seorang mahasiswa USC yang tinggal di apartemen itu.

"Semua orang berebut keluar dan mencari masker. Aku bahkan mengirim pesan singkat ke orangtuaku dan bertanya apakah aku harus pulang."

Berita tentang virus corona di apartemen itu menyebar cepat di social media, dan dua jam setelah itu membuat seluruh kampus USC dinyatakan dalam keadaan waspada. Pada akhirnya, ternyata berita itu ternyata tidak benar. Orang yang dievakuasi dengan ambulan bukan karena virus corona, namun karena sakit dan mengalami komplikasi.

2# Rasa takut yang berlebihan bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan mental

Rasa takut adalah respon alami manusia terhadap ancaman atau kemungkinan bahaya. Mekanisme alami ini memberi sinyal pada tubuh untuk merespon kemungkinan bahaya, jadi ini rasa takut yang Tuhan taruh dalam hati kita ini penting untuk menjaga agar kita tetap aman.

Namun jika seseorang terus menerus ketakutan, baik itu karena bahaya yang ada di lingkungannya atau bahkan hanya karena bahaya yang ia bayangkan, bisa berdampak buruk terhadap kesehatan fisik dan mentalnya.

Dampaknya bagi tubuh: 

- Menurunkan fungsi system pencernaan, itu sebabnya orang yang sangat ketakutan bisa mengalami sakit perut atau lambungnya.

- Membuat darah tinggi, dan detak jantung semakin cepat. 

- Menurunkan tingkat kesuburan biologis, membuat penuaan dini dan meningkatkan kematian secara tiba-tiba..

Dampaknya bagi mental:

- Bisa merusak ingatan jangka panjang karena ketakutan mempengaruhi horman di otak. 

- Mengalami kegelisahan yang kronis, dan menimbulkan halusinasi.

- Membuat tidak bisa berpikir secara rasional, karena dipengaruhi oleh emosi dan reaksi impulsive. 

- Dalam jangka panjang menimbulkan depresi, dan post traumatic stress disorder (PSTD)/serangan panik.

Nah, untuk itu jangan cepat percaya dengan berita yang kamu terima dan jangan ikut menyebarkan berita hoax yang beredar ya.

Agar jangan sampai kepanikan dan ketakutan menguasai kamu, ingatlah kebenaran firman Tuhan agar imanmu bangkit. Percayalah bahwa Tuhan yang berdaulat dalam hidupmu, dan tanpa seijin Tuhan tidak ada hal buruk apapun yang bisa menimpamu.

Baca juga: 

Pendeta Amerika Ini Sebut Virus Corona Hukuman Tuhan

Lagi Heboh, Wabah Virus Corona Berdampak Besar Bagi 4 Jenis Bisnis Ini Loh!

Yuk kita renungkan beberapa ayat firman Tuhan berikut ini:

1# Memperkatakan doa dalam Mazmur 91

Bacalah dengan bersuara satu pasal yang berjudul “Dalam Lindungan Allah” ini.

Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat penangkap burung, dari penyakit sampar yang busuk.

Dengan kepak-Nya Ia akan menudungi engkau, di bawah sayap-Nya engkau akan berlindung, kesetiaan-Nya ialah perisai dan pagar tembok.

Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang, terhadap penyakit sampar yang berjalan di dalam gelap, terhadap penyakit menular yang mengamuk di waktu petang.

Walau seribu orang rebah di sisimu, dan sepuluh ribu di sebelah kananmu, tetapi itu tidak akan menimpamu. (Ayat 2-7)

2# Tuhan Yesus memerintahkan kita untuk tidak hidup dalam kekuatiran

Tuhan Yesus sendiri berkata, bahwa kekuatiran tidak akan memperpanjang umur kita. Kita hanya cukup percaya kepada Tuhan yang berdaulat atas kehidupan kita, dan yang mencukupkan segala kebutuhan kita, seperti yang dicatat dalam Matius 6:25-27 ini:

Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?

Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?

Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?

3# Tuhan adalah Gembala kita dan selalu melindungi kita

Yuk datang kepada Gembala Agung kita, Dia selalu bersama kita, dan melindungi kita saat melalui lembah kekelaman, renungkanlah Mazmur 23 ini:

Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.

Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang;

Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.

Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.

Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.

Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa.

Masih ada banyak janji-janji Tuhan tentang perlindungan-Nya dalam hidup kita. Renungkan dan perkatakan firman Tuhan tersebut setiap saat, dan jangan biarkan ketakutan dan berita hoax mencuri sukacita dan damai sejahtera yang Tuhan anugerahkan dalam hidup kita ya JCers. 

Baca juga: 

Segala Hal Yang Kamu Perlu Tahu Tentang Virus Corona, Mulai Dari Gejala Hingga Pencegahan

Virus Corona Mewabah, Pemerintah Siapkan Ini

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami