Berawal Jadi Petugas Kebersihan Dipercaya Jadi Chef  – Marthin Saleky
Sumber: jawaban

Milenial / 22 June 2021

Kalangan Sendiri

Berawal Jadi Petugas Kebersihan Dipercaya Jadi Chef – Marthin Saleky

Lori Official Writer
3162

Nama saya Marthin Saleky. Saya bekerja di salah satu hotel di Bogor, Jawa Barat. Saya sekarang menjadi seorang koki.

Tapi apakah kalian tahu bahwa dulu itu saya tidak punya harapan. Masa lalu saya itu hancur.

Saya tumbuh dari latar belakang keluarga temperamen atau keras. Karena didikan kita dari kecil itu bukan dari omongan melainkan dari fisik langsung dan tidak segan-segan, jika anaknya melakukan kesalahan besar nyawa pun taruhannya.

Keluarga saya seperti itu, dari bapak saya keras kepala dan ibu saya tidak peduli dengan saya. Dari situlah saya mulai cari kesibukan di luar. Saya cari perhatian di luar.

 

Baca Juga: Christine Ha, Tunanetra Pertama yang Juarai Masterchef

 

Saya putus sekolah dari SMA kelas 1. Sejak dari situ hidup saya mulai gak jelas, gak tahu mau kemana dan bingung mau gimana karena saya gak ada kegiatan apapun.

Kegiatan saya hanya seputar, bekerja, menggelandang, parkir. Sampai suatu kali, teman saya menyampaikan informasi PKBM OBI. Waktu itu saya bertanya PKBM OBI itu apa? Itu seperti Yayasan berbasis sekolah paket. Dari situ saya mulai tertarik dan saya mendaftarkan diri. 

Sekolah Paket C OBI ini, adalah salah satu sekolah yang benar-benar membina orang-orang yang putus sekolah atau yang orangtuanya tidak sanggup membiayai anaknya sekolah.

Dengan adanya Paket C OBI ini, yang anak-anak tidak mempunyai masa depan mereka masih ada harapan untuk tetap terus berkarya. Walaupun ijasahnya paket, tapi kita dapat ilmunya di situ.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA -->

Masuk dari situ saya mulai ada harapan. Dari segi penerimaan dari mereka, dari pengurus OBI nya. Yang kedua saya dapat bimbingan secara pendidikan dan rohani. 

Saya diajarkan untuk lebih disiplin dan jujur. Dan saya harus benar-benar tahu yang mana prioritas utama dalam kehidupan supaya kita menjadi berkat buat banyak orang.

Dari Pembina-pembina OBI pun saya belajar, bahwa sekalipun dibayar seikhlasnya mereka mau memberikan sepenuhnya. Semua yang mereka punya itu mereka mau berikan, mulai dari ilmu dan juga materi.

Dari situ saya mulai tersentuh dan saya tergerak. Saya pengen menghargai mereka dengan cara apa yang bisa saya lakukan untuk ke depannya. Membawa nama OBI.

Selama kurang lebih saya belajar di Paket C, akhirnya saya dapat pekerjaan dari salah satu hotel di Bogor. Saya mengawali karir saya di hotel itu sebagai steward atau petugas kebersihan atau bisa dibilang tukang cuci piring.

 

Baca Juga: Pengorbanan Desi Trisnawati Raih Gelar MasterChef

 

Saya kerja sebagai steward kurang lebih 8 bulan dan saya akhirnya di-upgrade sama atasan saya menjadi seorang koki. Karena dI sela-sela saya bekerja sebagai steward, setelah pekerjaan saya selesai saya mengambil jobdesk orang lain. Salah satunya membantu koki-koki senior saya.

Dari situ saya memulai pengalaman baru atau istilahnya mendapat sesuatu hal yang belum pernah saya dapatkan. Dari situ saya mulai di-upgrade menjadi seorang koki dan saya diangkat menjadi karyawan.

Sampai sekarang saya dipercayakan memegang menu ala carte di restoran tersebut sebagai penanggung jawab kokinya.

Saya tidak pernah membayangkan kalau saya bisa ada seperti saat ini menjadi seorang koki yang bisa dipercayakan oleh salah satu perusahaan.

Melalui OBI ini, saya mendapatkan kepercayaan diri, mendapatkan binaan yang benar-benar membuat saya menjadi seperti saat ini.

Saya hanya ingin menyampaikan kepada PKBM OBI, terima kasih Yayasan OBI karena berkat dari Tuhan melalui kalian itu bisa membawa saya di sini sampai saat ini. 

 

 

 

Marthin Saleky adalah salah satu anak yang berhasil menggapai cita-citanya setelah menempuh pendidikan di PKBM OBI Tanah Merah. Namun masih banyak anak yang juga punya cita-cita yang sama dan membutuhkan dukungan Anda untuk menyelesaikan pendidikannya. Jika Anda tergerak, mari dukung kami untuk mewujudkan cita-cita setiap anak di Tanah Merah. Klik link di bawah untuk terlibat dalam aksi ini.

 

DUKUNG ANAK TANAH MERAH

Sumber : Solusi TV
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami