Tetap Waspada dan Berdoa Ya, Varian Virus Baru Ini Sudah Masuk Indonesia Lho!
Sumber: RAdio Edukasi

Health / 16 June 2021

Kalangan Sendiri

Tetap Waspada dan Berdoa Ya, Varian Virus Baru Ini Sudah Masuk Indonesia Lho!

Lori Official Writer
2008

3. Varian Delta atau B1617

Varian yang satu ini pertama kali ditemukan di India. Kemudian penyebarannya semakin meluas hingga ke beberapa negara, termasuk Indonesia. 

Hal ini diklaim oleh Menteri Kesehatan RI Gunadi Sadiki. Dia menyampaikan bahwa varian Delta hadir di beberapa daerah, diantaranya Kudus, Bangkalan dan DKI Jakarta.

Lalu apa beda varian Delta dengan varian awal covid-19? 

Menurut Profesor Tim Spector yang menjalankan Zoe Covid Symptom Study menyampaikan bahwa varian Delta menimbulkan gejala mirip pilek bagi anak muda. 

Adapun beberapa gejala umum akibat virus ini diantaranya:

- Demam disertai pilek 

- Sakit kepala 

- Sakit tenggorokan 

- Hidung meler 

Profesor Spector menilai jika cara kerja varian delta terbilang berbeda. Karena mereka yang terjangkit hanya akan merasa terkena pilek musiman saja. Sehingga mereka masih merasa fit dan bisa bepergian ke luar.

Padahal menurutnya, gejala seringan apapun sudah sepatutnya diwaspadai yaitu dengan melakukan isolasi mandiri maupun tes.

 

Baca Juga: Covid-19 Bisa Menjadi Endemik, Haruskan Kita Hidup Berdampingan dengan Virus Ini?

 

Himbauan Untuk Tetap Waspada

Penemuan tiga varian virus baru ini dilakukan lewat pemeriksaan Whole Genome Sequenzing (WGS). Secara keseluruhan, Indonesia menemukan sekitar 1200 sekuens genom virus corona atau 0.073% dari total kasus di seluruh dunia, yang diunggah di Global Initiative for Sharing All Influenza Data (GISAID), sebuah inisiatif global dan sumber utama yang menyediakan akses terbuka ke data genom virus influenza dan corona yang bertanggung jawab atas pandemi covid-19.

Supaya penyebaran varian-varian virus baru ini bisa ditangkal, maka masyarakat dihimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 3M yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. 

Indonesia juga diharapkan belajar dari kejadian yang terjadi di India. Sehingga masyarakat juga diminta untuk menjauhi kerumunan orang dalam satu ruangan atau tempat. 

Selain waspada, kita juga perlu berdoa ya. Mintalah perlindungan dan penjagaan dari Tuhan atas diri kita dan juga orang-orang terdekat. Mazmur 91 bisa jadi pilihan ayat untuk diperkatakan terjadi dalam hidupmu.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami