Fakta Alkitab : Ini Dia Kacang Merah Yang Bikin Esau Sampai Rela Jual Hak Kesulungannya

Fakta Alkitab : Ini Dia Kacang Merah Yang Bikin Esau Sampai Rela Jual Hak Kesulungannya

Puji Astuti Official Writer
10872

Orang Indonesia sudah tidak asing lagi dengan kacang merah. Ada banyak masakan khas Indonesia yang dibuat dari kacang merah, mulai dari sop brenebon hingga es kacang merah. Jika kita membaca Alkitab, enaknya kacang merah pun tercatat di sana, sampai-sampai Esau menjual hak kesulungannya kepada Yakub demi semangkuk kacang merah dan roti (Kejadian 25:29-30;34). 

Pada suatu kali Yakub sedang memasak sesuatu, lalu datanglah Esau dengan lelah dari padang. Kata Esau kepada Yakub: "Berikanlah kiranya aku menghirup sedikit dari yang merah-merah itu, karena aku lelah." Itulah sebabnya namanya disebutkan Edom.  (ayat 29-30)

Lalu Yakub memberikan roti dan masakan kacang merah itu kepada Esau; ia makan dan minum, lalu berdiri dan pergi. Demikianlah Esau memandang ringan hak kesulungan itu. (ayat 34)

Tapi pertanyaannya adalah, apakah kacang merah di jaman Yakub dan Esau itu sama dengan kacang merah yang biasa kita makan di Indonesia ini? 


Menjawab pertanyaan itu, JC Channel mengupas hal ini bersama Museum Lembaga Alkitab Indonesia. 

"Beda, dari bentuknya agak berbeda, dan dari warnanya sedikit berbeda," demikian penjelasan Bambang Kristanto Sitompul,S.Si, Kabid Museum Lembaga Alkitab Indonesia.

"Berarti bukan yang besar-besar itu ya pak?" tanya Bung Marcel, host JC Channel. 

"Bukan, itu memang banyak tumbuh di Indonesia, tapi yang di Israel sana, yang dimaksud (kacang merah) bukan yang itu," ungkap Bambang. 

"Lebih kecil, tapi memang masih satu rumpun kacang-kacangan."

Sudah dimakan sejak ribuan tahun


Bentuknya bulat pipih dan warnanya lebih ke orange. Dalam bahasa Ibraninya kacang ini disebut Adasyim atau masyarakat umum sekarang mengenalnya sebagai lentil merah. Dari jaman kuno, kacang ini sangat populer, bukti arkeologi menemukan kacang ini sudah dikonsumsi sejak 9.500 hingga 13.000 tahun lalu, termasuk oleh bangsa Israel kuno. 

BACA JUGA: 3 Kisah Pengampunan Ekstrem di Alkitab Perjanjian Lama

Bahkan kacang merah Adasyim ini adalah makanan khusus untuk masa perkabungan. Menurut tulisan dari Rabbi Louis Ginzberg dalam The Legends of the Jews, Volume 1, dijelaskan bahwa "..bentuk lentil yang bulat menjadi simbol kematian: seperti lentil yang bulat, demikian juga kematian, rasa sedih dan kedukaan akan selalu mengitari manusia, dari satu orang ke yang lainnya."

Para ahli kitab memperkirakan bahwa saat itu Yakub memasak kacang merah itu untuk ayahnya, Ishak yang sedang berduka karena kematian kakek mereka, Abraham. 

Nutrisi yang terkandung dalam kacang merah


"Jadi ini kandungan gizinya tinggi," demikian ungkap Bambang. 

Menurut laman Livestrong.com, Lentil Merah ini mengandung protein rendah lemak, vitamin, mineral dan kaya serat. Yang menjadi kelebihan dari kacang Lentil ini adalah kaya akan vitamin B-6, thiamin dan pantothenic acid, hal ini membuat orang yang mengkonsumsinya akan lebih cepat pulih dari kelelahan tubuh atau memulihkan energi dengan cepat. 

Tidak hanya itu, kacang merah ini bisa bertahan lama dan memasaknya pun mudah, untuk itu pada jaman kuno dulu sering dijadikan bekal untuk perjalanan jauh. 

BACA JUGA: Coba Periksa, Apa Kamu Rela Menjual Hak Kesulunganmu Hanya Demi Memenuhi Keinginanmu?

Kacang merah jenis Lentil Merah  ini juga banyak  dikonsumsi di wilayah Asia Barat dan Tenggara seperti India, Sri Lanka, Pakistan, Bangladesh dan Nepal. Sedang mereka yang membudidayakannya ada di negara Kanada, India, Australia, Turki dan Nepal. 

Wah, menarik bukan? Kalau kamu mau mencoba rasanya kacang merah jenis ini kamu bisa beli toko-toko makanan organik, biasanya mereka menyediakan. Jadi kamu bisa membuktikan sendiri seperti apa sih enaknya sup kacang merah yang bikin seorang Esau rela menjual hak kesulungannya. 

Apakah kamu terinspirasi dengan pembahasan tentang kacang merah dari JC Channel ini? Kamu bisa nonton video pembahasan  dengan mengklik pada gambar dibagian atas artikel ini. Nah kalau kamu ingin tahu Fakta Alkitab lainnya kamu juga bisa menonton videonya dengan mengunjungi JC Channel di YouTube dengan KLIK DISINI.

Sumber : JC Channel
Halaman :
1

Ikuti Kami