4 Hal Terpenting Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Vaksinasi

4 Hal Terpenting Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Vaksinasi

Claudia Jessica Official Writer
1070

2. Persiapan sebelum vaksinasi

> Jangan konsumsi alkohol

Alkohol dapat melemahkan daya tahan tubuh.  Selain itu, dalam beberapa keadaan alkohol dapat mempercepat reaksi alergi. Sebaiknya, hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang berakohol setidaknya 2 hari sebelum vaksinasi dan 2 minggu setelahnya.

Hal ini dilakukan untuk memastikan alcohol tidak mengganggu sistem imun Anda saat beradaptasi dengan virus yang masuk ke tubuh.

> Hindari olahraga berlebihan

Olahraga ringan sebelum melakukan vaksinasi dapat membantu daya tahan tubuh tetap kuat. Namun, jangan olahraga yang berlebihan karena hal ini bisa menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk berolahraga selama 20-30 menit setiap hari atau minimat 3-5 kali per minggu.

> Maksimalkan sistem imun

Tujuan vaksinasi adalah mencapai kekebalan imun dalam menghadapi virus covid-19. Akan sangat baik apabila penerima vaksin mencapai sistem imun yang paling optimal. Untuk mencapai hal tersebut, penerima vaksin bida mengkonsumsi campuran vitamin dan mineral yang mampu memperkuatnya.

> Tidur yang cukup, dan jangan begadang

Sebelum melakukan vaksinasi, penerima vaksin harus tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh. Setelah vaksin juga memerlukan istirahat karena sangat mungkin terjadii rekasi seperti nyeri tubuh, menggigil, hingga demam ringan. Istirahat dapat membantu memaksimalkan tubuh untuk melawan efek samping seperti ini.

> Kelola stres

Stres sangat mempengaruhi kerja sistem imun. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa penerima vaksin memerlukan keadaan sistem imun yang optimal agar kerja vaksin dapat maksimal dalam melawan virus covid-19.

> Informasikan kondisi kesehatan

Adapun beberapa kondisi yang perlu diberitahu kepada dokter atau petugas vaksinasi covid-19 seperti demam, riwayat alegi terhadap vaksin, konsumsi obat-obatan tertentu, sedang hamil atau berencana hamil, dalam masa menyusui, mengalami penyakit tertentu seperti autoimun, diabete, HIV, gangguan ginjal, penyakit kardiovaskular, penyakit liver.

BACA JUGA: Vaksin Nusantara Buatan Dr Terawan Dijamin Ampuh Berkat Sel Dendritik, Apa Itu?

3. Perhatikan efek samping setelah vaksinasi

Vaksinasi dapat menimbulkan beberapa efek samping seperti:

- nyeri dan bengkak di lokasi suntikan

- demam

- menggigil

- sakit kepala

- lelah atau tidak enak badan

Meksi jarang terjadi, vaksin dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya seperti alergi, sesak napas, dan anafilaksis. Oleh karena itu, jangan tinggalkan fasilitas kesehatan tempat Anda menerima vaksin selama kurang lebih 30 menit agar dokter dapat memastikan efek samping tersebut.

Selain itu, jika mengalami penurunan atau peningkatan nadi atau denyut jantung, nafas menjadi lebih cepat, kesadaran menurun, demam tak kunjung membaik dan berlangsung lebih dari 3 hari, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

4. Siapkan diri untuk vaksinasi kedua

Untuk menghasilkan reaksi imunitas yang optimal terhadap virus corona, vaksin covid-19 harus diberikan sebanyak 2 dosis. Jadwal pemberian vaksin covid-19 kedua berjarak 2 minggu setelah pemberian vaksin covid-19 dosis pertama.

BACA JUGA: 6 Fakta Yang Perlu Diketahui Tentang Vaksin Covid-19

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami