Jika Ditiru, 3 Ayat Amsal Ini Dijamin Bikin Hidupmu Beda Dari Orang Dunia!
Sumber: pexels.com

Kata Alkitab / 10 June 2021

Kalangan Sendiri

Jika Ditiru, 3 Ayat Amsal Ini Dijamin Bikin Hidupmu Beda Dari Orang Dunia!

Naomii Simbolon Official Writer
10208

Kitab Amsal adalah kitab yang ditulis untuk memberikan kita hikmat illahi, pengajaran, dan wawasan untuk membantu kita belajar disiplin, berperilaku dengan benar dan gimana melakukan segala sesuatu dengan benar dan adil dalam hidup ini.

Nah, dibawah ini ada 3 ayat  dari kitab Amsal yang akan memberkati kita dan memberitahu kita bagaimana menerapkannya pada kehidupan modern sekarang.

1. "Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri." (Amsal 3:5)

Pernah nggak sih kamu berada dalam sebuah situasi dimana kamu merasa bahwa Allah terlalu banyak menuntut sesuatu dari kamu?

Misalkan saja, memaafkan orang yang sudah menyakiti kamu yang bahkan tidak menyesal sama sekali, atau menghormati orang tua yang sama sekali nggak pernah ada untuk kamu dan mencintai pasangan yang tak memenuhi harapan kamu selama menikah atau berpacaran.

Nah, daripada melihat keadaan keadaan kamu dan merasa Tuhan tak adil, mending berusahalah untuk mengikuti jalanNya, percaya saja pada kesetiaanNya bahwa Dia akan membimbing kamu ke arah yang benar, dan percayalah bahwa Dia akan menjaga kamu dalam situasi yang kamu alami itu, serta yakinkan dirimu agar terus mengikuti pimpinanNya, sehingga hidup kamu terus diberkati.

"Adapun Allah, jalan-Nya sempurna; janji TUHAN adalah murni; Dia menjadi perisai bagi semua orang yang berlindung pada-Nya." (Mazmur 18:30)

 

BACA JUGA: 7 Mazmur untuk Melawan Rasa Depresi

 

2. "Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya." (Amsal 3:27)

Apakah kamu sering berpikir untuk melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain tapi tapi kamu merasa ragu atau mengijinkan orang lain mengubah niat kamu tadi?

Mungkin itu tindakan yang sangat dermawan, kata-kata yang ramah atau cara yang manis untuk melayani dan membantu orang lain, tapi tahukah bahwa jika tidak kamu lakukan itu sama dengan kamu menahan kebaikan untuk orang -orang disekitar kamu.

Alkitab sangat mendorong kita untuk, "Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu."(Lukas6:38)

Jadi, ayo menyadari bahwa keengganan kita untuk memberi kebaikan kepada orang lain ternyata menahan kebaikan yang ingin orang lain berikan kepada kita.

3. "Siapa mengatakan kebenaran, menyatakan apa yang adil, tetapi saksi dusta menyatakan tipu daya." (Amsal 12:17)

Baru-baru ini Indonesia dibuat heboh dengan berita bohong dari Ratna Sarumpaet. Hal ini mengingatkan kita pentingnya kejujuran dalam setiap bidang kehidupan kita.

Amsal mengingatkan kita untuk berlaku demikian, jujur mengenai orang lain dan situasi kita dan menunjukan pentingnya mengatakan kebenaran.

Pernah nggak sih kamu tergoda untuk berbohong karena mungkin takut akan konsekuensi kalau berkata jujur? Atau pernah nggak sih kamu memberitahu sebagian kebenaran hanya karena itu menguntungkan kamu? Jika demikian, ingatlah firman Allah di Amsal 14:5, "Saksi yang setia tidak berbohong, tetapi siapa menyembur-nyemburkan kebohongan, adalah saksi dusta."

 

BACA JUGA: Nasihat Bijak dari Mazmur 127 Bagi Para Workaholic, Kamu Mungkin Butuh Ini?

 

Dalam budaya kita hari-hari ini, pentingnya mengatakan kebenaran mulai menipis. Contoh kongkrit yang lagi booming di media sekarang adalah Ratna Sarumpaet dengan wajah babak belur yang ternyata operasi plastik.

Sebagai orang Kristen, kita harus mengenali bahwa Tuhan adalah Allah yang serius tentang kebenaran. Meskipun dunia menawarkan hal-hal untuk menghalalkan kebohongan demi keamanan, sebaiknya kita harus menghindar. Berilah kesaksian yang benar terhadap sesamamu, itulah yang Allah kehendaki.

Sumber : crosswalk | jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami