Setiap Kata-kata yang Terucap Adalah Cerminan Kondisi Hati

Setiap Kata-kata yang Terucap Adalah Cerminan Kondisi Hati

Lori Official Writer
      1157

Amsal 27:19

Seperti air mencerminkan wajah, demikianlah hati manusia mencerminkan manusia itu.

 

 

Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 7; Yohanes 17; 1 Tawarikh 27-29

Sebagai orang percaya, apakah kita sudah mengecek kondisi hati kita?

Faktanya, kondisi hati kita menentukan sikap dan perbuatan kita. Setiap kata-kata yang kita ucapkan ke orang lain akan mencerminkan kondisi hati kita. Kalau kita orangnya sedang terluka, maka kata-kata kita juga cenderung akan melukai orang lain.

Pesan inilah yang akan disampaikan oleh firman Tuhan. Katanya, “Seperti air mencerminkan wajah, demikianlah hati seseorang mencermikan pribadi orang tersebut.”

Lewat firman ini, mari kembali memeriksa kondisi kondisi hati kita. Apakah ada rasa sakit, luka, dendam dan kepahitan yang masih belum sembuh? Apakah kamu belum menemukan cara untuk menyelesaikannya dan mulai berdamai dengan dirimu sendiri dan juga orang yang melukaimu?

Mari belajar untuk terbuka khususnya kepada Tuhan. Ambil momen untuk mengakuinya kepada Tuhan dan minta Dia untuk memulihkan hatimu yang terluka. Atau kamu juga bisa mendapat bantuan dari seorang pemimpin rohani atau mentor di gereja maupun komunitas Kristen di sekitarmu ataupun secara online. 

Jika kita menyembunyikan pelanggaran kita, kita tidak akan berhasil. Kita hanya akan jadi pribadi yang selalu pahit dan gagal baik dalam menjalin hubungan dengan orang lain maupun Tuhan. Raja Salomo berkata, “Berbahagialah orang yang senantiasa takut akan TUHAN, tetapi orang yang mengeraskan hatinya akan jatuh ke dalam malapetaka.” (Amsal 28:13-14).

Waktu kita mengakui dosa kita kepada sesama dengan rendah hati, kita akan mendapat dukungan dan bimbingan untuk pulih. Karena itulah penting bagi orang percaya untuk mau terbuka. Belajarlah menjadi pribadi yang transparan, tidak berpura-pura dan tidak menutupi luka dan kepahitan dari orang lain. Karena pada akhirnya hal itu akan tercermin dari sikap, tindakan dan perkataanmu.

Jika kamu ingin jadi berkat bagi orang lain, mulailah membenahi hatimu. Apa hal yang menguasai hatimu: luka atau sukacita?

Hari ini izinkan Roh Kudus bekerja melembutkan hatimu dan menghancurkan setiap kekerasannya. Sehingga Roh Tuhan membuat hidupmu penuh dengan sukacita.

 

Hak cipta Abbalove Ministry.

 


Apakah kamu butuh dukungan doa? Hubungi SAHABAT 24 kami melalui kontak Whatsapp 0822 1500 2424 atau klik link doa ini https://bit.ly/yjInginDidoakan.

Ikuti Kami