Apakah Yesus Tidak Merasa Lapar Saat Puasa Selama 40 Hari 40 Malam?
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 4 June 2021

Kalangan Sendiri

Apakah Yesus Tidak Merasa Lapar Saat Puasa Selama 40 Hari 40 Malam?

Claudia Jessica Official Writer
29326

Tempat Yesus Berpuasa

Injil tidak pernah menyebutkan tempat tertentu di mana Yesus melakukan puasa. Tetapi secara tradisi orang Kristen sering menggambarkan pencobaan Yesus terjadi di "gurun" atau dalam bahasa Yunani disebut eremos. Arti kata eremos adalah lokasi yang terisolasi, tidak berpenghuni, dan bukan padang rumput.

Ahli Alkitab menduga tempat itu berada tidak jauh dari Sungai Yordan. Karena Yesus pergi ke padang gurun untuk berpuasa setelah peristiwa baptisan oleh Yohanes Pembaptis di Sungai Yordan (Matius 4: 1). Sebagian Ahli Alkitab memperkirakan tempat tersebut bisa berada di pegunungan yang banyak terdapat di padang gurun dekat Sungai Yordan.

Tradisi lokal menyebut salah satu gunung di sana sebagai “Gunung Pencobaan.” Itu adalah gunung batu terjal dan sulit untuk didaki. Itu adalah tempat di mana tidak ada orang yang hidup atau berjalan melewatinya. Di tempat terpencil itulah, Yesus terpisah dari dunia di sekitarnya saat DIA berpuasa. Gunung Pencobaan berjarak 68km dari Sungai Yordan.

Jadi apakah kita juga harus melakukan puasa selama empat puluh hari seperti Yesus? Orang Kristen boleh saja melakukan puasa seperti Yesus, diperlukan latihan dan perencanaan yang cermat terlebih dahulu. Selain itu kita harus memiliki tujuan dengan apa yang kita lakukan seperti halnya Yesus. Dia melakukan puasa sebelum melakukan semua tugas pelayanan-NYA.

Jika puasa itu penting untuk alasan tertentu, mengapa Yesus tidak memerintahkan kita untuk berpuasa?

Ya, Karena Yesus mengetahui bahwa pengikut-Nya akan melakukan apa yang penting dalam kehidupan rohani termasuk puasa. Dan nasihat Yesus soal puasa adalah “Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya” (Matius 6:16).

Bagaimana denganmu? Apakah kamu mau berpuasa?

 

Baca juga: #FaktaAlkitab: Kapan Orang Kristen Harus Ibadah Puasa?

Sumber : jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami