9 Sikap yang Harusnya Jemaat Gereja Tunjukkan Saat Orang Baru Pertama Datang Ibadah
Sumber: Church Leader

Kata Alkitab / 3 June 2021

Kalangan Sendiri

9 Sikap yang Harusnya Jemaat Gereja Tunjukkan Saat Orang Baru Pertama Datang Ibadah

Lori Official Writer
13637

Sebagai gereja Tuhan, apa sih yang pertama kali dilakukan waktu kedatangan jemaat yang mengaku dirinya baru jadi orang Kristen?

Mungkin dengan menyambut sembari memasang muka bahagia? Langsung mengajaknya ngobrol dan mencari tahu lebih banyak soal dia? Atau hanya sekadar menyapa di depan pintu dan membiarkan dia.

Kamu menjelaskan tentang injil di depan mimbar, memanggil orang-orang untuk mengambil komitmen dengan menerima Yesus, memimpin mereka dalam doa dan meminta untuk mengangkat tangan mereka.

Lalu akhirnya mereka menerima Yesus sebagai Juruslamat.

Menyaksikan gereja banyak menobatkan banyak orang kepada Kristus memang cukup membanggakan. Karena tujuan dari sebuah gereja adalah untuk membawa orang-orang yang terhilang kepada Tuhan.

Tapi hanya menyaksikan mereka berkomitmen di depan Tuhan saja gak cukup. Karena mudah sekali bagi Kristen baru untuk meninggalkan gereja dan kembali ke kehidupan lamanya.

Karena itu penting bagi sebuah gereja untuk bisa memperlakukan orang Kristen baru sesuai dengan kebutuhannya.

Ada 3 hal penting yang harus dilakukan kepada orang Kristen baru.

Pertama, ajar mereka tentang langkah-langkah dan praktek nyata yang bisa membawa mereka bertumbuh dalam hubungan yang semakin kuat bersama Yesus.

Kedua, bantu mereka terkoneksi dengan orang-orang di dalam gereja.

Ketiga bantu mereka untuk belajar mencintai Alkitab.

 

Baca Juga: Kita Bisa Alami Mujizat Ketika Kita Jadi Mujizat Bagi Orang Lain

 

Tiga hal penting di atas bisa dilakukan dengan 9 tindakan nyata, yaitu:

1. Menghampiri Mereka

Orang-orang Kristen baru punya kebutuhan untuk diperhatikan lebih. Bahkan sebagai seseorang yang punya pengaruh di gereja, mereka harus memandangmu sebagai teladan yang patut ditiru.

Karena itulah diperlukan follow-up yang terus menerus kepada orang-orang Kristen baru, mengembangkan cara terbaik dalam memfollow-up orang Kristen baru serta bila perlu memberikan pelatihan tentang bagaimana memuridkan orang Kristen baru tersebut.

2. Ajak Makan

Hal terbaik untuk mengenal seseorang lebih lagi adalah dengan mengajaknya makan bersama. Orang-orang akan lebih terikat ketika mereka menghabiskan waktu-waktu luang bersama dengan ngobrol dengan nongkrong atau makan bersama.

Jadi, undanglah orang-orang Kristen baru ini untuk janji makan siang atau malam di minggu pertama. Pakailah waktu-waktu ini untuk mendengar tentang cerita hidup mereka. Tanyakan pertanyaan dan dengarkan mereka dengan penuh perhatian.

Setelah itu, mulailah membangun hubungan perlahan-lahan dengan lebih banyak melibatkan mereka dalam kelompok atau aktivitas gereja.

 

3. Gali lebih dalam tentang pandangan mereka soal Yesus

Hal ini membantu untuk menggali lebih dalam apakah orang Kristen baru ini sudah benar-benar tahu tentang konsep keselamatan di dalam Yesus atau tidak.

Ini mungkin akan jadi PR yang butuh proses. Karena itu dibutuhkan kesabaran dan pengorbanan untuk membawa mereka semakin bertumbuh di dalam Kristus.

4. Ajarkan tentang Alkitab

Mulailah memperkenalkan mereka tentang Alkitab. Cari tahu apakah mereka tahu soal Alkitab atau tidak. Jika tidak, jelaskanlah tentang apa itu Alkitab dan pesan penting di dalamnya.

 

Baca Juga: 4 Tokoh Alkitab yang Paling Taat Sama Tuhan, Belajar dari Mereka Yuk!

 

5. Dorong mereka untuk gabung dengan kelompok kecil

Mungkin dia datang karena seseorang membawanya ke gereja. Tapi pandanglah hal itu sebagai kesempatan untuk melihat satu jiwa akan dimenangkan bagi Tuhan. Dengan bergabung dalam kelompok kecil, orang Kristen baru ini bisa bertumbuh lebih baik dalam pemuridan.

6. Bantu mereka untuk menemukan tempat dimana mereka bisa merasa nyaman

Kalau ternyata kamu kurang bisa memenuhi kebutuhannya, carilah pemimpin lain yang lebih berkompeten. Tapi pastikan juga kalau dia akan merasa nyaman dengan seseorang yang kamu kenalkan.

7. Pastikan dia terlibat aktif di dalam kelompok kecil

Hal ini sangat penting mengingat bahwa orang Kristen hanya akan bisa bertumbuh ketika mereka terlibat dalam komunitas. Karena itu penting untuk memastikan orang Kristen baru yang sedang kamu bimbing ikut terlibat aktif dalam kelompok kecil.

8. Sampaikanlah tentang praktik baptisan

Ada banyak orang Kristen baru yang akan mulai merasa ragu setelah mendengar kata ‘baptisan’. Tapi gak perlu kuatir, dalam menangani orang Kristen baru kita hanya perlu mengamati pertumbuhan imannya lebih dulu. Pastikan bahwa kamu hanya akan menyampaikan tentang hal ini setelah dia punya pandangan yang benar soal injil.

 

Baca Juga: 8 Ajaran Yesus Tentang ‘Kasih’ Terhadap Sesama

 

9. Doronglah orang Kristen baru untuk mengundang teman atau keluarganya ke gereja

Sampaikanlah perlahan-lahan kepada mereka kalau mereka juga bisa mengajak teman atau keluarga mereka untuk datang ke gereja.

Tapi hal ini bisa kamu lakukan setelah memastikan mereka sudah nyaman dengan gereja dan orang-orang di dalamnya.

Dengan cara-cara inilah kita bisa menjangkau lebih banyak lagi orang untuk dimuridkan di dalam Yesus. Jadi, jangan pernah menyia-nyiakan satu jiwa yang dibawa di dalam gereja. Karena bagi Tuhan mereka berharga dan punya hak yang sama untuk mengalami pertumbuhan sama seperti yang lain.

 


Kamu diberkati dengan artikel-artikel kami? Mari dukung kami untuk terus menghasilkan konten-konten terbaik di website ini dengan menjadi mitra Jawaban.com. 

Buat kamu yang tergerak untuk bergabung yuk.

 

DAFTAR DI SINI

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami