Bukan Hanya Olahraga, Rusun PON Papua Juga Diizinkan Untuk Kegiatan Keagamaan Lho…

Bukan Hanya Olahraga, Rusun PON Papua Juga Diizinkan Untuk Kegiatan Keagamaan Lho…

Lori Official Writer
509

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan siap mengeluarkan anggaran sebesar Rp 330.4 miliar untuk pembangunan 15 rumah susun (rusun) di Provinsi Papua.

Rusun ini rencananya akan difungsikan untuk persiapan sarana akomodasi pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021. 

“Sebanyak 15 tower rumah susun di Papua tersebar di tiga wilayah, yakni Kabupaten Jayapura (5 tower), Kabupaten Merauke (5 tower), dan Kota Jayapura (5 tower),” ungkap Plt Direktur Rumah Susun Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Maryoko Hadi.

Meskipun pembangunan rusun ini diperuntukkan secara khusus untuk penyambutan PON XX Tahun 2021, namun Maryoko menegaskan jika rusun ini juga nantinya akan diizinkan dipakai oleh ASN, TNI/POLRI, pelajar/Mahasiswa serta berbagai kalangan keagamaan seperti santriwan/santriwati dan juga jemaat gereja.

“Rusun tersebut nantinya juga akan diperuntukkan bagi ASN, TNI/POLRI, pelajar/mahasiswa, santriwan/santriwati, serta jamaat gereja setelah pelaksanaan PON XX Papua Tahun 2021,” terangnya.

 

Baca Juga: Gereja Terdalam di Dunia Rupanya Ada di Papua Loh! Begini Bentuknya…

 

Proses Pembangunan

Maryoko menegaskan jika pembangunan rusun ini dipastikan akan berjalan dengan baik. Karena itu dibutuhkan koordinasi antara Kementerian PUPR, pemerintah daerah setempat dan juga Panitia Besar (PB) PON Papua sebagai pihak penyelenggara.

Selain bangunan rusun, Kementerian PUPR juga akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 21.6 miliar untuk berbagai kelengkapan dalam ruang. Seperti pendingin ruangan, area parkir dan juga pagar keliling rusun sebagai jaminan keamanan bagi para atlet PON yang tinggal di sana.

“Selain bangunan rusun, Kementerian PUPR juga menganggarkan Rp 21,6 miliar untuk Dukungan Peningkatan Bangunan dan Peningkatan Kualitas Bangunan berupa pemasangan pendingin ruangan, area parkir dan pagar keliling demi kenyamanan dan kemanan para atlet dan official sehingga bangunan tersebut siap digunakan,” tambah Maryoko.

Seperti diketahui, PON XX Papua Tahun 2021 merupakan ajang olahraga nasional yang tahun ini diadakan di Papua pada September-November 2021 mendatang. 

PON akan memakai Stadion Utama Papua Bangkit sebagai lokasi kegiatan, termasuk pembukaan maupun penutupan acara olahraga ini.

“Kami berharap pembangunan rusun dapat memberikan kelancaran proses pelaksanaan PON XX Tahun 2021 dan mampu mengurangi angka backlog perumahan di Provinsi Papua,” kata Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Papua I Faisal Soedarno.

 

Baca Juga: Salib Ditaruh Dalam Tempayan, Keunikan Tersendiri Dari GKI Ararat Papua

 

Semoga pembangunan rusun ini tepat sasaran dan anggaran yang ada dipergunakan sesuai dengan kebutuhannya ya. Dan kita juga berharap rusun ini bisa semakin mendukung kegiatan keagamaan yang ada di Papua. 

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami