Pacarmu Tak Seperti Kriteriamu? Jangan Kecewa Ya Girls, Lihat Dia Dari 2 Sudut Pandang Ini
Sumber: canva.com

Single / 1 June 2021

Kalangan Sendiri

Pacarmu Tak Seperti Kriteriamu? Jangan Kecewa Ya Girls, Lihat Dia Dari 2 Sudut Pandang Ini

Puji Astuti Official Writer
4272

Mungkin beberapa orang punya daftar kriteria seperti apa calon suami idamannya, bahkan sebagai orang Kristen dia telah mendoakannya selama beberapa waktu lamanya. Namun kenyataan yang di depan mata, Tuhan pertemukan dengan seorang pria yang mungkin tidak memiliki satupun kriteria yang ia buat.

Jangan kecewa dulu ya girls.. It’s ok kalau kriteriamu ngga ada di dalam dirinya. Ini adalah waktunya kamu mengenal dia lebih lagi, dan berdoa untuk menguji apakah memang dia adalah “Mr. Right” yang Tuhan pilihkan untuk kamu. Namun, kamu juga perlu  memperbaiki sudut pandangmu, karena jangan-jangan kriteria yang kamu buat salah.

1# Kamu ingin pria yang “jelas arah hidupnya”, tapi dia nge-flow hidupnya

Anak muda memang punya banyak impian, terlebih milenial saat ini. Namun dibandingkan generasi sebelumnya yaitu baby boomer yang sangat konsisten mengejar karir, para milenial lebih kreatif dalam menggapai mimpi. Banyak anak milenial tidak suka dengan kerja kantoran, lebih suka kerja free lance atau bahkan usaha sendiri walau kecil-kecilan.

Kalau pacarmu seperti itu, jangan kuatir, kalau kamu baca di Alkitab banyak pria-pria seperti itu juga. Bayangkan kalau kamu jadi Sara, dia mendengarkan bahwa Abraham mendapatkan suara Tuhan untuk pergi ke sebuah negeri yang mereka belum ketahui. Cuma berdasarkan janji Tuhan itu, Abraham mengajak seluruh keluarganya pergi tanpa tujuan kordinat yang pasti. Bukankah itu cukup menakutkan?

Atau kalau kamu ketemu Yusuf muda yang ganteng, dan dia jatuh cinta padamu, dia akan berkata kepada, “Hai, aku Yusuf. Aku dapat mimpi bahwa aku akan jadi pemimpin dalam keluargaku. Tapi sekarang kerjaku jadi budak, mau ngga kamu jadi pacarku?”

Kira-kira kamu mau terima dia ngga?

What? Kamu ganteng sih, tapi masa depanmu suram, apa lagi kamu budak. Ngga ah..” Mungkin itu tanggapanmu waktu itu. Tapi kalau kamu merespon seperti ini, bisa jadi kamu menyesal ke depan nanti.

Karena pada akhirnya, baik Abraham dan Yusuf menggenapi rencana Tuhan dalam hidupnya bukan?

Baca juga: Soal Jodoh, Perlu Dicari Atau Nanti Datang Sendiri?

Nah, solusinya agar kamu bisa menilai seorang pria yang berpotensi menjadi pasangan hidupmu dengan benar  adalah dengan mengenalnya lebih jauh, apakah dia orang yang dekat dengan Tuhan dan bersedia dituntun oleh Tuhan, seperti Abraham dan Yusuf, atau tidak. Jadi standarnya bukan apa yang terlihat di depan mata ya, tapi bagaimana hubungan pria itu dengan Tuhan, sebab itu yang akan menentukan masa depannya dan juga masa depanmu.

Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah. ~ Roma 8:14

2# Kamu mengharapkan pasanganmu memiliki kriteria seperti Amsal 31

Ya, kamu ngga salah dengar, kita mengharapkan pasangan kita memiliki kriteria yang ada di Amsal 31:10-21. Kita menetapkan standar bagi dia sama seperti standar yang harusnya kita penuhi.

Kita mengharapkan seorang suami yang memberi kita keuntungan (11), yang berbuat baik selamanya kepada kita (12). Kamu mengharapkan dia adalah orang yang rajin bekerja (13), seorang chef yang hebat dan pengatur rumah tangga yang baik (14-15).

Kamu juga berharap dia adalah seorang entrepreneur yang ulet dan berhasil (16-18). Selain itu ia suka menolong dan baik hati (20). Kamu juga mengharapkan dia orang yang bijaksana, cerdas, dan seorang yang positif tentang masa depan (25-26), dan daftar ini masih panjang lagi.

Daftar ini bagus bukan? Ya, tentu saja. Apakah salah mengharapkan demikian? Tentu tidak.

Namun Tuhan mau agar kita tidak menuntut orang lain untuk menjadi seperti itu, Tuhan ingin kita yang menjadi seperti yang tertulis di Amsal 31 ini.

Yang salah adalah sikap menuntut kita dan bagaimana kita menerapkan standar untuk orang lain yang belum tentu kita sudah bisa penuhi. Bukankah kita menetapkan standar ganda kalau begitu.

Tunjukkanlah bahwa kamu adalah wanita yang patut dikagumi dan memiliki karakter Kristus, dan percayalah bahwa ada pria yang akan melihat bahwa kamu adalah harta yang berharga yang lebih mahal dari permata (Amsal 31:10). 

Baca juga: Suka Tapi Gak Berani Mulai Percakapan, 9 Tips Ini Bisa Bantu Kamu Kok!

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami