Indahnya Penampakan Terowongan Penghubung Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Ini

Indahnya Penampakan Terowongan Penghubung Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Ini

Lori Official Writer
3622

Pembangunan terowongan penghubung Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral Jakarta memang sudah dimulai sejak 15 Desember 2020. Kabar baiknya, terowongan ini akan rampung pada 13 Juni 2021 mendatang. 

Di bawah tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), pengerjaannya dilakukan sepenuhnya oleh PT Waskita Karya, manajemen konstruksi PT Virama Karya dan perencana PT Yodya Karya.

 

Konsep Design Terowongan

Terowongan ini memiliki total luas 339.97 m² dengan panjang 33.8 meter, tinggi 3 meter dan lebar 4.5 meter. 

Untuk jarak terdekat pintu masuk terowongan dengan Gereja Katedral sekitar 32 meter dan dengan gerbang masuk Masjid Istiqlal adalah 16 meter.

Arsitektur terowongan ini dibuat dengan gaya menggunakan material transparan supaya kecantikan arsitektur kedua rumah ibadah ini tidak tertutup.

Untuk bagian interior terowongan dilengkapi dengan konsep desain pilar berulang dengan bahan dari marmer dan dilengkapi dengan railing sebagai simbol jabat tangan. Selain itu, terowongan ini juga dilengkapi dengan ramp atau lift dan difable lift sebagai fasilitas yang bisa digunakan oleh publik.

Jadi tak heran jika dana yang dihabiskan untuk pembangunan terowongan ini bisa berkisar sampai Rp 37.3 miliar.

 

Baca Juga: Bikin Takjub! Jokowi Setuju Ada Terowongan Antara Masjid Istiqlal & Gereja Katedral Loh

 

Fungsi Terowongan

Pembangunan terowongan yang menghubungankan dua rumah ibadah beda agama ini merupakan arahan Presiden Joko Widodo. Lokasi keduanya yang berhadapan dianggap sebagai ikon kebhinekaan yang perlu dilestarikan.

Karena itulah terowongan ini akan dihiasi dengan galeri diorama yang menceritakan hubungan toleransi antarumat beragama di Indonesia. Diorama ini akan dibuat dalam bentuk relief dan digital. 

Semangat toleransi ini juga akan diperlihatkan di depan pintu masuk terowongan. Di sana akan dibuat kutipan mengenai pentingnya silaturahmi dari kedua sisi agama.

 

Baca Juga: Makin Akur dan Bikin Hati Teduh, Surabaya Bangun Enam Rumah Ibadah Berdampingan Ini Loh…

 

Selain sebagai ikon kebhinekaan, terowongan ini juga dinilai berfungsi sebagai fasilitas bagi pengunjung kedua rumah ibadah. Jika biasanya jemaat Gereja Katedral yang memarkirkan kendaraan di halaman Masjid Istiqlal harus menyebrang, maka keberadaan terowongan ini akan sangat membantu jemaat Katedral menyeberang lebih mudah.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami