Usia 25 Tahun Harus Punya 100 Juta? Bisa Sih Asal Rajin Lakuin 5 Hal Ini…
Sumber: The Motley Fool

Finance / 27 May 2021

Kalangan Sendiri

Usia 25 Tahun Harus Punya 100 Juta? Bisa Sih Asal Rajin Lakuin 5 Hal Ini…

Lori Official Writer
3638

Usia jadi salah satu standar dari tingkat kesuksesan seseorang. Usia 25 tahun dianggap sebagai masa-masa seseorang sudah mencapai kebebasan secara finansial. Salah satunya harus punya tabungan Rp 100 juta. 

Tapi apakah standar ini sudah ideal bagi yang berusia 25 tahun? Penulis dan juga komika Raditya Dika menilai punya Rp 100 juta di usia 25 tahun bukanlah hal yang mustahil kalau dibuat dengan perhitungan yang tepat.

Salah satu cara yang dia anjurkan adalah dengan berinvestasi sejak remaja. “Investasi Rp 1.390.000 per bulan dari umur 20 tahun di instrumen yang menghasilkan expected return 7% per tahun seperti reksadana pendapatan tetap (bandingkan kalau Cuma nabung biasa, butuh nabung Rp 1.670.000 per bulan),” tulis Raditya di Twitter-nya.

Radit menilai pencapaian di usia 25 tahun itu ditentukan dari rencana keuangan yang dimulai sejak usia remaja. Misalnya, meningkatkan penghasilan dan mencari uang sebanyak-banyakannya di usia 20-an. Lalu meminimalisir pengeluaran dengan mengubah gaya hidup.

Untuk memastikan hal itu tidak jadi beban, Radit memotivasi anak muda berusia 25 tahun yang belum punya uang sebanyak itu.

“Jangan berkecil hati dengan pencapaian orang lain. Enggak semua orang hidup dari standar yang sama. Masing-masing punya waktu sendiri. Sabar dan terus bekerja dengan cerdas (enggak melulu harus keras),” ucapnya.

Perlunya Pengelolaan Keuangan

Punya uang di usia muda mungkin jadi pencapaian besar. Tapi setiap orang menjalani proses berbeda-beda. Sehingga patokan pencapaian di usia tertentu gak bisa diberlakukan secara pukul rata ke semua orang.

Seenggaknya, kita hanya perlu menyadari bahwa pengelolaan keuangan sejak usia muda jadi cara untuk mencapai kebebasan finansial lebih awal. 

Lalu apa saja hal yang perlu dilakukan untuk bisa mengelola keuangan dengan baik? Yuk lakuin 5 hal ini:

1. Periksa posisi keuanganmu

Salah satu alasan banyak anak muda selalu kehabisan uang adalah karena mereka gak yakin kemana perginya semua uang yang mereka hasilkan. 

Supaya gak lagi bergelut dalam persoalan ini, anak muda perlu tahu posisi keuangannya. Aturan pertama untuk mencapai kebebasan finansial adalah selalu memeriksa posisi keuanganmu.

“Belilah kebenaran dan jangan menjualnya; demikian juga dengan hikmat, didikan dan pengertian.” (Amsal 23: 23)

2. Buat rencana pengeluaran

Tanpa mengendalikan pengeluaran, sebesar apapun penghasilan seseorang pasti akan habis juga tanpa menyisakan tabungan. 

Jadi supaya kebebasan finansial anak muda tercapai lebih cepat, rajinlah menyusun rencana pengeluaran. Dengan rencana ini pengeluaran bisa diatur dengan baik. 

“Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan.” (Amsal 21: 5)

 

Baca Juga: Apa yang Sebenarnya Yesus Katakan tentang Uang?

 

3. Bersyukur dengan apa yang kamu punya

 

 

BACA SELANJUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami