#FaktaAlkitab: Ditemukan Makam dan Tulang Belulang Yesus?

#FaktaAlkitab: Ditemukan Makam dan Tulang Belulang Yesus?

Lori Official Writer
859

Kisah mengenai kematian dan penguburan Yesus dicatat dalam kitab Injil. Penguburan atau Pemakaman Yesus Kristus terjadi segera setelah kematian-Nya akibat disalib. Waktu kematianNya diperkirakan terjadi antara pukul 3 hingga 6 sore, sebelum matahari terbenam. Sesuai catatan kitab-kitab Injil dalam Perjanjian Baru Alkitab Kristen, Yesus ditempatkan dalam kubur baru milik Yusuf dari Arimatea.

 

Dikubur di Tanah Murid Yesus

Injil Matius, Markus, Lukas dan Yohanes mencatat bahwa menjelang malam, sebelum matahari terbenam, Yusuf dari Arimatea dengan inisiatifnya sendiri meminta Gubernur Pontius Pilatus untuk menyerahkan mayat Yesus kepadanya agar dikuburkan. Yusuf ini dikenal sebagai orang kaya (Mat. 27: 57), berasal dari kota Arimatea yang diduga Ramataim-Zofim. Yusuf bukanlah orang sembarangan, ia adalah seorang anggota Majelis Besar yang terkemuka, yang juga menanti-nantikan Kerajaan Allah (Mark. 15: 43). Yusuf juga seorang yang baik dan benar, yang tidak setuju dengan putusan dan tindakan Majelis untuk menghukum mati Yesus (Lukas 23: 50-51). Yusuf sebenarnya sudah menjadi murid Yesus, tetapi sembunyi-sembunyi karena takut kepada orang-orang Yahudi (Yohanes 19:38)

Setelah mendapat izin dari Pilatus, Yusuf dari Arimatea pergi memberi kain lenan yang putih bersih, kemudian menurunkan mayat Yesus dari kayu salib (Mark. 15:46).

Nikodemus, yang pernah mendatangi Yesus pada malam hari (Yoh. 3: 1), juga datang bersama Yusuf. Nikodemus membawa campuran minyak mur dengan minyak gaharu, kira-kira lima puluh kati beratnya. Yusuf dan Nikodemus mengapani mayat Yesus dengan kain lenan dan membubuhinya dengan rempah-rempah menurut adat orang Yahudi dalam menguburkan mayat.

“Mereka mengambil mayat Yesus, mengapaninya dengan kain lenan dan membubuhinya dengan rempah-rempah menurut adat orang Yahudi bila menguburkan mayat.” (Yohanes 19: 40) 

Dekat tempat di mana Yesus disalibkan ada suatu taman dan dalam taman itu ada suatu kubur baru yang belum pernah dipakai. Injil Matius 27: 60 mencatat bahwa kubur itu milik Yusuf dari Arimatea, yang digalinya di dalam bukit batu.

 

Baca Juga: Disebut Bukit Tengkorak, Golgota Juga Calvary, Ini Fakta Alkitab Soal Tempat Yesus Disalib

 

Kubur Yesus Dalam Pengakuan Iman Kristen

Rasul Paulus mengikutsertakan penguburan dalam tulisan imannya yang ditulis dalam surat Korintus: "Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci, bahwa Ia telah dikuburkan, dan bahwa Ia telah dibangkitkan, pada hari yang ketiga, sesuai dengan Kitab Suci" (1 Korintus 15:3-4). Ini merupakan pengakuan iman yang mula-mula.

Dalam Pengakuan Iman Rasuli, disebutkan bahwa Yesus “mati dan dikuburkan”. Katekismus Heidelberg yang merupakan pedoman pengajaran agama dan kitab pengakuan iman Gereja-gereja Calvinis yang berbahasa Jerman dan Belanda memuat pertanyaan "Mengapa Dia dikuburkan?" dan jawaban "Supaya dengan demikian ditegaskan bahwa Dia telah benar-benar mati”. 

Sementara Katekismus Gereja Katolik menyatakan bahwa, "Keadaan Kristus yang mati ini adalah misteri pemakaman dan turun ke dalam kerajaan maut. Itulah misteri Sabtu Agung, di mana Kristus diletakkan dalam makam masuk dalam istirahat Sabat Allah yang besar, setelah Ia menghasilkan keselamatan manusia dan mendamaikan semesta alam. Dan tinggalnya Kristus dalam makam merupakan hubungan nyata antara keadaan Kristus yang dapat menderita sebelum Paskah dan keadaan-Nya yang sekarang yang dimuliakan sebagai yang telah bangkit".

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA -->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami