Hidup Tanpa Roh Kudus Ibarat Kapal Tanpa Angin

Hidup Tanpa Roh Kudus Ibarat Kapal Tanpa Angin

Lori Official Writer
      1135

Wahyu 1: 10

Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring, seperti bunyi sangkakala

 

 

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 131; 2 Korintus 4; 1 Samuel 28-29

Charles Spurgeon pernah berkata, “Tanpa Roh seperti kapal tanpa angin, ranting tanpa getah, dan seperti bara api tanpa api, kita tidak berguna.”

Yohanes sendiri hidup dalam Roh dan mendengar suara Tuhan, nyaring seperti terompet. Tinggal dalam Roh adalah ungkapan yang digunakan untuk menggambarkan pertemuan antara kuasa supernatural dan Tuhan dalam hidup kita dan hal ini sering digambarkan di dalam Alkitab.

Roh yang memimpin Simeon, mengungkapkan kepadanya bahwa dia tidak akan mati sampai dia melihat Yesus (Lukas 2: 26-27). Roh sendiri yang memenuhi Yosua, lalu kemudian memperlengkapi dia untuk memimpin orang Israel masuk ke Tanah Perjanjian (Bilangan 27: 18).

Roh Tuhan yang memenuhi Bezaleel sehingga dia mampu menciptakan bentuk Kemah Suci yang indah (Keluaran 31: 2-5). Begitu juga sepanjang pelayanan Yesus dipimpin sepenuhnya oleh Roh Kudus.

Sebelum Yesus mati, Dia menjanjikan kepada murid-murid-Nya seorang penghibur yaitu Roh Kudus. Penghibur akan menggantikan kehadiran fisik Yesus.

 

Baca Juga: 17 Peran Penting Roh Kudus Dalam Hidup Orang Percaya

 

Dalam bahasa Yunani, pribadi penghibur ini dikenal sebagai paraclete, hadir di antara kita untuk membantu kita. Hal terakhir yang Yesus sampaikan kepada murid-murid-Nya adalah, “…tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.” (Yohanes 14: 26)

Roh Kudus hadir di antara kita waktu kita membutuhkan Dia. Kehadiran-Nya adalah cara Tuhan untuk memberitahu kita bahwa Dia akan selalu bersama-sama dengan kita. Orang Kristen hidup dan berjalan dalam Roh.

Setiap momen dalam hidup kita adalah kesempatan untuk mendengar Dia. Waktu kamu digerakkan oleh Roh, seperti Yohanes, bersedialah untuk mendengar dan menaatinya.

Mari berdoa:

Bapa Surgawi, aku bersyukur karena Engkau sudah jadi Bapa bagiku. Engkau begitu baik bagiku sehingga Engkau rela meninggalkan pribadiMu, Roh Kudus tinggal bersama-sama dengan kami. 

Roh Kudus datang memenuhi kami, memimpin kami, melindungi kami, membimbing kami dengan cara yang tidak pernah kami pikirkan.

Aku bersyukur atas karunia Roh Kudus-Mu. Kiranya aku bisa jadi saksi yang bisa Engkau pakai lewat Roh-Mu yang tinggal di dalam aku. 

Dalam Nama Tuhan Yesus. Amin.

 

Apakah kamu ingin mendapatkan akses kepada Roh Kudus setelah menyerahkan dirimu secara pribadi kepada Yesus? Hari ini, bangunlah hubungan yang semakin intim dengan Dia supaya kamu bisa mengenal Roh Kudus dalam hidupmu.

 

Hak cipta Beloved Women Devotional, disadur dari Crosswalk.com

Ikuti Kami