Bangun Kepekaan & Interaksi Sosial Anak Dengan Cara Ini.

Bangun Kepekaan & Interaksi Sosial Anak Dengan Cara Ini.

Puji Astuti Official Writer
5357

Ketika anak-anak memasuki dunia sekolah, dia perlu belajar menjadi mandiri. Bersamaan dengan itu, dia juga perlu belajar peka terhadap orang lain, baik gurunya atau temannya. Di sinilah pentingnya melatih kepekaan sosialnya atau melatih kemampuannya dalam berinteraksi dengan orang lain. Beberapa poin penting untuk melatih kepekaan sosial anak-anak antara lain:

  • Membiasakan untuk peduli atau berbagi dengan orang lain di sekolah, misalnya menemani anak menghadiri undangan ulang tahun temannya atau menjenguk yang sakit. Hal ini akan mengembangkan rasa empatinya.
  • Melatih anak untuk mendukung kemajuan temannya atau mendorongnya  untuk belajar dari kelebihan teman, contohnya menyaksikan teman yang  tampil di panggung atau memfasilitasi kemajuan saudaranya di kampung
  • Berkomunikasi secara efektif. Artinya bagaimana mengungkapkan perasaan secara sopan, jelas, dan beralasan, bukan ngambek atau marah-marah
  • Mendengarkan pendapat orang lain. Tidak langsung menyela, memprotes, atau keinginannya saja yang selalu didengar.
  • Menepati janji. Sederhana, tapi sikap ini membiasakan anak-anak untuk tidak mengecewakan orang lain.
  • Mempraktekkan sopan santun, kasih sayang terhadap yang lebih kecil dan hormat terhadap yang lebih tua.
  • Melatih anak untuk bisa melihat secara objektif sisi positif dan sisi negatif orang lain secara adil.

Satu hal yang perlu diingat oleh para orang tua, anak-anak tidak akan bisa menangkap apa yang Anda ajarkan jika Anda tidak “menghidupinya”. Jika Anda ingin hal ini berlaku pada anak anda, sebaiknya segera lakukan juga hal itu dalam hidup anda. Tunjukkan sikap kepedulian Anda terhadap orang lain sekarang juga. Mari wariskan sikap peduli kita kepada anak-anak kita dan bersama kita buat perubahan di negeri ini.

 

Baca juga: 

7 Hal yang Perlu Dipersiapkan Parent Sebelum Antar Anak ke Sekolah

2 Ayat Penting Bagi Orangtua, Sebuah Pengingat Untuk Terus Mengasihi & Mengampuni

 

Sumber : www.sahabatnestle.co.id
Halaman :
1

Ikuti Kami