Bingung Cari Sekolah Anak, Simak Tips Berikut Ini!
Sumber: unsplash

Parenting / 12 July 2023

Kalangan Sendiri

Bingung Cari Sekolah Anak, Simak Tips Berikut Ini!

Naomii Simbolon Official Writer
4261

Bagi beberapa orangtua mencari sekolah bagi si kecil bukan perkara mudah. Biaya serta lokasi sekolah nggak cuma dua hal yang harus dipertimbangkan, bahkan sekolah yang punya nama atau ternama juga belum tentu bisa menjamin si kecil cocok atau nggak.

Nah, di bawah ini ada beberapa hal yang orangtua bisa lakukan untuk mempermudah mencari sekolah buat si kecil:

 

1.  Mengevaluasi kepintaran si anak

Setiap anak memiliki kepribadian yang unik. Oleh karena itu, ada baiknya bagi orang tua untuk secara rutin mengevaluasi kepintaran si anak sebelum memutuskan sekolah mana yang akan menjadi rumah keduanya.  Evaluasi ini bisa dilakukan setiap tahun untuk mengetahui tumbuh kembang si anak.  Selain lebih memahami kelebihan anak, orang tua juga bisa dengan terus menstimulasi kepintarannya.

 

Baca Juga: Doa Adalah Berkat, Berkati Anak-anakmu Dengan 10 Ayat Alkitab Ini (Part 1)

 

Secara garis besar, ada tiga aspek kepintaran anak yang perlu diketahui oleh orang tua, yaitu:

Pertama, kepintaran akal atau disebut juga kepintaran mental. Maksudnya adalah, apakah si anak mampu berkomunikasi dengan baik, memecahkan masalah, kritis, serta berpikir jernih? Untuk ini, orangtua menstimulasi kemampuan bahasa, alam, visual, dan logika matematika anak.

Kedua, kepintaran fisik bisa distimulasi secara efektif dengan melakukan berbagai permainan. Pada umumnya anak suka dengan permainan. Rasa percaya diri dan kreatif akan muncul bila kepintaran fisik distimulasi. Jangan lupakan juga pola makan serta istirahat yang cukup ya mom!

Ketiga, kepintaran sosial akan memperlihatkan seberapa besar anak  mampu mengelola emosinya dan berinteraksi yang baik dengan sekitarnya. Bagaimana cara anak belajar berbagi, mengatasi konflik dengan temannya, mengungkapkan perasaannya, dan lain sebagainya.

 

2. Buat Daftar Sekolah Pilihan

Bila orang tua sudah mengevaluasi tiga hal kepintaran si anak di atas, mulailah membuat daftar sekolah yang dipilih. Pilihlah sekolah yang dibutuhkan anak berdasarkan kepintarannya. Contohnya, anak yang menyukai seni mungkin akan kurang cocok bila bersekolah di sekolah yang banyak kegiatan olahraga.

 

Baca Juga:  Inilah Doa Orangtua Untuk Keselamatan Anak di Sekolah

 

Bisa jadi, sulit untuk mendapatkan sekolah yang benar-benar memenuhi kriteria baginya. Bila hal itu terjadi, pilihlah sekolah yang paling mendekati prioritas dari tiga kepintaran si anak tersebut. Bila si anak lebih dominan dengan kepintaran sosial, carilah sekolah yang memiliki banyak aktivitas salah satunya adalah dengan bermusik.

 

3. Kunjungi Beberapa Sekolah yang Dipilih

Menjelang tahun ajaran baru, beberapa sekolah biasanya mengadakan open house. Kalaupun tidak ada open house, orang tua sebaiknya tetap mengunjungi sekolah yang akan dipilih. Hanya mendengar rekomendasi dari berbagai orang serta mencari tahu melalui website sekolah yang bersangkutan belumlah cukup. Mengunjungi sekolah yang dipilih adalah hal yang sangat penting.

Dengan mengunjungi sekolah yang akan menjadi pilihan, orang tua bisa mengamati secara langsung lingkungan sekolah tersebut. Amati kegiatan belajar dan mengajar di sana. Seperti apa interaksi antara guru dan para siswa di kelas? Apakah dinding kelas penuh dengan karya kreatif para siswa atau hanya berisi nilai akademis saja? Bertanya dan berbicaralah dengan beberapa staff sekolah.

Jangan lupa untuk mengajak anak. Amati ekspresinya sejak dalam perjalanan dari rumah menuju sekolah hingga saat di sekolah. Apakah lokasinya cukup membuatnya nyaman (tidak membuatnya lelah karena kejauhan)? Apakah dia langsung menyukai calon sekolahnya atau malah sama sekali tidak tertarik?

Beberapa sekolah juga ada yang menawarkan trial selama satu hingga beberapa hari bagi (calon) siswanya. Sebaiknya jangan dilewatkan penawaran ini. Dengan mengikuti trial, orang tua bisa mengetahui dan mengamati bagaimana anak di sekolah. Apakah dia langsung betah atau tidak? Bagaimana para pengajar di sana menangani anak-anak yang belum langsung akrab dengan suasana sekolah?

Apa pun pendapat anak jangan diabaikan, ya. Pertimbangkan sebaik mungkin. Bagaimana pun, yang sekolah kan si anak dan tentulah dia harus merasa nyaman dengan sekolahnya.

 

4. Ikut Tes

Beberapa sekolah dasar, terutama swasta, biasanya mensyaratkan (calon) siswa untuk mengikuti tes masuk akademis dan psikotest. Persiapkan anak sebelum mengikuti tes tersebut. Hasil tes juga bisa menjadi bahan evaluasi apakah anak memang cocok dengan sekolah tersebut atau tidak.

 

Baca juga: Anak Masuk Tahun Ajaran Baru, Begini Dilema Ortu Soal Biaya Sekolah Sampai Cara Belajar

 

5. Realistis

Terkadang, orang tua tergoda untuk memilih sekolah berdasarkan pendapat banyak orang. Merasa sudah memilih sekolah terbaik bagi si anak hanya karena banyak yang berpendapat sekolah tersebut bagus. Padahal, apa yang menurut orang lain bagus, belum tentu bagus dan baik buat anak loh.  Cobalah untuk tetap realistis. Pertimbangkan banyak hal terutama kemampuan dan kebutuhan anak.. Jangan sampai anak menjadi tidak nyaman saat di sekolah.

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami