Soal Berdoa, Teladani 4 Sikap Yesus Ini Yuk!
Sumber: NIV Bible

Kata Alkitab / 28 April 2021

Kalangan Sendiri

Soal Berdoa, Teladani 4 Sikap Yesus Ini Yuk!

Inta Official Writer
20658

Doa adalah cara kita berkomunikasi dengan Tuhan. Untuk itu, doa adalah sebuah kebutuhan bagi orang Kristen untuk mendekatkan dirinya pada Bapa. Tak terkecuali dengan Yesus, lewat doa-doa yang tertulis dalam Alkitab, kita bisa melihat bahwa Yesus mengangungkan Bapa dan mengucapkan syukur kepadaNya (Yohanes 6:11). Ada banyak hal penting yang bisa kita pelajari dari cara Yesus saat berdoa.

1. Meluangkan waktu berdoa sendirian

Alkitab banyak menuliskan kalau Yesus sering berdoa bersama dengan murid-muridNya. Namun, Alkitab juga mencatat kejadian Ia berdoa seorang diri. Matius 14:23, "Dan setelah orang banyak itu disuruh-Nya pulang, Yesus naik ke atas bukit untuk berdoa seorang diri. Ketika hari sudah malam, Ia sendirian di situ."

Kita memang dianjurkan untuk berdoa bersama dengan orang percaya lainnya, tapi juga kita harus meluangkan waktu sendiri untuk berdoa secara pribadi dengan Tuhan.

"Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu." (Matius 6:6) 

2.  Mendoakan orang lain

Yesus adalah seorang pendoa syafaat. Meskipun dirinya berdoa bagi diriNya sendiri (khususnya pada malam sebelum Ia disalib), Ia juga tidak melewatkan untuk mendoakan orang lain. Yesus mendoakan murid-muridNya agar kuat menghadapi sehala sesuatu yang terjadi setelah kematianNya (Yohanes 17:9). Tidak hanya berdoa bagi orang-orang yang dikasihiNya, bahkan Yesus juga berdoa bagi orang-orang yang memusuhinya. Lebih luar biasanya lagi, saat di kayu salib, Yesus justru berdoa bagi mereka yang menyalibkanNya (Lukas 23:24).

 

Baca juga: Merasa Doa Nggak Didengar Tuhan?7 Ayat Ini Ungkapkan Kesalahan Kita Saat Berdoa

 

3. Punya waktu rutin untuk berdoa

Untuk urusan melayani, kita bisa katakan Yesus adalah pribadi yang sangat sibuk. Ia mendatangi banyak tempat untuk memberitakan pengajaranNya. Alkitab berulang kali mencatat bagaimana Yesus mundur sejenak untuk beristirahat dan meluangkan waktuNya bersama Bapa untuk berdoa. Lewat Lukas 5:12-15, 9:18, 11:1, jelas menunjukkan kalau Yesus berdoa secara rutin dan disiplin.

4.  Berserah pada kehendak Bapa

Yesus juga punya kehendakNya sendiri. Kendati demikian, Ia tetap tunduk pada kehendak Bapa atas hidupNya. Hal ini sangat jelas bisa kita lihat dalam doaNya di malam sebelum Ia akhirnya ditangkap dan disalibkan. Sebagai manusia, Yesus menyatakan kalau dirinya tidak mau menjalani salib.

"Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.”" (Matius 26:39)

5.  Berdoa dengan iman

Hal ini diajarkan Yesus kepada murid-muridNya. Matius 21:22, "Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya.” Yesus sangat yakin kalau setiap doaNya itu didengar oleh Bapa.

"Maka mereka mengangkat batu itu. Lalu Yesus menengadah ke atas dan berkata: “Bapa, Aku mengucap syukur kepada-Mu, karena Engkau telah mendengarkan Aku. Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.” (Yohanes 11:41-42)

Jadi, marilah kita mengikuti dan mempraktekkan teladan Yesus ini ketika sedang berdoa.

 

Baca Juga: 10 Alasan Kenapa Kita Harus Berdoa, Orang Kristen Harus Tahu!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami