7 Prinsip Alkitabiah untuk Mengatur Keuangan yang Wajib Diketahui Orang Kristen (Part 1)

7 Prinsip Alkitabiah untuk Mengatur Keuangan yang Wajib Diketahui Orang Kristen (Part 1)

Claudia Jessica Official Writer
830

Tahukah kamu bahwa lebih dari 2000 ayat Alkitab yang berbicara tentang keuangan? Dan 40% dari semua perumpamaan yang Yesus berhubungan dengan uang yang akan membantu untuk mengukur seberapa jauh kita memahami dalam mengatur dan mengelola uang yang Tuhan berikan kepada kita.

Berikut ini adalah 7 prinsip alkitabiah untuk mengatur keuangan yang perlu diketahui orang Kristen!

 

1. Berikan kepada mereka yang kurang beruntung

Amsal 19: 17 “Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi TUHAN, yang akan membalas perbuatannya itu.”

Setiap kali kamu memberi kepada orang-orang yang kurang beruntung, kamu tidak hanya memberi kepada mereka melainkan kepada Tuhan juga. Alkitab mengatakan setiap kali Tuhan melihat kamu melakukan hal ini, Dia akan membalas perbuatanmu. Amsal 21: 13 juga mengatakan, “Siapa menutup telinganya bagi jeritan orang lemah, tidak akan menerima jawaban, kalau ia sendiri berseru-seru.”

Jika Tuhan menunjukkan orang yang membutuhkan bantuan darimu, namun kamu memalingkan wajahmu, maka pada waktu kamu susah Tuhan mungkin saja tidak bermurah hati padamu. Amsal 9: 1 mengatakan, “Orang yang baik hati akan diberkati, karena ia membagi rezekinya dengan si miskin.”

Tuhan mau kita memiliki mata yang dermawan untuk bisa melihat kesempatan dimana kita bisa bermurah hati untuk membantu orang lain.

 

2. Investasi

Amsal 31: 16, “Ia membeli sebuah ladang yang diingininya, dan dari hasil tangannya kebun anggur ditanaminya.”

Ayat ini berbicara tentang seorang wanita yang pergi untuk mencari tempat yang bagus. Ia memeriksa lahan tersebut dengan sangat teliti sebelum membelinya. Kemudian ia menggunakan penghasilannya tersebut untuk berinvestasi dan mendapatkan hal-hal lainnya.

Hal ini juga tercatat dalam Pengkhotbah 11: 2 “Berikanlah bahagian kepada tujuh, bahkan kepada delapan orang, karena engkau tidak tahu malapetaka apa yang akan terjadi di atas bumi.”

Ayat ini menjelaskan dengan baik tentang hal berinvestasi untuk tidak menyimpan uang di satu tempat. Karena jika tempatmu berinvestasi mengalami kerugian dan kamu kehilangan uangmu, maka tidak semua investasimu sia-sia.

 

Halaman selanjutnya >>

 

Matius 25 mencatat perumpamaan tentang talenta dimana dua orang yang memiliki dua dan lima talenta mengembangkan dan melipatkan gandakan talentanya karena mereka mengelola dan mengurus apa yang telah Tuhan berikan kepada mereka.

Kuncinya adalah pastikan motivasimu untuk berinvestasi bukan untuk menjadi kaya melainkan menjadi lebih stabil secara finansial.

 

3. Terbebas dari hutang

Amsal 22: 7, “Orang kaya menguasai orang miskin, yang berhutang menjadi budak dari yang menghutangi.”

Sebelum kamu melunasi seluruh hutang-hutangmu, kamu akan selalu menjadi budak dari orang menghutangi. Tuhan mengatakan bahwa hal itu bukan keinginan-Nya. Mazmur 37: 21 mengatakan, “Orang fasik meminjam dan tidak membayar kembali, tetapi orang benar adalah pengasih dan pemurah.”

Meminjam uang dan tidak membayarnya kembali adalah hal jahat. Jadi jika kamu hanya menghabiskan uangmu tanpa pertimbangan dan mengumpulkannya, dan kamu semakin banyak berhutang, Alkitab mengatakan bahwa ini bukanlah kehendak Tuhan dalam hidupmu. Kamu perlu menggunakan uangmu untuk melunasi hutang.

 

4. Memberikan kepada pelayanan

Mungkin kamu merasa tidak percaya pada suatu pelayanan atau pada pelayannya itu sendiri namun, konsep ini sah dan selaras dengan Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. 

Dalam Perjanjian Lama terdapat dua cara untuk memberikan uang kepada pelayanan.

Pertama, Maleakhi 3: 8-10. Berbeda dengan Perjanjian Baru, perpuluhan dalam Perjanjian Lama merupakan mandat wajib yang harus diberikan meskipun mereka tidak ingin memberikannya. Namun yang kedua, Keluaran 35: 29 menyatakan setiap orang memiliki keinginan bebas dalam memberi perpuluhan. Konsep ini juga tertulis beberapa kali dalam Perjanjian Baru.

1 Korintus 9: 11 “Jadi, jika kami telah menaburkan benih rohani bagi kamu, berlebih-lebihankah, kalau kami menuai hasil duniawi dari pada kamu??

1 Korintus 9: 14 “Demikian pula Tuhan telah menetapkan, bahwa mereka yang memberitakan Injil, harus hidup dari pemberitaan Injil itu.”

Galatia 6: 6 “Dan baiklah dia, yang menerima pengajaran dalam Firman, membagi segala sesuatu yang ada padanya dengan orang yang memberikan pengajaran itu.”

Pertama dan yang terutama, kamu perlu memberikan sebagian uangmu kepada gereja local tempat kamu bertumbuh. Kemudian, kamu juga perlu memberi kepada tempat pelayanan yang membantu kamu bertumbuh secara spiritual.

 

Baca part 2, klik di sini!

 

Sumber : YouTube Allen Parr
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami