Ajarkan Anak Menabung Sejak Dini, Dengan Memperhatikan 4 Kriteria Penting Berikut
Sumber: hmongtimes

Finance / 25 April 2021

Kalangan Sendiri

Ajarkan Anak Menabung Sejak Dini, Dengan Memperhatikan 4 Kriteria Penting Berikut

Naomii Simbolon Official Writer
3761

Sebenarnya menabung adalah suatu kebiasaan, jadi jika kamu sudah dibiasakan untuk menabung sejak kecil, kemungkinan besar menabung sudah nggak sulit untuk dilakukan ketika sudah dewasa. Sayangnya, banyak orang yang menganggap bahwa menanamkan kebiasaan menabung sejak kecil adalah hal yang nggak penting, padahal justru pada masa kanak-kanak itulah masa yang paling krusial dalam menanamkan kebiasaan menabung.

Menurut Dawny Tahar selaku Country Head of Audi dari Standard Chartered Bank untuk Indonesia, sejak kecil orang tua sudah sering mengingatkan kita untuk rajin menabung karena dengan menabung, kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan. Meskipun sudah diingatkan berulang dari kecil, apakah kamu sudah pandai menabung saat ini?

Di usia anak-anak, mereka lebih mudah menerima pelajaran dari apa yang dikatakan  dan diteladankan orangtua dan sekelilingnya, dan karena masih belum tahu apa-apa, nilai-nilai yang sering ditanamkan pada masa anak-anak akan melekat kuat pada kehidupannya kelak. Jadi alangkah baiknya jika kamu mulai menumbuhkan kebiasaan menabung pada anak kamu sejak dini.

Menumbuhkan kebiasaan menabung bisa dimulai dari hal yang sederhana, seperti menabung di celengan yang dilakukan setiap hari atau setiap minggunya. Setelah mereka sudah cukup besar dan tabungan sudah mulai banyak, kamu bisa membukakan tabungan anak untuk mereka. Dengan memiliki rekening tabungan anak, mereka bisa lebih terpacu untuk menabung. Tapi sebelum membuka rekening tabungan anak, kamu harus memastikan bahwa kamu memilih yang tabungan anak yang terbaik. Karena setiap bank memiliki persyaratan yang berbeda-beda, maka kamu harus mencermati masing-masing kelebihan dan kekurangan dari tabungan tersebut.

Sebelum bisa memilih tabungan anak yang terbaik, kamu harus mengetahui kriteria apa saja yang bisa membuat sebuah tabungan anak menjadi yang terbaik. Berikut ini ada kriteria tabungan anak terbaik yang harus kamu ketahui.

1.  Jumlah setoran awal kecil


Layaknya membuka tabungan pada umumnya, ketika membuka tabungan anak, bank akan meminta sejumlah uang yang akan menjadi setoran awal. Jumlah setoran awal yang diminta umumnya pasti lebih kecil dari tabungan biasa, namun setiap bank memiliki perbedaan besaran setoran awal. Pilihlah bank yang meminta setoran awal dengan jumlah terkecil. Hal ini bertujuan agar setoran awal itu bisa dipenuhi dengan uang tabungan sang anak sendiri sehingga membuat mereka merasa bangga memiliki tabungan itu sendiri.

 

Baca juga: 4 Prinsip Ini, Dijamin Ampuh Bikin Anak Kamu Rajin Menabung Sedari Kecil!

 

2. Jumlah saldo minimum

Ada beberapa bank yang menetapkan berapa jumlah saldo minimum yang harus ada ditabungan dan ada juga yang nggak. Jadi sebaiknya kamu cari tahu tentang hal ini lebih  lanjut supaya nggak salah  langkah dan merugi. Biasanya bank yang memiliki ketetapan jumlah saldo minimum akan menagih biaya jika jumlah saldo anak kamu ada dibawah jumlah saldo minimum yang sudah ditetapkan oleh bank.

3. Persyaratan pengajuan mudah


Sebelum membuka tabungan anak, kamu akan diminta untuk melengkap persyaratan yang dibutuhkan. Lebih baik pilih bank yang memiliki persyaratan pengajuan mudah, tujuannya untuk memudahkan kamu saja. Kalau proses pengajuannya mudah, jadi kamu nggak perlu repot lagi. Biasanya persyaratan pengajuan yang diminta oleh bank adalah KTP orangtua, akte kelahiran anak, dan umur sang anak saat itu. Proses pembukaan rekening tabungan anak akan semakin mudah jika kamu sudah memiliki rekening di bank yang sama sehingga kamu nggak perlu membuka rekening baru.

 

Baca juga: Jangan Anggap Sulit. Ini Tips Jitu Bikin Kamu Menabung Menjadi Lebih Ringan

 

4. Buku tabungan atas nama anak

Seperti biasa, setelah memiliki rekening tabungan maka bank akan memberikan buku tabungan. Yang harus kamu perhatikan adalah atas nama siapakah buku tabungan itu. Sebenarnya hal ini nggak berpengaruh pada tabungannya, tapi jika buku tabungan tersebut diatas namakan anak kamu, itu akan menumbuhkan rasa bangga dan senang yang akhirnya berdampak pada kerajinan mereka dalam menabung.

Demikian 4 hal diatas perlu diperhatikan sebelum bikin tabungan anak. Ajarkan anakmu keuangan sejak dini dan itu sangat bermanfaat baginya di masa depan.

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami