Warga Israel Tak Lagi Wajib Pakai Masker, Pemerintah Sampaikan Alasan Ini…

Warga Israel Tak Lagi Wajib Pakai Masker, Pemerintah Sampaikan Alasan Ini…

Lori Official Writer
1952

Setelah setahun penuh berjuang melawan pandemi virus Covid-19, warga Israel tak lagi diwajibkan memakai masker saat berada di luar ruangan sejak April 2021. Ini bukan saja aturan dari pemerintah yang membebaskan warganya untuk kembali menjalani kehidupan normal, tetapi hal ini juga didukung dari kondisi Israel secara keseluruhan yang berhasil menekan jumlah kasus Covid-19 serta proses vaksinasi yang sudah mencapai separuh populasinya.

Kementerian Kesehatan Israel menyampaikan jika lebih dari 5.3 juta warga Israel sudah mendapatkan suntikan pertama vaksin mRNA Pfizer/BioNTech dan 4.9 juta lainnya sudah menjalani vaksinasi penuh. Dengan total populasinya yang hanya mencapai 9,3 juta, maka bisa disimpulkan bahwa sebanyak 80% warga, khususnya kaum dewasa, sudah menerima vaksin penuh. 

Hingga minggu ini, jumlah penambahan kasus Covid-19 yang dilaporkan di Israel hanya mencapai 105 kasus dari total yang dirawat sebanyak 2.586 kasus. Sepanjang pandemi, total kasus Covid-19 Israel mencapai angka 837.309 kasus dan 6.342 kematian. Awalnya, negara ini memang berjuang keras mengatasi pandemi. Tapi sekarang situasinya semakin membaik.

Meski begitu, aturan tak lagi wajib pakai masker ini masih tetap diberlakukan dalam situasi tertentu. Seperti anjurkan pemakaian masker saat menghadiri pertemuan besar dan tetap menjaga jarak sosial.    

 

Baca Juga: Umat Kristen Bantu Orang Yahudi Imigrasi ke Israel di Tengah Pandemi

 

Bukan hanya itu, Israel juga sudah mulai membuka sekolah sepenuhnya sejak resmi ditutup September 2020 silam. 

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sendiri berharap negaranya bisa menjadi pelopor dari keberhasilan vaksinasi dan pemulihan negara dari pandemi Covid-19.

“Kami memimpin dunia saat ini dalam hal keluar dari virus Corona. (Tapi) Kami masih belum selesai dengan virus Corona. (Kondisi) Itu bisa saja kembali,” kata Netanyahu.

 

Sydney dan Wuhan Ikuti Jejak Israel

Meskipun belum resmi, Sydney sebenarnya sudah mulai menerapkan aturan baru tidak....

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA -->

wajib pakai masker sejak awal tahun 2021 lalu. Namun aturan tersebut beberapa kali masih ditinjau. 

Namun secara resmi, sejak Rabu (24/3), Perdana Menteri Gladys Berejiklian mengumumkan pelonggaran aturan penggunaan masker. Warga akhirnya diberikan kebebasan untuk tidak wajib mengenakan masker saat menggunakan transportasi umum. Bukan hanya itu, tetapi aktivitas lain seperti pertemuan dan ibadah sudah diizinkan sepenuhnya.

Sama halnya dengan Israel, pemerintah Australia masih tetap menghimbau warganya untuk tetap mematuhi protokol jarak sosial dan kebersihan diri. 

“Jika Anda merasa tidak enak badan, Anda perlu menjalani tes dan tinggal di rumah. Tetap di rumah. Jangan pergi ke mana-mana. Karena kami perlu melakukan semua yang kami bisa saat kami melonggarkan pembatasan untuk memastikan kami menjauhkan virus saat menyebar ke komunitas,” kata Berejiklian.

Sementara Wuhan, kota asal mula kehadiran virus Covid-19 hampir sepenuhnya sudah kembali normal. Warga Wuhan tak lagi takut beraktivitas di luar ruangan. Mereka bahkan tak lagi takut menghadiri festival, pergi berlibur atau berakhir pekan. 

“Meskipun kami harus menghadapi cobaab berat, semua masalah itu sudah lenyap sekarang. Kehidupan di kota kembali normal,” kata Dr Anila P Ajayan.

 

Baca Juga: Setelah UEA dan Bahrain, Giliran Sudan Bakal Merapat ke Israel

 

Giliran India Berjuang Hadapi Covid-19 

Sementara Israel dan Australia sudah memulai kehidupan normalnya, saat ini India malah sedang berjuang menghadapi Covid-19 yang semakin parah.

Sebagaimana diberitakan, kasus Covid-19 India tembus 295.000 dalam 24 jam. Sementara angka kematian mencapai 2000 per hari.

Perdana Menteri India Narendra Modi menyampaikan kondisi krisis yang dialami negaranya.

“Situasinya terkendali hingga beberapa minggu lalu, dan gelombang kedua corona ini datang seperti badai,” ungkap Modi.

Sementara di Indonesia, kita bisa melihat perkembangan yang semakin membaik. Proses vaksinasi sendiri terus dilakukan secara bertahap. Harapannya, Indonesia juga bisa mengikuti jejak Israel, Australia dan negara-negara lain yang sudah memulai langkah awal menuju kehidupan normal.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami