9 Hari di NTT, CBN-OBI Setia Lakukan Pelayanan Membantu Korban Bencana

9 Hari di NTT, CBN-OBI Setia Lakukan Pelayanan Membantu Korban Bencana

Claudia Jessica Official Writer
461

Sudah 9 hari lamanya tim CBN-OBI berada di Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk membantu saudara kita yang terdampak bencana. Banjir bandang, tanah longsor, dan badai seroja mengakibatkan kerusakan yang sangat parah.

Selama 9 hari, tim CBN-OBI memberikan bantuan berupa sembako dan pelayanan kesehatan. Berikut agendanya:

Hari pertama dan kedua bisa Anda baca di: Dihajar Banjir Bandang, Tanah Longsor dan Badai, CBN-OBI Salurkan Bantuan Ke NTT!

 

Hari ke 3

Tim CBN-OBI memberikan ratusan paket bantuan ke Selatan Pulau Sumba, yaitu Kecamatan Karera, dan Kecamatan Ngadu Ngala. Jarak tempuh yang lebih dari 100 km, medan yang rusak akibat tertimpa longsor dari perbukitan hingga puluhan pohon yang tumbang menutupi jalan maupun hujan lebat tidak menghentikan aksi peduli korban bencana NTT.

(Gambar: Pembagian sembako dan hygine pack)

Dengan bantuan koramil dan kepolisian, akhirnya tim berhasil mengantar ratusan paket sembako ke Kecamatan Karera, dan Kecamatan Ngadu Ngala dengan cara estafet menggunakan sepeda motor.

 

Hari ke 4

Bantuan kesehatan yang diberikan pada hari ke empat berlokasi di GMIT Siloam Batuna yang berada di pedalaman gunung. Terdapat puluhan pasien yang menerima bantuan medis di tempat ini. Selain dampak dari banjir dan badai, sulitnya air bersih juga menjadi salah satu faktor yang membuat warga yang mengalami batuk, pilek, dan gatal-gatal.

 

Hari ke 6&7

Hari ke 6 dan 7, tim CBN-OBI melanjutkan pelayanan kesehatan di Desa Ngadu Ngala dan Desa Praimadita. Seperti yang terjadi pasa hari ke empat, ratusan pasien yang datang menderita batuk, pilek, dan gatal-gatal. Listrik dan jaringan seluler juga sulit diakses.

(Gambar: Pelayanan Kesehatan di Desa Praimadita)

Terdapat rumah seorang warga yang gentengnya runtuh akibat ditiup angin kencang. Pohon-pohon tumbang di dekat ruma, juga di jalanan. Rumah warga masih tergenang lumpur akibat banjir dan tidak ada akses air bersih.

 

Baca juga: Terimakasih Mitra CBN! Berkat Anda, Anak-anak di NTT dapatkan Trauma Healing!

 

Hari ke 8

Pada hari yang ke delapan tim kembali melakukan pembagian sembako di tempat yang baru, yakni Desa Wanggameti. Ada juga puluhan pasien yang mendapatkan pelayanan kesehatan sama seperti di titik bantu sebelumnya.

Di desa ini terdapat satu rumah jemaat yang rubuh akibat angin kencang. Pohon yang tumbang dan jalan yang longsor turut memperburuk situasi di keadaan di desa tersebut.

 

Hari ke 9

Tim membagikan sembako di Kelurahan Lasiana RT 8 & Kel. Fatukoa RT 25. Terdapat satu rumah penduduk yang merupakan seorang janda, hancur hingga rata dengan tanah. Sembilan rumah lainnya juga mengalami kerusakan berat. Pohon-pohon yang tumbang menimpa rumah dan menghalani jalan sehingga mempersulit akses perjalanan. Padamnya listrik ikut mempersulit komunikasi. Akibatnya, sebagian warga mengungsi ke rumah saudaranya, dan ada juga yang mengungsi ke rumah RW setempat.

Hingga saat ini, tim CBN-OBI masih berada di NTT untuk terus memberikan bantuan baik berupa paket sembako, hygine pack ataupun pelayanan kesehatan.

Terimakasih kepada mitra CBN yang telah memberikan pertolongan bagi teman-teman kita yang berada di NTT.

Bagi Anda yang masih tergerak untuk menolong saudara kita yang berada di NTT, Anda bisa berdonasi melalui BCA 522 0309 292 An. Yayasan Obor Berkat Indonesia. CBN-OBI masih terus membantu teman-teman kita lainnya di NTT.

Pastikan untuk memasukkan kode 012 di sumbangan Anda sebagai bentuk konfirmasi sumbangan untuk NTT. Contoh: Rp. 100.012,- Atau kamu bisa langsung menghubungi tim kami di nomor 0878-9570-8092.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami