Arkeolog Temukan Koin Tertua di Zaman Herodes, Ini Dia Buktinya…

Arkeolog Temukan Koin Tertua di Zaman Herodes, Ini Dia Buktinya…

Lori Official Writer
488

Baru-baru ini para arkeolog menemukan sebuah kotak berisi artefak berupa koin perak tua yang sangat langka. Mereka menduga jika koin ini berasal dari zaman Raja Herodes yang digunakan para peziarah untuk membayar pajak kepada raja.

Di bagian sisi koin, tampak gambar sosok Melqart, yang dikenal sebagai dewa penting bagi kota Tirus Fenisia. Di sisi lainnya, berisi gambar elang.

Menurut The Times of Israel, kotak tersebut awalnya ditemukan pada saat penggalian di tahun 1880-an. Kotak artefak itu sendiri kembali ditemukan setelah sempat hilang di proyek konservasi di Museum Menara Daud. 

Koin syikal Tirus ini adalah mata uang yang digunakan selama Periode Bait Kedua dan diproduksi di kota kuno Tirus pada tahun 125 SM sampai masa pecahnya Pemberontakan Besar di tahun 66 M.

“Kami tahu dari kitab Injil kalau Yesus mengunjungi Yerusalem…dan kami tahu bahwa Dia berbicara dengan para penukar uang. Jadi di sini, kami punya bukti, bukti arkeologi hingga sumber sejarah,” kata Eilat Lieber, pemimpim Museum Menara Daud. 

 

Baca Juga: Arkeolog Israel Temukan Bobot Alkitab Kuno dari Periode Bait Allah Pertama di Yerusalem

 

Sementara kompleks Menara Daud sendiri yang di dalamnya termasuk istana Herodes merupakan tempat dimana Yesus diadili sebelum dijatuhi hukuman mati.

“Menara Daud adalah salah satu bangunan paling penting di Israel, baik dari segi sejarah dan lokasinya,” kata Yotam Carmel, Manajer konservasi di Ken HaTor. 

Dia menegaskan jika proyek konservasi terakhir di Menara Daud dilakukan pada tahun 1980-an. Sejak itu pun bentengnya terus mengalami pemeliharaan. Karena itrulah Menara Daud dianggap sebagai penghubung zaman.

“Kamu bisa melihat bagaimana masa lalu, masa kini dan masa depan sebenarnya ada di sini, di Menara Daud. Selama pekerjaan untuk masa depan menara ini, kami menemukan bukti masa lalu. Kami sebenarnya bisa mengetahui lebih banyak tentang seluk beluk identitas orang Kristen. Injil hidup di sini di Yerusalem,” katanya.

 

Baca Juga: Arkeolog Klaim Temukan Reruntuhan Kota Sodom dan Gomora

 

Carmel menyampaikan bahwa yang diharapkan dari penemuan ini adalah supaya dunia mengenal lebih banyak tentang kisah Yerusalem, kekayaan sejarahnya, orang-orang Yahudinya dan orang Kristennya kepada dunia. 

Karena itulah, sebagai langkah awal penemuan koin tua ini akan dipamerkan di pameran baru di museum yang akan dibuka kembali tahun depan.

Sumber : Christiantoday.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami