Tuhan Mau Bunuh Musa! Benarkah?

Tuhan Mau Bunuh Musa! Benarkah?

Claudia Jessica Official Writer
608

Tuhan Hendak Membunuh Musa

Musa dan keluarga beserta rombongannya harus bermalam di tengah perjalanan beberapa kali. Terkadang mereka bermalam dengan membangun tenda atau beristirahat di penginapan.

Suatu malam, ketika Musa dan keluarganya tidur di penginapan, Tuhan mendatangi Musa. Sebenarnya, peristiwa pertemuan antara Tuhan dan Musa adalah hal yang sering terjadi. Tetapi kali ini, Musa sangat terkejut karena Tuhan hendak membunuhnya. Zipora, Sang Istri menyadari situasi tersebut dan bergegas untuk melakukan sesuatu.

Ia mengambil pisau batu dan memotong kulit khatan alat vital Gersom, anak lelakinya. Setelah itu, Zipora menyentuhkan potongan kulit khatan itu pada kaki Musa sambil berkata, Sesungguhnya engkau pengantin darah bagiku.” Lalu Tuhan tidak jadi membunuh Musa (Keluaran 4: 25-26).

Mengapa Tuhan hendak Membunuh Musa?

Tuhan sendiri yang memerintahkan Musa sebagai pembebas bangsa Israel dari Mesir, tetapi Tuhan juga yang hendak mencabut nyawa Musa. Bagaimana mungkin Tuhan hendak membunuh orang yang bersedia diutusnya? Banyak tafsir untuk menjawab pertanyaan sulit itu.

Ada penafsiran bahwa Musa lalai tidak melakukan sunat pada anak laki-lakinya. Padahal Sunat masih menjadi hukum yang wajib ditaati di jaman Perjanjian Lama. Tuhan memerintahkan semua laki-laki yang tidak disunat harus dihukum mati (Kejadian 17: 14).

 

Baca juga: 6 Tokoh Alkitab yang Tidak Taat Kepada Tuhan dan Hukuman yang Didapatkan Termasuk Musa!

 

Hukum sunat menjadi ikatan perjanjian antara Tuhan dan Abraham. Anak laki-laki Musa tidak bisa menanggung hukuman itu karena ia masih kecil. Oleh karena itu, hal ini menjadi tanggung jawab Musa sebagai orang tuanya. kelalaian Musa ini mendatangkan konsekuensi dan Tuhan menjatuhkan hukuman mati pada Musa.

Ketidaktaatan bisa mendatangkan berbagai konsekuensi. Tuhan bisa memberi hukuman apa saja termasuk kematian bagi setiap orang yang tidak taat. Terbukti dari kisah ini, Tuhan sangat marah kepada Musa karena ia yang seharusnya mengajarkan hukum Allah Israel justru tidak mematuhi hukum itu sendiri.

 


Jangan biarkan artikel ini berhenti di kamu terasa diberkati! Bagikan juga kepada teman-temanmu agar dapat memberkati mereka dengan pengetahuan baru! Selain itu, kamu juga bisa menjadi berkat bersama kami dengan mendukung jawaban.com untuk terus memproduksi konten-konten baru setiap harinya.

Kamu bisa menjadi mitra CBN dengan melakukan donasi sebesar 50 ribu dalam sekali pemberian atau setiap bulan. Kabar baik bagi kamu kamu yang berdonasi sebesar 250 ribu setiap bulan, akan mendapatkan bonus berupa kaos polo, atau mug selama persediaan masih ada.

Selain itu, jika kamu sudah berdonasi selama 3 bulan berturut-turut, kamu bisa mengikuti webinar-webinar lain yang akan diadakan oleh CBN. Jika kamu tergerak untuk bergabung, DAFTARKAN DIRIMU DI SINI.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami