3 Gereja Ini Jadi Unik Karena Sejarahnya yang Tak Lekang dari Budaya Muslim

3 Gereja Ini Jadi Unik Karena Sejarahnya yang Tak Lekang dari Budaya Muslim

Lori Official Writer
3888

Tentu saja kita pernah mendengar banyaknya gereja yang beralih fungsi menjadi Masjid bagi umat beragama Muslim. Kebanyakan dari peristiwa itu terjadi ketika masa peralihan kekuasaan, dimana beberapa negara Kristen ditaklukkan oleh negara Islam. Itulah yang terjadi pada beberapa negara di Eropa.

Tapi setelah masa itu, terjadi pula pembalikan sejarah dimana umat Kristen kembali berkuasa dan mengambil alih semua wilayah yang sempat direbut, sebagaimana dialami Italia.

Peristiwa ini memang pernah terjadi dan bukan hanya sekadar isapan jempol belaka. Nah, untuk menyaksikan jejak sejarah itu kita bisa membuktikannya dari 3 gereja unik ini.

1. St John of Hermit di Palermo

Selama beberapa abad, Islam pernah menguasai Palermo, kota penting di Pulau Sisilia, Italia. Kentalnya nuansa Islam menjadikan wilayah ini lekat dengan julukan kota 300 Masjid. Rata-rata masjid di sana merupakan bekas gereja yang dibangun saat transisi kekuasaan dimasa Dinasti Norman yang penduduk saat itu banyak menganut agama Katolik.

Tapi setelah transisi kekuasaan dari Islam ke Kristen, hampir semua Masjid kembali berubah fungsi menjadi gereja. Salah satunya adalah gereja St John of the Hermit atau Gereja San Giovanni yang dibangun pada 1132 Masehi.

Keunikan gereja yang terletak di tepi barat Distrik Albergheria, Italia itu terlihat dari bentuk arsitekturnya yang memiliki lima kubah bulat merah seperti pada umumnya dipakai sebagai atap penutup Masjid.

 

Baca Juga: Suka Wisata Religi? Yuk Kunjungi 5 Gereja Berarsitektur Unik Ini 

 

2. Katedral Cordoba di Spanyol

Katedral Cordoba atau disebut juga dengan Katedral Mezquita ini aslinya adalah Gereja Katolik yang dibangun oleh bangsa Cisigoth. Tapi tak lama kemudian wilayah itu dikuasai Muslim dan mereka kemudian menghancurkan semua bangunan yang ada. Setelah itu membangunnya menjadi sebuah Masjid bernama Cordoba.

Spanyol kembali ditaklukkan oleh kaum Kristen. Gedung yang sebelumnya difungsikan sebagai rumah ibadah Muslim itu akhirnya diubah menjadi sebuah gereja dengan katedral gotik berarsitektur Moor yang dipadupadan dengan nuansa Islam yang ditinggalkan. Sebagaimana tampak di bagian dinding katedral yang dihiasi dengan kaligrafi khas Islam.

3. Gereja Kubah Emas di Yordania

Meskipun Yordania adalah negara mayoritas Muslim, tapi rekam jejak peninggalan peradaban agama Kristen masih tetap bisa disaksikan di sana. Yang paling terkenal adalah soal pembaptisan Yesus di sungai Yordan, yang terletak sekitar 30 kilometer ke arah utara dari Laut Mati.

Tapi tahukah kamu kalau ternyata di sekitar lokasi pembaptisan itu terdapat beberapa gereja unik. Salah satunya adalah gereja Ortodoks Yunani yang beratapkan kubah emas. Karena itulah gereja ini disebut dengan Gereja Kubah Emas. Tak hanya bagian atap, bagian dalam gereja juga dipenuhi dengan ornamen-ornamen emas yang semakin menambah keindahan dalam ruang gereja.

 

Baca Juga: Patung ‘Yesus Memberkati Manado’ Jadi Wisata Religi Populer

 

Para pengunjung yang datang ke sana akan sangat merasa beruntung ketika gereja tersebut menggelar upacara pembaptisan langsung di sungai bersejarah itu yang hanya ditempuh dengan menuruni anak tangga dari depan gereja.

Bagaimana menurut kamu, layak dikunjungi bukan? Itung-itung bisa belajar sejarah ya dari ketiga gereja ini.

 


Kamu diberkati dengan artikel-artikel kami? Mari dukung kami untuk terus menghasilkan konten-konten terbaik di website ini dengan menjadi mitra Jawaban.com.

Buat kamu yang tergerak untuk bergabung yuk. 

DAFTAR DI SINI

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami