Biar Produktivitas Kerjamu Memuaskan, Yuk Terapkan Aturan 70-20-10 Ini…
Sumber: Clever Girl

Finance / 7 April 2021

Kalangan Sendiri

Biar Produktivitas Kerjamu Memuaskan, Yuk Terapkan Aturan 70-20-10 Ini…

Lori Official Writer
4354

20% dari waktumu pakailah untuk berlatih.

Habiskanlah setidaknya 5 jam sehari untuk berlatih. Satu minggu itu cukup lama kalau kita tahu cara menggunakannya dengan efektif. Kamu bisa memakainya untuk berolahraga, menambah skill lain, merencanakan strategi kerja dan ide-ide yang bisa dipakai ke depan. 

10% dari waktumu bertarung.

Setiap hari kita bekerja selama 8 jam sehari. Pakailah 10% dari waktu itu untuk bertarung dengan sungguh-sungguh. Kerahkan seluruh tenaga dan kekuatanmu untuk menghasilkan pekerjaan yang terbaik. Pakai semua keterampilan yang kamu punya. Lakukanlah hal ini selama dua hari sepanjang waktu kerja setiap minggu. 

Mungkin banyak dari kita yang berpikir kalau menjadi produktif itu ditentukan dari seberapa banyak waktu yang kita habiskan untuk bekerja. Tapi sebenarnya pemahaman itu keliru dan banyak kali membuat kita terjebak dalam penggunaan waktu yang gak baik. Kita suka mengorbankan waktu istirahat untuk berlatih dan bertarung. Akibatnya, hasil yang kita dapatkan kadang kala tidak sememuaskan yang kita harapkan.

Jadi, bisa dibilang bahwa untuk menghasilkan pekerjaan yang terbaik bukanlah bekerja terlalu sibuk, tapi sebaliknya punya waktu istirahat yang cukup.

Jangan sampai kesibukanmu melakukan hal-hal yang tidak penting, menguras tenagamu untuk melakukan hal yang jauh lebih penting. Contohnya, seorang konsultan yang terlalu banyak bekerja akan membuat kesalahan fatal waktu menyampaikan presentasi kepada klien.

Waktu kita hanya bekerja dan tampak produktif, kita sedang membuang tenaga. Kita memandang semua pekerjaan sebagai tantangan sehingga kita terdorong untuk menghabiskan 100% waktu kita bertarung atau berlatih.

 

Baca Juga: Kebiasaan 5 Menit yang Bisa Mengubah Hidup Kamu

 

Aturan 70-20-10 dibuat supaya para pekerja di dunia kerja tidak terjebak di dalam kesalahan ini. Jadi pakailah waktumu dengan baik. Jangan terlalu sibuk dan melupakan istirahat. Jadilah bijak dan belajarlah dari kebijakan IP Man.

Bahkan Yesus sendiri mengambil waktu istirahat setelah Dia lelah melayani orang banyak. Dia menepi ke tempat yang sunyi dan mengistirahatkan tubuh-Nya. Jadi mari belajar menghargai tubuh kita dan kesempatan yang Tuhan kasih untuk kita menyelesaikan pertarungan kita setiap hari dengan maksimal.

“Lalu Ia berkata kepada mereka: "Marilah ke tempat yang sunyi, supaya kita sendirian, dan beristirahatlah seketika!" Sebab memang begitu banyaknya orang yang datang dan yang pergi, sehingga makanpun mereka tidak sempat. Maka berangkatlah mereka untuk mengasingkan diri dengan perahu ke tempat yang sunyi.” – Markus 6: 31-32

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami