Sudah Divaksin Kok Masih Bisa Positif Covid-19? Ini Jawabannya!
Sumber: pikiran-rakyat.com

Health / 4 April 2021

Kalangan Sendiri

Sudah Divaksin Kok Masih Bisa Positif Covid-19? Ini Jawabannya!

Claudia Jessica Official Writer
2984

4. Sudah Terinfeksi Sebelum Divaksin

Mungkin kamu telah terinfeksi virus corona sebelum divaksinasi. Dilansir dari detik.com, hal ini terjadi pada beberapa tenaga kesehatan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh CDC.

Terdapat 22 dari 4.081 tenaga kesehatan yang disuntik vaksin corona dinyatakan positif covid-19 setelah mendapatkan suntikan pertamanya. Salah seorang penulis dari studi tersebut, Dr Eyal Leshem dari Sheba Medical Center di Israel mengatakan, "Sebenarnya (mereka) terkena COVID-19 sebelum mendapatkan dosis pertama."

5. Virus Bermutasi

Sepeti yang disebutkan pada poin ketiga, virus corona telah bermutasi. Virus corona B117, jenis baru yang pertama kali ditemukan di Inggris pada November 2020 lalu telah ditemukan di Indonesia.

 

Baca juga: Virus Corona B117 Ditemukan Di Karawang, Ini Fakta yang Harus Anda Tahu

 

Penemuan jenis baru ini dikhawatirkan dapat mempengaruhi kekebalan dari vaksin bahkan dapat menyebabkan infeksi ulang di antara orang yang sebelumnya terinfeksi.

Sudah atau belum divaksin alangkah baiknya kita mematuhi protokol kesehatan yang ada. Jika bukan kamu yang melindungi dirimu sendiri, siapa lagi?

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami