Orang Kristen Harus Tahu, Ini Bedanya Gereja, Katedral dan Basilika
Sumber: jawaban.com

News / 3 April 2021

Kalangan Sendiri

Orang Kristen Harus Tahu, Ini Bedanya Gereja, Katedral dan Basilika

Lori Official Writer
62752

Banyak orang Kristen yang mungkin bingung dengan perbedaan sebutan dari rumah ibadah seperti gereja, katedral maupun basilika. Ada yang berpikir kalau ketiganya punya fungsi yang sama sebagai rumah ibadah. Namun sebenarnya baik gereja, katedral dan basilika punya fungsi yang sangat berbeda.

Apa sih yang membedakan ketiganya? Yuk baca di bawah ini:

1. Gereja


Di kalangan Kristen Protestan, gereja merupakan sebutan untuk rumah ibadah resmi yang dijadikan tempat untuk berkumpul melakukan ritual keagamaan setiap hari Minggu, berinteraksi dan menjalankan fungsi keagamaan lainnya.

Meski begitu, bentuk gereja sangat bervariasi antara aliran gereja yang satu dengan gereja yang lain. Misalnya, bentuk gereja aliran Lutheran ortodoksal yang sangat khas akan sangat berbeda dengan gereja Kristen karismatik yang cenderung hanya berupa gedung atau ruangan aula biasa. Gereja Kristen Karismatik tak mematok gedung gereja harus berdiri di lahan tersendiri tapi dimanapun mereka bisa membangun gereja, entah itu di mall maupun ruko-ruko.

 

Baca Juga : Kondisi 3 Gereja Tertua di Kota-kota Besar Indonesia Ini Bikin Takjub Loh!

 

2. Katedral


Berbeda halnya dengan gereja, katedral adalah rumah ibadah bagi para uskup Katolik. Katedral diambil dari bahasa Latin yaitu cathedra, yang diartikan sebagai tempat atau kekuasaan dan otoritas keuskupan.

Pembangunan katedral tidak sebanyak gereja karena di dalam pengajaran Katolik bahwa setiap wilayah hanya akan memiliki satu kekatedralan saja sesuai dengan wilayah kekuasaan keuskupan. Karena jumlahnya yang cukup terbatas, katedral ini biasanya dibangun dengan bagunan yang cukup mewah.

Beberapa katedral yang cukup terkenal di dunia diantaranya Notre-Dame di Paris, Katedral St. Paul di London, St Basil di Moskow dan St. Maria del Fiore di Florencia.

 

Baca Juga : Bikin Takjub! Jokowi Setuju Ada Terowongan Antara Masjid Istiqlal & Gereja Katedral Loh

 

3. Basilika


Pada dasarnya Basilika bukanlah rumah ibadah. Tapi Basilika awalnya adalah bangunan Romawi yang menampilkan elemen arsitektur tertentu yang difungsikan secara bebas kepada umum, baik sebagai tempat berbisnis maupun tempat perdagangan.

Basilika merupakan bentuk gereja yang pertama kali di masa kekristenan awal. Sementara saat ini, rata-rata gedung Basilika yang ada di seluruh belahan negara dijadikan sebagai situs penting karena dari sanalah awal mula sejarah kemunculan gereja-gereja. Sebagian besar dari Basilika ini pun merupakan bekas dari kepemilikan gereja Katolik.

 

Baca Juga: 3 Gereja Ini Jadi Unik Karena Sejarahnya yang Tak Lekang dari Budaya Muslim

 

Salah satu Basilika paling terkenal di dunia adalah Santo Petrus di Roma, yang sebagian besar bangunannya dirancang oleh seniman Michelangelo. Ada juga Basilika Dantisima Trinidad di Fatima, Portugal dan Sagrada Familia di Barcelona.

Rumah ibadah dalam agama Kristen memang bukan bicara soal gedungnya, tapi orangnya. Meski begitu kita juga perlu tahu betul seluk beluk dari beragam istilah yang lazim disebutkan di dunia kekristenan, termasuk soal gereja, katedral dan juga Basilika.

Semoga informasi ini cukup membantu ya!

Sumber : Bustedhalo.com | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami