Apa Sih Makna Sebenarnya Dari Jumat Agung dan Gimana Perayaannya?
Sumber: mentessori school

Kata Alkitab / 29 March 2021

Kalangan Sendiri

Apa Sih Makna Sebenarnya Dari Jumat Agung dan Gimana Perayaannya?

Lori Official Writer
3629

Mari mengingat kembali karya penyaliban tersebut. Waktu itu, Yesus ditempatkan tepat diantara dua penjahat yang juga disalibkan saat itu juga.

Tapi menjelang siang, sesuatu yang aneh terjadi. Langit tiba-tiba gelap selama tiga ham dan saat itulah Yesus berseru, “Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku.” (Lukas 23: 46). Setelah menyebutkan kalimat itu, Yesus mati dan tirai Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah. Gempa bumi yang hebat pun terjadi.

Waktu itu tepatnya jumat sore dan Sabat akan dimulai saat matahari mulai terbenam. Itu adalah hari Sabat yang berbeda dengan sabat-sabat sebelumnya karena itu tepat terjadi selama masa perayaan Paskah dan menjadikannya sebagai Paskah yang istimewa. Setelah tubuh Yesus diturunkan dari salib, tubuhnya dibungkus dengan potongan kain dan dibaringkan di dalam kuburan.

Bahkan saat itu kubur Yesus dijaga khusus oleh pasukan Romawi untuk memastikan jasad Yesus tidak dicuri. Tapi tiga hari kemudian, Yesus bangkit dari kematian. Itulah puncak dari Paskah.

 

Baca Juga: 7 Fakta yang Perlu Orang Kristen Tahu Soal Rabu Abu, Jumat Agung dan Paskah

 

Jadi apa yang kita pelajari dari Jumat Agung?

Hidup untuk Tuhan membutuhkan kesempurnaan tanpa dosa dan tidak ada dari kita yang sempurna. Tak seorangpun, sampai pada akhirnya Yesus datang. Yesus adalah anak Allah yang suci dan tak bercela dan Dia menebus kita dengan hidup-Nya sendiri.

“Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan.” (Ibrani 12: 14)

Jadi, kita butuh Juruslamat karena kita gak bisa menyelamatkan diri kita sendiri. Kita butuh Juruslamat karena tanpa Kristus, kita hanyalah manusia tanpa harapan dan tak ber-Tuhan.

“…bahwa waktu itu kamu tanpa Kristus, tidak termasuk kewargaan Israel dan tidak mendapat bagian dalam ketentuan-ketentuan yang dijanjikan, tanpa pengharapan dan tanpa Allah di dalam dunia.” (Efesus 2: 12).

Selamat menyambut Jumat Agung dan Paskah. Tuhan Yesus terlebih mengasihi kita semua.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami