Ini Loh 8 Kriteria Utama yang Dicari Wanita Dari Pria Sebelum Putuskan Pacaran
Sumber: Womantalk.com

Relationship / 26 March 2021

Kalangan Sendiri

Ini Loh 8 Kriteria Utama yang Dicari Wanita Dari Pria Sebelum Putuskan Pacaran

Lori Official Writer
3169

Proses pendekatan adalah tahap awal yang harus dilewati pria dan wanita sebelum memutuskan untuk menjalani pacaran. 

Semua wanita bahkan setuju kalau di tahap ini proses seleksi harus dilakukan dengan ketat. Pada prinsipnya, wanita bijak gak pengen buang-buang waktu sama pria yang gak tepat. Karena itulah, ada banyak faktor yang perlu diamati oleh wanita dari pria sebelum memutuskan buat jalani pacaran. 

8 kriteria yang utamanya adalah:

1. Seiman atau gak?

Wanita bijak tahu banget kalau proses pacaran itu bukan sekadar cuma cari teman jalan aja. Karena pacaran dalam kekristenan pada prinsipnya adalah persiapan untuk melangkah ke pernikahan.

Jadi untuk menuju tahap itu, wanita bijak gak mau dong neko-neko. Pastinya dia mau pilih pria yang utamanya harus SEIMAN.

Kenapa seiman itu penting? Karena wanita bijak butuh pria yang bisa diajak berbagi bersama soal Tuhan selama proses hubungan mereka. Menjadi seiman juga berarti berada di satu halaman yang sama dan memudahkan mereka untuk membuat keputusan-keputusan penting yang sesuai dengan kehendak Tuhan. 

Misalnya, bagaimana respon orangtua, apa yang akan dilakukan ke depan, pilihan gereja mana untuk pemberkatan nanti dan sebagainya.

Gak ada wanita bijak yang gak pengen hubungannya gak direstui orangtua bukan? Jadi pastinya hal pertama yang harus dipastikan dari seorang pria adalah pria itu benar-benar seiman dan sungguh-sungguh mencintai Tuhan.

 

“Berjalankah dua orang bersama-sama, jika mereka belum berjanji?” (Amos 3: 3)

 

2. Gimana sikap dia ke orang lain?

Apakah dia pria yang rendah hati dan memperlakukan orang lain dengan kasih?

Kenapa sikapnya ke orang lain jadi pertimbangan penting? Karena kalau dia benar-benar mengasihi Tuhan, dia juga akan menunjukkan bentuk kasih Tuhan ke orang-orang di sekitarnya.

Mengasihi sesama adalah kewajiban yang harus dilakukan orang-orang percaya. Jadi hanya sekadar satu iman dan mengasihi Tuhan pun gak cukup. Baik gaknya pria juga bisa dilihat dari gimana dia memperlakukan orang lain, baik keluarga, teman, tetangga atau orang yang baru dikenalnya. Gimana dia menghormati, melayani dan mau berbagi dengan orang lain itu penting jadi bahan penilaian. 

Pria yang hanya memperlakukan orang lain dengan baik hanya karena kedudukan atau popularitasnya bukanlah pria yang menerapkan kasih yang murni. 

3. Gimana dia meresponi kritikan

Waktu dia mendapat kritikan dari orang lain, gimana dia meresponi?

Apakah dia langsung marah? Menyerang balik? Berontak? Atau dia adalah pria dengan wajah yang tersenyum menerima kritikan dan mendengarkan? 

Apakah dia mudah minta maaf dan mengakui kesalahannya?

Kalau dia adalah pribadi yang terbuka, mau menerima kritikan, mendengarkan dan mau meminta maaf bahkan mengakui kesalahan, itu berarti dia adalah pria sudah dewasa secara karakter. 

Tentu saja wanita bijak akan memilih pria seperti ini karena dalam membangun hubungan dibutuhkan kerendahan hati untuk mau mengasihi dan mengampuni pasangan setiap waktu. Jadi, sikap mengalah dan mau dikritik adalah kunci untuk membangun hubungan yang semakin kuat.

 

Baca Juga: Gandengan Tangan Saat Pacaran, Boleh Gak Sih? Ini Kata Raditya Oloan

 

4. Bisa gak dia bikin wanita bahagia hanya dengan hal-hal sederhana?

Wanita bijak gak mencari pria yang membahagiakan orang yang dia kasihi dengan kejutan-kejutan besar setiap hari.

Tapi wanita bijak mencari seorang pria yang bisa membuatnya nyaman bahkan waktu hanya melakukan hal-hal sederhana. Sesederhana menikmati waktu ngobrol berdua, menghabiskan waktu yang panjang hanya untuk berbagi pengalaman hidup bersama dengan terbuka, memuji sekali-kali dengan cara yang natural dan berhasil menciptakan tertawa bahagia. 

Kalau sudah nyaman, wanita akan sulit mengabaikan pria semacam ini.

5. Dia bertanggung jawab gak?

Wanita bijak hanya akan tertarik ke pria yang bertanggung jawab sama hidupnya. 

Wanita bijak akan menilai apakah dia berorientasi pada tujuan jangka panjang atau menjalani hidup sekadar mengalir? Apakah dia pekerja keras atau pemalas? Apakah dia pengelola keuangan yang baik atau suka menghambur-hamburkan uang? Apakah dia mau membangun dirinya lebih baik atau tidak?

Wanita akan jauh lebih menghormati dan menghargai pria yang bertanggung jawab sama hidup dan masa depannya. Gimana mungkin seorang pria bisa membangun hubungan yang baik dengan wanita kalau ternyata dia masih belum bisa bertanggung jawab sama dirinya sendiri?

Gak ada wanita yang akan memilih pria yang belum bisa bertanggung jawab sama hidupnya sendiri.

6. Bagaimana dia menyelesaikan konflik

Wanita bijak mencari pria yang bisa menyelesaikan konflik dengan baik. Bukan pria yang selalu lari waktu masalah datang.

Salah satu rasa penghormatan wanita kepada pria adalah ketika dia bisa memposisikan dirinya sebagai kepala yang baik. Bukan saja punya otoritas, tetapi punya kemampuan untuk mengatasi  kondisi rumit dengan tenang dan kepala dingin.

 

Baca Juga: Ini Batasan-batasan Pacaran yang Dianjurkan Bagi Orang Kristen

 

7. Kepribadiannya bikin jatuh cinta

Fisik bukanlah satu-satunya daya tarik yang dicari wanita dari seorang pria. Salah satu faktor yang bisa membuat wanita merasa yakin untuk membangun hubungan dengan seorang pria adalah kepribadian seorang pria.

Gak ada wanita yang gak suka dengan pria yang bersikap sopan, bijaksana, berwawasan dan lembut. 

Wanita akan mudah jatuh cinta dengan pria yang memperlakukannya dengan baik. Dengan kepribadian ini pula, wanita akan belajar untuk jadi sosok yang juga diinginkan oleh sang pria.

Kecocokan kepribadian biasanya jadi peluang besar bagi dua pribadi untuk mengalami perasaan saling jatuh cinta.

8. Pria yang tau prioritas

Gak ada wanita yang mau jadi prioritas nomor kesekian dalam hidup seorang pria. Sebisa mungkin mereka harus menjadi yang utama. Baik dalam hal waktu, pertemanan dan pekerjaan.

Pria yang menempatkan wanita yang dicintainya sebagai prioritas membuktikan kalau dia benar-benar sayang. Gak ada bukti cinta yang lebih besar daripada menghabiskan waktu bersama dan itulah yang diinginkan semua wanita dari calon kekasihnya kelak.

Bagaimana hubunganmu kelak ditentukan dari siapa orang yang kamu pilih untuk mendampingimu menjalani hari-hari hingga masa tua. Tuhan memberikan hikmat dan tuntunan dan keputusan selalu ada di tangan kita.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami