10 Kebiasaan Buruk yang Banyak Orang Lakukan Sehari-hari, Kamu yang Mana?
Sumber: Medium

Health / 25 March 2021

Kalangan Sendiri

10 Kebiasaan Buruk yang Banyak Orang Lakukan Sehari-hari, Kamu yang Mana?

Lori Official Writer
2900

6# Tidur Dengan Lampu Terang

Apakah kamu salah satu penganut tidur dengan lampu menyala? 

Gak masalah sih kalau memang kamu sulit tidur dalam kondisi gelap. Tapi secara medis, faktanya diungkapkan bahwa tidur dengan lampu menyala justru hanya akan membuat kualitas tidur terganggu. 

Tidur dalam keadaan lampu menyala akan menurunkan kadar melatonin dan mempengaruhi glukosa dan tekanan darah.

Jadi gak ada salahnya mencoba untuk membuat kondisi kamar tidur dalam keadaan gelap ya waktu tidur.

7# Begadang

Kurang tidur hanya akan merusak sistem kerja tubuh. Bagi mereka yang terbiasa begadang di malam hari otomatis akan mengalami pergeseran jadwal tidur. Dari yang biasanya tidur di malam hari menjadi siang hari. 

Dampak buruknya adalah kalau kebiasaan ini terjadi terus menerus maka akan menyebabkan beragam penyakit mematikan, mulai dari tekanan darah tinggi, serangan jantung, diabetes hingga depresi.

Tubuh juga punya waktu kerja. Jadi kalau tubuh memang sudah menunjukkan tanda-tanda untuk beristirahat, penuhilah kebutuhan tersebut. Pastikan untuk mencukupi waktu istirahat selama 7-8 jam setiap hari. 

8# Telat Makan 

Kebiasaan telat makan dalam jangka waktu yang panjang hanya akan menyebabkan kerusakan pada lambung. Penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan ini adalah asam lambung atau maag. 

Jadi sebelum kejadian, ada baiknya menjaga kesehatan sejak dini. Salah satu hal kebiasaan baik yang bisa diterapkan adalah sebisa mungkin makan sesuai dengan waktu makan tubuh. Waktunya bisa kamu atur sendiri sesuai dengan kebutuhan tubuh setiap harinya. Jangan pernah mengabaikan kebutuhan tubuh hanya karena kamu sibuk atau sedang kurang nafsu makan.

 

Baca Juga: 15 Cara Menghormati Tuhan Lewat Kebiasaan Makan dan Minum (Part 1)

 

9# Main Handphone Sebelum Tidur

Rata-rata masyarakat di zaman ini banyak yang terjebak dengan kebiasaan main handphone sebelum tidur. 

Gak heran sih, apalagi kalau mata masih belum bisa terpejam. Otomatis meraih handphone dan mulai berselancar jadi pilihan sebelum benar-benar bisa ngantuk dan tidur. 

Tapi tahukah kamu, kalau beberapa penelitian menemukan bahwa cahaya yang dihasilkan layar ponsel sebenarnya berbahaya bagi tubuh. Jadi, lebih baik menekadkan diri kalau sudah di tempat tidur matikan jaringan internet dan jauhkan ponsel dari jangkauan.

10# Terlalu Lama Sendiri

Percaya gak percaya kebiasaan terlalu senang menghabiskan waktu sendiri rupanya bisa berdampak buruk buat kesehatan loh! 

Hal ini terjadi karena kamu gak terhubung secara langsung dengan orang luar. Semakin lama kamu mengurung diri sendiri, semakin besar pula kemungkinan munculnya depresi, stress dan bahkan meningkatnya tekanan darah tinggi.

Karena itu sangat disarankan bagi mereka yang suka menyendiri untuk ikut dalam beberapa komunitas sosial atau melakukan sejumlah aktivitas olahraga yang membuat kita lebih aktif.

Cara kita memperlakukan tubuh adalah cerminan dari bagaimana kita menghormati Tuhan. Jadi mari menghormati dan menghargai kehidupan yang Tuhan kasih buat kita dengan cara sesederhana memperhatikan kebiasaan yang kita lakukan setiap hari.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami