Ternyata Ini Loh Dampak Kesehatan Tubuh Bagi Kehidupan Rohani...

Ternyata Ini Loh Dampak Kesehatan Tubuh Bagi Kehidupan Rohani...

Lori Official Writer
349

Apakah kamu sudah menghargai tubuhmu? Dalam pikiran kita, menghargai bisa seperti menjaganya tetap sehat, memberinya nutrisi baik yang dibutuhkan dan tidak memperlakukannya seperti tempat sampah. 

Ya, kalau kita percaya kalau Tuhan berkuasa atas segala sesuatunya. Maka gak terkecuali, Dia juga berkuasa atas tubuh kita. 

Tuhan merancang tubuh kita sedemikian rupa untuk menjalankan fungsinya.Tapi sebagai manusia, kita bisa memilih memperlakukan tubuh kita sendiri dalam dua cara yaitu mengabaikannya atau menjadikannya sebagai tindakan penyembahan. 

Jadi, tubuh kita bukan hanya mendukung kita untuk tetap hidup dan merasakan perasaan yang baik. Tetapi lebih daripada itu, tubuh kita dirancang untuk membantu kita untuk lebih dekat dengan Tuhan.

Jadi pertanyaannya adalah “Apakah kesehatan tubuh  mempengaruhi kesehatan rohani kita?” 

Tubuh adalah cangkang, alat transportasi yang bisa kita pakai selama melakukan perjalanan di dunia. 

Kita menggunakan tubuh sebagai bagian luar untuk menjalankan peran kita sebagai alat Tuhan. Dan yang benar-benar penting dari tubuh adalah bagian dalamnya yaitu jiwa dan roh. 

Karena itulah, waktu tubuh rusak atau sakit, pertumbuhan roh dan jiwa kita pun akan terhambat. 

Contoh kasus yang mengabaikan kesehatan tubuh adalah waktu pikiran dan semangat kita terdorong untuk begadang menonton pertandingan sepakbola. Sementara alarm tubuh menunjukkan tanda kalau kita butuh istirahat. Tapi kita mengabaikannya dan mulai begadang. 

Contoh lain juga bisa dalam hal makanan. Ada kalanya kita memaksa tubuh untuk terus makan, walaupun perut masih dalam keadaan kenyang. Hal ini bisa menambah beban dan dampak negatif bagi tubuh.

 

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, kita perlu mengadopsi kebiasaan yang sehat juga. 3 kebiasaan yang perlu kita lakukan diantaranya:

1. Mengendalikan Diri 

Kesehatan tubuh sangat bergantung pada pengendalian diri kita, termasuk dalam pola makan dan aktivitas fisik. Makan dengan teratur dan cukup atau berolahraga yang cukup dan tidak berlebihan, tidur yang cukup dan tidak begadang adalah kebiasaan baik yang harus dilakukan setiap hari.

2. Makan Sehat    

Menjaga kesehatan harus dilakukan sejak masih muda. Sayangnya, ada banyak anak muda yang sudah penyakitan di usia mudanya. Penyebabnya adalah pola makan dan cara hidup yang sembarangan. 

Waktu kita memasukkan makanan yang tidak sehat ke dalam tubuh, maka makanan tersebut akan mulai mengkontaminasi organ tubuh. Misalnya, makanan instan, makanan yang mengandung zat kimia, alkohol, rokok yang mengandung nikotin dan makanan junk food lainnya. Bahkan tidak memberi tubuh makan tepat pada waktunya juga bisa menimbulkan dampak jangka panjang yang merusak tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Mental

Belakangan ini, isu kesehatan mental menjadi sangat populer. 

Hal ini terjadi karena banyak orang yang menderita gangguan mental berujung pada tindakan bunuh diri. 

Gangguan mental bisa terjadi karena banyak faktor, bisa karena masalah kesehatan, beban pikiran dan hilangnya identitas diri.

Karena itu penting untuk memperhatikan kesehatan mental  dengan menjalankan pola hidup sehat, seperti cukup berolahraga, cukup tidur dan memiliki komunitas yang sehat. 

Gak ada yang lebih penting dari menjaga kesehatan tubuh. Karena itu, mari menjadi orang-orang yang peduli akan tubuh kita dan menjaganya sebagai alat penyembahan bagi Allah.

“Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!” (1 Korintus 6: 19-20)

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami