Penyakit Mengintai Pasca Banjir! Cegah Dengan 5 Langkah Ini

Penyakit Mengintai Pasca Banjir! Cegah Dengan 5 Langkah Ini

Claudia Jessica Official Writer
575

Banjir yang surut, bukanlah akhir dari masalah. Pasalnya, air yang dibawa oleh banjir bercampur dengan sampah dan kotoran. Air kotor ini mengandung beragam jenis bakteri yang mengakibatkan berbagi penyakit. Terlebih lagi jika daya tahan tubuh menurun, membuat seseorang lebih mudah terserang penyakit.

Banyak penyakit yang mengintai kita seperti, diare, demam berdarah, gangguan pencernaan, penyakit kulit, infeksi saluran pernapasan, malaria, tifus, hepatitis A dan lainnya. Untuk mencegah terjangkit penyakit akibat banjir, kamu bisa lukukan 5 cara berikut ini:

1. Bersihkan diri dan lingkungan

Saat banjir, tidak ada lingkungan yang akan bersih dari bakteri dan penyakit yang mengancam dari air banjir. Oleh karena itu, bersihkan dirimu dan lingkungan sekitar rumah pasca banjir.

Pastikan semua barang dan area rumah dibersihkan dan diberi disinfektan agar kuman tidak menempel.

2. Konsumsi makanan yang higenis

Gangguan pencernaan disebabkan oleh makanan yang tidak higenis. Pada saat banjir, makanan cenderung terkontaminasi kuman. Maka dari itu, tetap jaga makanan tetap higenis dan hindari jajan sembarangan. Pastikan juga untuk minum air bersih dengan cukup.

3. Ikut vaksinasi hepatitis A

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, langkah ini seharunya dilakukan sebelum bencana terjadi. Namun, vaksinasi setelah banjir surut pun lebih baik daripada tidak sama sekali. Hal ini perlu dilakukan oleh mereka yang memiliki tingkat interaksi tinggi dengan air banjir dan sumber-sumber kotoran.

4. Cegah Malaria dan Demam

Setelah banjir surut, tentu masih ada banyak genangan air. Tempat ini sangat cocok bagi perkembangbiakan bagi nyamuk. Berantas perkembangbiakan nyamuk dengan menyemprotkan insektisidan atau obat anti hama lainnya.

Oleskan juga obat anti nyamuk yang tersertifikasi BPOM saat beraktivitas di luar atau dalam ruangan. Sebagai perlindungan ganda, kamu bisa mengenakan pakaian lengan panjang dan celana panjang.

5. Berikan pendidikan kesehatan

Edukasi kesehatan yang berhubungan dengan bencana banjir meliputi teknik persiapan makanan aman, cara menjaga kesehatan, dan cara mengurus lingkungan. Kamu bisa mencari tahu edukasi kesehatan mengenai banjir dari internet atau meminta bantuan dari dinas kesehatan dan dinas lain yang terkait.

Selain 5 langkah pencegahan di atas, WHO menganjurkan untuk menerapkan hal-hal sederhana berikut ini:

- Air minum harus direbus terlebih dahulu atau diberi klorin

- Konsumsi garam rehidrasi oral untuk mengatasi dehidrasi

- Gunakan antibiotik untuk mengatasi berbagai bakteri

- Konsumsi analgesik untuk mencegah demam

- Selalu cuci tangan dengan sabun setiap sebelum makan

- Cuci pakaian pasca banjir dengan air bersih

Tetaplah waspada selama masa-masa banjir dan mintalah pertolongan dari petugas kesehatan apabila dibutuhkan.

Sebagai sesama saudara, mari ikut mengulurkan tangan untuk membantu korban banjir di Jabodetabek dengan #BeraniBergerak bersama CBN-OBI untuk menolong dan menyatakan kasih kepada saudara-saudara kita yang terdampak bencana banjir saat ini. Salurkan donasi Anda untuk tanggap bencana banjir ini melalui  BCA 522.0309.446 a/n Yay. Cahaya Bagi Negeri Indonesia. Pastikan memasukkan kode 208 di jumlah sumbangan Anda (Contoh Rp.100.208,-), sebagai komfirmasi untuk sumbangan kemanusiaan. Jika Anda memiliki pertanyaan, hubungi kami di nomor 081770096911.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami