Tinggal Beberapa Hari Lagi, Ini Loh Tema Paskah 2021 Dari PGI

Tinggal Beberapa Hari Lagi, Ini Loh Tema Paskah 2021 Dari PGI

Lori Official Writer
11960

Melalui laman website resminya, Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) meluncurkan tema besar Paskah 2021. Tema ini menjadi pembuka bagi umat Kristiani di Indonesia dalam menyambut perayaan Paskah yang jatuh pada Minggu, 4 April 2021.

Itu artinya tinggal sebulan lagi, kita akan kembali merayakan Paskah kedua di masa pandemi Covid-19. Terkait dengan upaya menuntaskan persoalan Covid-19 ini pun, PGI secara khusus mengangkat tema yang sangat spesial. 

Seperti unggahan poster di laman websitenya, PGI mengutip ayat Yohanes 20: 14-16 dan diberi tema besar “BERPALING KEPADA SANG HIDUP” 

Sementara di bagian dalam poster, tampak gambar karikatur seorang dokter dengan jarum suntik, seorang pasien yang menjerit ketakutan sebelum disuntik, serta seorang wanita yang mengenakan masker. Uniknya, sang wanita mengucapkan sebuah kalimat yang menohok. Demikian dituliskan, “…Ya elaah sama jarum vaksin aja kok takut…Ingat pengorbanan-Nya di kayu salib Pakne?”

 

Baca Juga: Berfokus Pada Kebangkitan Kristus, Film Kristen Baru Resurrection harus disaksikan pada hari Paskah!

 

Tentu PGI mengutip kalimat ini bukan tanpa maksud. Kalimat tersebut jelas memiliki makna berupa himbauan terkait program vaksinasi Covid-19. Menariknya, PGI menekankan bahwa rasa sakit disuntik vaksin belum ada apa-apanya dibandingkan dengan pengorbanan Yesus di kayu salib.

Jadi, dengan tema ini PGI menghimbau seluruh umat Kristiani untuk tidak perlu takut. Sebaliknya mengarahkan pandangan kepada sang pemberi hidup.

Yohanes 20: 14-16 sendiri mengisahkan tentang kejadian ketika Maria Magdalena pagi-pagi betul pergi ke kubur Yesus. Namun sesampai di sana, dia mendapati kubur tersebut kosong. Saat itulah Yesus menampakkan diri dan berbicara kepada Maria. Awalnya Maria tidak mengenali siapa Yesus. Hingga Yesus menyebut namanya. “Maria!” Maria berpaling dan berkata kepada-Nya dalam bahasa Ibrani “Rabuni!”, artinya Guru.” (Yohanes 20: 16).

 

Pra-Paskah Diawali Dengan Rabu-Abu 

Tepat pada hari ini, Rabu, 17 Februari 2021, umat Kristen dari berbagai denominasi sudah mengawali pra-Paskah dengan perayaan Rabu Abu. 

 


Baca juga: 12 Ayat Alkitab Tentang Paskah yang Perlu Diketahui Anak


 

Di gereja Protestan sendiri, perayaan Pra-Paskah tidak begitu dirayakan dengan meriah. Berbeda dengan gereja Katolik yang selama 40 hari ke depan akan menjalankan momen Pra-Paskah dengan berpuasa dan melakukan berbagai ritual ibadah hingga pada puncak perayaan seperti Kamis Putih, Jumat Agung dan Paskah. 

Meski caranya berbeda, namun makna dari perayaan Paskah ini tetap sama yaitu untuk memperingati karya penebusan Yesus, Anak Allah, atas dosa-dosa manusia. 

Dengan itu PGI berharap, perayaan Paskah tahun ini bisa menjadi pengingat bagi seluruh umat Tuhan untuk tidak perlu hidup dalam ketakutan. Karena Yesus sudah lebih dulu menanggung penderitaan yang jauh lebih sakit karena kasih-Nya bagi dunia.

Jadi, selamat merayakan pra-Paskah bagi seluruh umat Kristen dari berbagai denominasi. Kiranya damai dan sukacita Tuhan tetap tinggal di dalam kita.

 

Baca juga: Bersiap Sambut Paskah dengan Lakukan 5R!

 


 

Kamu diberkati dengan artikel kami? Mari dukung kami untuk terus menghasilkan konten-konten terbaik di website ini dengan menjadi mitra Jawaban.com.

Buat kamu yang tergerak untuk bergabung yuk. 

DAFTAR DI SINI

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami