#HappyValentine - Cinta Itu Bukan Sekadar Ucapan, Mencintailah Dengan 5 Tindakan Ini

#HappyValentine - Cinta Itu Bukan Sekadar Ucapan, Mencintailah Dengan 5 Tindakan Ini

Lori Official Writer
596

Cinta itu sulit didefinisikan dengan ucapan. Tapi berdasarkan cara pandang Kristen, cinta itu disebut dengan ‘agape’ atau ‘agapi’ dari bahasa Yunani, yang artinya cinta tanpa syarat. 

Bagi orang Kristen, hati kita adalah cerminan dari cinta yang ada di dalam diri kita. Cinta itu sendiri adalah Tuhan yang tinggal di dalam hati kita.

Orang Kristen belajar tentang teladan kasih dari Yesus. Dia telah menunjukkan kasih yang sejati kepada semua orang, bukan hanya sekadar ucapan tetapi Dia rela mendatangi orang-orang yang membutuhkan pertolongan dan menjamah mereka dengan kasih-Nya yang lemah lembut. Dia juga menuntut kita untuk memiliki kasih yang sama terhadap semua orang (Yohanes 13: 35).

Jika Yesus sendiri menetapkan cinta atau kasih sebagai hal yang terbesar dari segala sesuatu, itu artinya kasih kita harus aktif, bukan pasif. Kasih kita harus bergerak dan berdampak bagi hidup orang lain.

Tuhan mau kita mencintai bukan hanya dengan perkataan tetapi juga dalam perbuatan. Lalu perbuatan apa yang harusnya kita lakukan untuk menunjukkan cinta kita kepada orang lain?

Berikut 5 tindakan mencintai yang bisa dilakukan orang Kristen terhadap sesama.

1. Mau Berkorban

Yesus sudah lebih dulu mengasihi kita tanpa pamrih. Tapi sebagai manusia kita masih terus belajar bayak untuk mengasihi di level seperti itu. Tapi setidaknya kita bisa mulai dengan menjadi pribadi yang tidak egois. Dalam artian, kita perlu mendahulukan orang lain di atas dari kepentingan kita sendiri. 

Daripada selalu mengambil keuntungan dari orang lain, kita perlu belajar untuk memberi dan berkorban.

“Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita.” - 1Yohanes 4: 10

 2. Menjadi Saudara Dalam Kesulitan

Saat seseorang yang kita kenal sedang menghadapi kesulitan, apa yang harus kita lakukan? Di saat itulah Tuhan mau kita hadir sebagai pendukung dan sahabat yang selalu ada untuk dia. Itulah bentuk kasih sejati yang Tuhan mau kita tunjukkan kepada orang lain.

Sekalipun usaha kita terbatas untuk menyelesaikan masalah atau kesulitannya, setidaknya kita selalu ada bersamanya sebagai seseorang yang dia bisa percayai dan andalkan.

“Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.” – Amsal 17: 17

 

Baca Juga: 25 Ayat Alkitab Tentang Peran Komunitas Dalam Hidup Orang Kristen

 

3. Selalu Berusaha Memberikan yang Terbaik

Saat seorang pria jatuh cinta kepada seorang wanita, dia pasti akan selalu memberikan yang terbaik untuk wanita tersebut.

Kita harusnya tidak hanya memberikan yang terbaik kepada orang lain saat kita jatuh cinta saja. Tapi dalam kehidupan orang Kristen, kita dituntut untuk melakukan hal serupa kepada semua orang. Memberikan yang terbaik artinya kita mau mengerahkan semua tenaga dan upaya kita untuk memberikan sesuatu yang bernilai bagi orang lain.

Kita bisa menunjukkan kasih semacam ini kepada teman atau orang-orang di sekitar kita. Misalnya, waktu seorang teman ulang tahun, kita berinisiatif untuk merayakannya dengan kejutan istimewa. Membeli dia kue ulang tahun, menraktirnya makan malam, membelikan kado yang paling dia suka atau menghibur dia.

Dia pasti akan sangat menghargai usaha tersebut. Karena kita melakukannya atas dasar kasih.

4. Menasihati Dengan Terbuka

Sebagai orangtua, mungkin kita dipandang terlalu kejam ketika kita memarahi anak terlalu keras. Tapi coba pahami dulu, orangtua mana yang memarahi anaknya tanpa alasan?

Jika orangtua tahu tentang tujuan disiplin, maka mereka akan mendisiplin anak dengan cara yang tepat dan benar.

Sama halnya seperti saat Allah mendisiplin bangsa Israel. Dia melakukannya karena Dia mau bangsa tersebut bertumbuh lebih dewasa dan melangkah di dalam kebenaran.

Saat seorang teman atau seseorang menegurmu karena tindakanmu yang salah. Itu artinya dia mengasihimu dan ingin membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik. Kasih yang sejati akan selalu membawamu kepada versi terbaikmu, bukan justru membiarkanmu melakukan kesalahan yang sama berulang kali.

“Apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali.” (Matius 18: 15)

5. Membangun Dengan Semangat

Memberikan dukungan semangat kepada orang lain juga merupakan bentuk kasih atau cinta. 

Sebagai orang Kristen, kita patut melakoni peran ini dalam kehidupan kita sehari-hari. Karena dari tindakan inilah buah kasih kita akan terlihat. Bukan saja kita bisa menjadi berkat bagi hidup seseorang, tapi kita bisa menjadi teladan kasih Kristus untuk orang-orang yang belum mengenal Tuhan.

“Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik.” – Ibrani 10: 24

“ Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan.” – 1 Tesalonika 5: 11

Sebentar lagi kita akan merayakan valentine. Tapi inti dari perayaan ini bukan saja hanya sekadar merayakannya bersama-sama dan berkata ‘Selamat Valentine’. Tapi lebih dari itu, mari menjadikan peringatan ini sebagai pengingat bahwa orang-orang Kristen harus mempraktikkan tindakan kasih kepada semua orang setiap hari.

 


Apakah kamu rindu untuk menyatakan kasih Tuhan atas hidup orang lain? Kami mengundang kamu hari ini untuk ikut berinvestasi dalam pelayanan kami. Setiap investasi yang kamu tabur hari ini berdampak besar bagi keselamatan banyak jiwa di Indonesia. Yuk bergabung bersama Jawaban.com untuk memenangkan jiwa melalui pelayanan media yang terus kami lakukan. 

Jika kamu rindu untuk menjadi investor dalam proyek pelayanan ini, silahkan daftarkan diri kamu di sini : https://www.jawaban.com/donasi/.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami