#FaktaAlkitab: Efraim, Keturunan Yusuf yang Menjadi Pemimpin Bangsa Israel (12/12)

#FaktaAlkitab: Efraim, Keturunan Yusuf yang Menjadi Pemimpin Bangsa Israel (12/12)

Claudia Jessica Official Writer
2097

Tahukah kamu bahwa selama beberapa generasi keturunan Yusuf dari Efraim menjadi pemimpin bangsa Israel, bahkan pada masa raja-raja, kerajaan Israel sering disebut juga sebagai kerajaan Efraim. Mau tahu Fakta Alkitab tentang hal ini?

Arti nama Efraim

Efraim adalah anak Yusuf dari pernikahannya dengan Asnat, anak Potifera, imam di On. Nama Efraim dalam bahasa Ibrani adalah Efrayim (אֶפְרָיִם‎/אֶפְרַיִם) yang berarti “menjadi berbuah”, seperti yang diucapkan Yusuf tentangnya dalam Kejadian 41:52,

Dan kepada anaknya yang kedua diberinya nama Efraim, sebab katanya: "Allah membuat aku mendapat anak dalam negeri kesengsaraanku."

Jadi Yusuf menamai anaknya Efraim sebagai ungkapan syukurnya karena dikarunia anak di Mesir, tempat ia dibuang oleh saudara-saudaranya. Efraim dan Manasye lahir di Mesir sebelum anak-anak Yakub datang untuk membeli gandum.

Diadopsi oleh Yakub dan mendapatkan berkat anak sulung

Fakta yang menarik dari Efraim adalah dia dan kakaknya diangkat sebagai anak oleh Yakub, kakek mereka. Yakub saat itu sakit, dan Yusuf mengunjunginya bersama kedua anaknya, Efraim dan Manasye. Yakub kemudian berkata tentang kedua cucunya itu:

“Maka sekarang kedua anakmu yang lahir bagimu di tanah Mesir, sebelum aku datang kepadamu ke Mesir, akulah yang empunya mereka; akulah yang akan empunya Efraim dan Manasye sama seperti Ruben dan Simeon.” (Kejadian 48:5).

Yakub kemudian memberkati kedua anak Yusuf itu, namun Yakub menaruh tangan kanannya pada Efraim dan tangan kirinya pada Manasye, sehingga ia menyilangkan tangannya. Walau Yusuf protes, namun Yakub tetap memberkati Efraim dengan berkat kesulungan seakan dia sudah melihat jauh ke depan bahwa keturunan anak ini akan menjadi pemimpin bagi suku-suku Israel lainnya (Kejadian 48:12-20).

Fakta lainnya dari kisah Yakub memberkati kedua anak Yusuf ini adalah mereka diberkati sebelum kesebelas paman mereka, sebab baru di Kejadian 49 dituliskan bahwa  anak-anak Yakub mendapatkan berkat darinya.

Rumah Yusuf

Banyak ahli menyebut tiga suku keturunan Yusuf yaitu Suku Efraim, bersama dengan saudaranya Suku Manasye ditambah dengan Suku Benyamin yang merupakan saudara satu ibu dengan Yusuf sebagai satu kesatuan, yaitu Rumah Yusuf atau Kemah Yusuf.

Hal ini mengacu kepada pembagian wilayah mereka, yang bertetangga dan berbatasan langsung. Selain itu juga berkaitan dengan berkat Yakub, dimana suku Efraim dan Manasye diberkati secara bersamaan.

Pemimpin Israel dari suku Efraim

Yosua, lahir dengan nama Hosea, namun oleh Musa ia diberi nama Yosua, atau dalam bahasa Ibrani Yehoshua, yang berarti Yahweh adalah pembebasan (Bilangan 13:16).

Nama Yosua muncul saat Musa memerintahkan setiap suku memilih satu orang untuk mewakili sukunya mengintai Tanah Perjanjian, dan Hosea bin Nun mewakili suku Efraim (Bilangan 13:1-15).

Setelah itu, Yosua menjadi orang yang dekat dengan Musa dan kemudian meneruskan kepemimpinannya dan membawa bangsa Israel memasuki Tanah Perjanjian. Yosua mati di usia 110 tahun dan dikuburkan di Timnath Serah sebuah perbukitan milik orang Efraim.

Pada 930 SM suku Efraim memimpin 10 suku utara dalam pemberontakan yang berhasil melepaskan diri dari Israel selatan (Yehuda) dan mendirikan Kerajaan Israel, dengan Yerobeam I, seorang Efraim, sebagai raja.

Raja Israel ketujuh, Ahab yang memerintah sekitar 874 – ± 853 SM, juga seorang Efraim. Ahab dikenal sebagai raja yang jatuh dalam penyembahan berhala karena pengaruh istrinya, Izebel.

Wilayah Efraim

Wilayah Efraim bertetangga dengan saudaranya Suku Manasye, Suku Benyamin serta Suku Dan. Beberapa wilayah yang akrab telinga kita meliputi Yeriko, sungai Yordan, dan Sungai Kana (Yosua 16:5-8).

Akhir suku Efraim

Sebagai bagian dari Kerajaan Israel Utara yang ditaklukan oleh Bangsa Asyur, Efraim ditundukkan dan dibawa ke pembuangan. Setelah masa pembuangan itu tidak ada lagi catatan tentang mereka, sehingga mereka termasuk dalam 10 Suku Israel yang hilang.

Hingga saat ini, banyak suku bangsa yang mengklaim sebagai keturunan suku Efraim. Orang Samaria adalah salah satu yang mengaku sebagai keturunan suku Efraim, Manasye, dan Lewi, bahkan mereka juga memiliki komunitas Yahudi Samaria.

Ada juga kelompok Yahudi Persia, atau Yahudi Iran yang mengaku sebagai keturunan Efraim, mereka bermukim di Israel dan juga di Amerika. Bahkan di India ada komunitas Yahudi Telugu yang menyebut diri mereka Bene Efraim, mengikuti apa yang dilakukan oleh suku Mizo yang diakui oleh Israel sebagai keturunan suku Manasye.

Itulah fakta Alkitab tentang perjalanan bangsa Israel, Suku Efraim, satu dari dua belas suku Israel.

Fakta Alkitab lainnya dan video inspiratif lainnya bisa kamu temukan langsung di YouTube Jawaban. KLIK DI SINI.

Apakah JCers merasa termotivasi dengan Fakta Alkitab mengenai Efraim? Yuk jadi bagian dari kami untuk memberitakan Injil kepada dengan bergabung bersama kami sebagi mitra CBN! Caranya, klik DI SINI!

Mau nonton video lengkap tentang Manasye? Klik DI SINI.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami