Bukan Harta, Inilah Warisan Kekal Bagi Anak Cucumu

Bukan Harta, Inilah Warisan Kekal Bagi Anak Cucumu

Lori Official Writer
      1535

Mazmur 128: 4-6

Sesungguhnya demikianlah akan diberkati orang laki-laki yang takut akan TUHAN. Kiranya TUHAN memberkati engkau dari Sion, supaya engkau melihat kebahagiaan Yerusalem seumur hidupmu, dan melihat anak-anak dari anak-anakmu! Damai sejahtera atas Israel!

 

 

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 28; Matius 28; Keluaran 5-6

Mazmur 127 dan 128 adalah mazmur pujian yang sangat cocok untuk keluarga. Dua perikop ini berisi tentang gambaran masa depan yang jauh, menggambarkan potret keluarga yang sehat dan dewasa. 

Seperti petani membayangkan hasil panennya sembari menabur benih, Salomo membantu kita membayangkan hasil pekerjaan tangan kita di kemudian hari.

Mari melihat perjalanannya. Mulai dari saat anak-anak dilatih, dibesarkan dan dilepaskan untuk keluar dari rumah. Pemazmur menggambarkan suatu kondisi yang menyenangkan, yang meliputi 3 bayangan ini:

Pertama, mengalami kesenangan pribadi (Mazmur 128: 4). Di ayat ini, pemazmur berkata ‘sesungguhnya demikianlah’ kebahagiaan muncul. Untuk apa? Atas semua kerja keras dan latihan yang ditanamkan oleh orangtua secara konsisten kepada anak-anaknya, Tuhan memberikan imbalannya. Percayalah, bahwa jika kamu memutuskan untuk menjadikan Kristus sebagai pusat dari keluargamu dan memakai firman-Nya sebagai otoritas dalam membesarkan anak-anakmu, kamu sudah melakukan pekerjaan dengan baik!

Walaupun tindakanmu bisa menimbulkan banyak cemoohan, kritikan, kesalahpahaman dari tetanggamu. Selama kamu terus berlutut dan membaca firman secara teratur dan mempertahankan standar, kasih, kelemahlembutan dan konsistens, Tuhan berjanji akan memperhitungkan semua hal yang kamu lewati. Dan Dia akan membawamu kepada kebahagiaan pribadi. 

Kalau kamu melepaskan tanggung jawabmu sebagai orangtua, kamu bisa mendapatkan konsekuensi yang mengerikan dan sangat serius.

Kedua, menerima berkat Kekal (Mazmur 128: 5). Bahkan Sion akan diberkati! Yerusalem akan berkelimpahan dan kuat! Intinya adalah keturunanmu akan dipakai untuk membuat perubahan di tengah masyarakat, untuk selamanya! Di kemudian hari kamu akan menikmati berkat dari hasil pekerjaan dan kontribusimu bagi kehidupan anak-anakmu.

Ketiga, memperoleh damai sejahtera (Mazmur 128: 6). Di ayat terakhir ini, disampaikan bahwa pada akhirnya kamu akan melihat anak cucumu menikmati kebahagiaan dan damai sejahtera. Bahkan anak-anakmu turut meneruskan warisan iman yang sudah kamu mulai sebelumnya. Sehingga lambat laun satu bangsa dibangun dengan nilai yang sama. Sehingga Tuhan akan terus mencurahkan berkat-Nya bagi generasi berikutnya setelah kamu.

Bagi kamu para orangtua, termasuk kamu yang belum atau akan menjadi orangtua, ingatlah bahwa pekerjaanmu adalah menabur benih pekerjaan yang baik atas kehidupan anak-anakmu. Jangan biarkan berkat dari Tuhan hilang atas hidupmu dan juga keturunanmu karena kamu mengabaikan kebenaran yang seharusnya diwariskan kepada anak-anakmu sejak saat ini.

 

Hak cipta Charles R. Swindoll, disadur dari Crosswalk.com

Ikuti Kami