Jelang Pelantikan Biden-Harris Kenang Korban Covid-19, Lagu Amazing Grace Berkumandang

Jelang Pelantikan Biden-Harris Kenang Korban Covid-19, Lagu Amazing Grace Berkumandang

Puji Astuti Official Writer
493

Selasa pagi waktu Washington DC, presiden Amerika terpilih Joe Biden dan wakilnya Kamala Harris memberikan penghormatan bagi para korban Covid-19  di depan Kolam Refleksi  Lincoln Memorial, sebelum pelantikan dilakukan esok hari Rabu (21/1/2021). 

Sebanyak 400 lampu dinyalakan menghiasi Kolam Refleksi Lincoln Memorial mewakili lebih dari 400 ribu korban meninggal akibat covid-19. 

Acara ini dibuka dengan doa oleh Kardinal Gereja Katolik Washington DC, Wilton Daniel Gregory. 

"Marilah kita dengan satu hati menyerahkan mereka yang telah meninggal karena virus ini dan semua orang yang mereka cintai kepada pemeliharaan Tuhan yang merupakan sumber utama kedamaian, persatuan, dan kerukunan. Amin," demikian Kardinal Gregory menutup doanya. 

Sebelum Biden bicara,seorang perawat perempuan menyanyikan lagu "Amazing Grace." Biden pun memuji para perawat yang telah memberikan diri mereka untuk merawat para pasien Covid-19. 

"Jika ada malaikat di sorga, mereka semua adalah para perawat. Kami tahu dari pengalaman keluarga kami apa yang kalian lakukan. Keberanian. Rasa sakit yang Anda alami untuk orang lain. Jadi terima kasih. Terima kasih," demikian ungkap Biden. 

Dalam kesempatan itu, Joe Biden juga mengingatkan bahwa untuk mengalami pemulihan, mereka harus berani untuk mengenang apa yang telah terjadi. 

"Untuk sembuh, kita harus mengenang. Kadang berat untuk mengingatnya, tetapi itulah caranya agar kita sembuh. Ini penting untuk dilakukan sebagai sebuah bangsa,"demikian ungkap Biden. 

Sebelumnya, Wakil Presiden terpilih AS Kamala Harris mengajak seluruh masyarakat Amerika untuk bersatu dalam masa sulit ini. 

"Meskipun kita mungkin terpisah secara fisik, kita orang Amerika bersatu dalam roh. Dan harapan teguh saya, doa saya yang teguh, adalah agar kita keluar dari cobaan berat ini dengan kebijaksanaan baru: untuk menghargai momen-momen sederhana. Membayangkan kemungkinan-kemungkinan baru. Dan untuk buka hati kita sedikit lagi untuk satu sama lain."

Dalam acara mengenang korban pandemi ini, Joe Biden didampingi istrinya Jill Biden dan Kamala Harris didampingi oleh suaminya Doug Emhoff. Kebijakan Biden-Harris terkait pandemi ini adalah dalam 100 hari pertama pemerintahan mereka akan dilakukan imunisasi terhadap 100 juta orang Amerika. Selain itu juga ada bantuan untuk stimulus ekonomi bagi mereka yang mengalami kesulitan karena terdampak pandemi ini. 

Proses pelantikan Biden-Harris sendiri akan dilakukan dengan cara lebih sederhana dan terbatas, dengan wilayah Washington DC dalam kondisi keamanan ketat dimana tentara berjaga-jaga di berbagai sudut kota. Hal ini dilakukan setelah terjadinya kerusuhan di Gedung Capitol saat pengesahan hasil pemilihan suara. 


Baca juga: 

Jadi Presiden Terpilih, Ini Pekerjaan Pertama yang Akan Dibenahi Joe Biden

Syarat dan Cara Mengecek Penerimaan Vaksin Covid-19

Nambah lagi! Dua Tenaga kesehatan Tumbang, Ini Respon Bupati Bogor 


 

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami