Tahun Baru Rumah Tangga Baru, 5 Tips Survive Lewati Drama di Tahun Pertama Menikah

Tahun Baru Rumah Tangga Baru, 5 Tips Survive Lewati Drama di Tahun Pertama Menikah

Lori Official Writer
625

Akhir tahun 2020 adalah momen dimana sebagian besar orang memutuskan untuk mengakhiri masa lajang. Yang artinya, memasuki tahun ini para pasangan yang baru menikah akan memulai bahtera rumah tangganya.

Banyak yang bilang, tahun pertama pernikahan sangat menentukan kebahagiaan pernikahan di tahun-tahun berikutnya. Karena di tahun pertama ini, kedua pasangan belajar untuk menyesuaikan diri hidup sebagai pasangan. Karena itulah di awal-awal pernikahan, wajar jika keduanya masih terjebak dengan kebiasaan lama ketika masih belum menikah.

Jangan heran jika di awal-awal pernikahan, pasangan baru akan berhadapan dengan berbagai drama emosional. Dan untuk meminimalisir konflik yang terjadi, ada baiknya mengetahui 5 tips survive di tahun pertama pernikahan ini:

Tips 1: Sadari Bahwa Kalian Tinggal Dalam Satu Atap

Punya rumah baru dan orang yang selalu ada menunggumu pulang setiap hari adalah alasan pengantin baru betah tinggal di rumah.

Cinta yang masih membara membuat keduanya ingin selalu bertemu. Supaya perasaan ini tidak berubah, penting bagi kedua pasangan untuk selalu menciptakan momen romantis saat berada di rumah. 

Jadi buatkah rumah senyaman mungkin supaya pasangan betah berlama-lama dan menghabiskan waktu sepanjang hari bersama. 

 

Baca Juga: 10 Kebiasaan yang Harus Dilakukan Suami-Istri di Tahun Pertama Pernikahan

 

Tips 2: Jaga Kehidupan Romansa

Hubungan suami istri akan tetap awet ketika keduanya sama-sama menjaga kehidupan romansa. 

Sebagai pasangan baru, mulailah menjadikan pasanganmu sebagai fokus utama. Jauhkan kesibukan dari pekerjaan atau bahkan ponsel dan sosial media. Jadikan meja makan sebagai tempat romantis untuk saling memuji, bercerita banyak hal dan saling menggoda. 

Tips 3: Sebelum Punya Anak, Peliharalah Hewan Kesukaan Kalian

Sebelum punya anak, ajaklah pasangan untuk memelihara hewan kesukaan. Entah itu anjing atau kucing. 

Dengan memiliki hewan piaraan di rumah, kalian bisa belajar tentang pola pengasuhan. Anggap saja kalian punya anggota baru dan bagaimana cara kalian memberikan perhatian kepada hewan peliharaan bisa menentukan seberapa siap sih kalian punya anak.

Selain itu, percaya gak percaya hewan piaraan rupanya juga bisa meningkatkan hubungan loh. Kalian bisa lebih rajin jalan bareng di luar sembari membawa hewan piaraan kalian jalan. Atau setidaknya kalian bisa bermain-main bersama dengan dia di rumah.

 

Baca Juga: Buat yang Baru Nikah, Berikut 10 Kunci Pernikahan Bahagia Ala Alkitab

 

Tips 4: Selesaikan Masalah Sesegera Mungkin

Tentu saja akan ada rasa enggan ketika mendapati pasangan melakukan tindakan yang kurang menyenangkan. Tapi ini bukanlah cara yang tepat untuk menjadikan pernikahanmu akan lebih baik.

Sekecil apapun masalah yang muncul, segera terus terang kepada pasangan. Biarkan dia tahu perasaanmu dan menyadari kesalahannya. Menyepakati keterubukaan dengan pasangan adalah solusi terbaik untuk menyelamatkan pernikahan dari konflik yang lebih besar.

Tips 5: Teruslah Berpetualang

Berakhirnya pesta yang meriah adalah awal dari petualangan pasagan menikah. 

Setelah tinggal bersama di satu atap, ada banyak hal menakjubkan yang bisa kalian lakukan bersama. Dan teruslah berpetualang bersama pasanganmu. Misalnya, mencoba hal-hal baru bersama, melakukan hobi bersama, jalan-jalan lebih sering, menikmati hiburan, belajar bersama dan sebagainya.

Yang tak kalah penting dari semuanya adalah tetaplah saling mendukung dan bertumbuh dalam iman. Jika pasanganmu adalah sosok yang menomorsatukan Tuhan dalam hidupnya, bersyukurlah, karena kalian bisa saling mendukung. Tapi jika pasanganmu adalah pribadi yang sekedarnya saja percaya, doronglah dia untuk mengenal Tuhan lebih lagi. 

Kalian bisa mulai melakukan kebiasaan doa bersama secara teratur. Doakan dia ketika hendak berangkat maupun ketika sedang tidur dan tunjukkan teladanmu dalam kehidupan kalian. Karena gak ada yang lebih menyentuh hati pasangan daripada memberikannya perhatian yang didasarkan oleh kasih.

Nah, buat kalian pasangan baru semoga berhasil melewati masa-masa penyesuaian dengan baik ya. Jangan lupa tetap andalkan Tuhan!

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami