Ayo Nyalakan Terangmu, Seseorang Sedang Dalam Kegelapan Sekarang!
Kalangan Sendiri

Ayo Nyalakan Terangmu, Seseorang Sedang Dalam Kegelapan Sekarang!

Lori Official Writer
      2551

Matius 5: 14-15

Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu.


Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 111; Lukas 23; Hakim-Hakim 9-10

James Dobson bercerita tentang seorang teman yang menerbangkan pesawat bermesin tunggal menuju bandara kecil di sebuah pedesaan. Waktu dia tiba di penghujung hari, matahari sudah turun di bali gunung. Saat itu dia bermanuver ke posisi mendarat, dia tidak bisa melihat medan geap di bawahnya. Tak ada siapa-siapa yang bertugas di bandara dan tidak ada lampu di pesawat.

Pilot mengitari landasan untuk percobaan pendaratan lain. Tapi kegelapan membuatnya sulit untuk mendaratkan pesawat. Selama dua jam, dia hanya bisa berputar-putar di atas kegelapan. Dia menyadari betul kalau tangki bahan bakarnya kosong, maka dia akan menghadapi kematian.

Kepanikan pun mulai menghantuinya. Tapi justru saat itulah sesuatu yang luar biasa terjadi. Seseorang, yang tinggal di dekat bandara mendengar denguran pesawat yang terus menerus dan dia merasa pasti sedang ada masalah. Pria baik hati itupun berlari ke bandara dengan mengendarai mobilnya bolak balik untuk menunjukkan arah ke landasan pacu. Dia kemudian melaju ke ujung landasan, memosisikan lampu-lampunya dan menyalakannya di balok tinggi untuk memberi pencahayaan ke bagian landasan.

Sang pilot pun berhasil mendaratkan pesawat dengan selamat.

Kita semua tahu potensi bencana bisa muncul saat kita tidak diperlengkapi dengan cahaya yaitu terang.

Mungkin kamu mengendarai mobil ke restoran, walaupun putrimu mengingatkan bahwa kamu tidak cukup baik menyetir di malam hari. Mungkin kamu mencoba membuat bagian dek perahumu ternoda di malam hari dan menemukan goresan itu keesokan harinya. Mungkin kamu menginjak satu-satunya lego yang tertinggal di lantai saat kamu mulai menyusuri lorong untuk minum di tengah malam.

Kegelapan bisa menakutkan. Kegelapan bisa berbahaya dan juga bisa mematikan.

Tapi firman Tuhan berkata, "Terang akan bersinar dari kegelapan. “Dari dalam gelap akan terbit terang!", Ia juga yang membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita, supaya kita beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang nampak pada wajah Kristus." (2 Korintus 4: 6)

Terang yang Dia berikan kepada kita adalah Dirinya sendiri. Di kitab Yohanes, Yesus memberi tahu para murid-Nya bahwa Dia adalah terang dunia (Yohanes 8: 12). Di Matius 5 tentang Khotbah di Bukit, Yesus memberi tahu para murid-Nya bahwa mereka juga adalah terang dunia. Dia menyampaikan hal itu untuk menegaskan bahwa Kristus meletakkan terang-Nya di dalam kita. Dialah yang memberi terang itu sendiri kepada kita.

Karena Allah telah memberikan diri-Nya kepada kita, kita pada gilirannya memberikan kesaksian tentang Allah kepada orang lain. Bagaimana jika orang yang menyalakan landasan pacu tersebut memutuskan untuk tinggal di rumah?

Banyak jiwa di dunia tergantung dalam keseimbangan dan tanpa Yesus Kristus, Terang Dunia, mereka ditakdirkan untuk tetap berada di kegelapan, tanpa Tuhan..tanpa harapan.

Jadi, ambil kuncimu, nyalakan lampu depan, karena seseorang sedang dalam kesulitan. Jangan membuatnya melingkari bidang lagi! Nyalakan lampu di landasannya dan bantu dia mendarat dengan selamat.



Hak cipta Stephen Davey, disadur dari Crosswalk.com

Ikuti Kami